HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi15 Manfaat Melimpah Makan Ikan Salmon, Enak dan Sehat!
Diet dan Nutrisi

15 Manfaat Melimpah Makan Ikan Salmon, Enak dan Sehat!

Aprinda, 24 Agu 2023

Ditinjau Oleh dr.Devia Irine Putri

Icon ShareBagikan
Icon Like

Berbagai manfaat ikan salmon, tak cuma enak, ikan salmon mengandung banyak gizi yang menyehatkan tubuh. Simak apa saja manfaatnya di sini!

15 Manfaat Melimpah Makan Ikan Salmon, Enak dan Sehat!

Saat ini beraneka ragam hidangan di Indonesia menyajikan salmon sebagai menu utamanya. Ikan yang biasa disajikan dalam sushi ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat kesehatan.

Selain rasanya yang enak, serbaguna, dan mudah didapatkan, ikan populer ini sarat akan nutrisi dan dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit. Berikut adalah manfaat ikan salmon untuk kesehatan:

1. Kaya Nutrisi

Mengonsumsi ikan salmon dapat membantu kamu mencukupi berbagai asupan nutrisi. Sebanyak 100 gram ikan salmon mengandung zat gizi berikut ini:

  • Protein: 19,8 gram
  • Kalsium: 12 mg
  • Zat besi: 0,8 mg
  • Magnesium: 29 mg
  • Fosfor: 200 mg
  • Kalium: 490 mg
  • Natrium: 44 mg
  • Zink: 6,4 mg
  • Tembaga: 0,25 mg
  • Mangan: 0,016 mg
  • Selenium: 36,5 mg
  • Vitamin A: 40 IU
  • Vitamin B1: 0,026 mg
  • Vitamin B2: 0,38
  • Vitamin B3: 7,86 mg
  • Vitamin B5: 1,66 mg
  • Vitamin B6: 0,818 mg

Artikel Lainnya: 14 Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan, Tak Hanya Lezat!

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Kandungannya pada ikan salmon inilah manfaat ikan salmon dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

Omega-3 bersama dengan vitamin A, dan selenium dapat mencegah kerusakan sistem saraf, bekerja sebagai antidepresan, dan menenangkan otak. Konsumsi salmon pada anak-anak dapat mencegah ADHD.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsitonin menjadi salah satu kandungan ikan salmon. Fungsinya, yaitu membantu meningkatkan densitas dan kekuatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis dan penyakit sendi seperti osteoartritis.

Selain kalsitonin, kesehatan tulang kamu juga akan terjaga karena salmon mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. Selain tulang, kandungan fosfor dan kalsium juga menjaga kesehatan gigi.

4. Mengendalikan Tekanan Darah

Kandungan kalium pada ikan salmon sangatlah tinggi. Jika kamu mengonsumsi ikan salmon dan makanan kaya kalium lainnya, ini bisa memberikan manfaat pada tekanan darah.

Kalium bertugas menjaga kadar natrium di dalam tubuh agar tetap seimbang. Pasalnya, natrium yang berlebihan dapat menaikkan tekanan darah.

Dari proses ini dapat disimpulkan bahwa adanya kalium bisa menjaga tekanan darah tetap stabil. Manfaatnya ini membuat salmon jadi salah satu ikan pilihan untuk pengidap hipertensi.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tidak hanya memberi manfaat baik pada otak, asam lemak omega 3 pada ikan salmon juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat bdalam tubuh.

Asam lemak ini diketahui bisa meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol jahat yang dikenal dengan LDL.

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi bila berlebihan bisa menyebabkan kadar kolesterol tinggi dan berisiko menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Dengan mengonsumsi ikan ini secara rutin, membantu mengontrol kadar kolesterolmu tetap stabil.

Artikel Lainny: Tuna dan Salmon, Mana yang Lebih Sehat?

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Omega-3 yang terkandung dalam salmon membantu mengurangi kadar kolesterol darah, menjaga fleksibilitas pembuluh darah, dan menguatkan otot jantung serta memperbaiki kerusakan jaringan jantung dan pembuluh darah.

Salmon juga membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kekakuan dan penyumbatan dinding arteri sehingga dapat mencegah serangan jantung.

Oleh karena itu, manfaat konsumsi ikan salmon dapat mencegah tekanan darah tinggi, serangan jantung, aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah arteri), dan lain sebagainya.

7. Mengontrol Berat Badan

menurunkan berat badan

Salah satu manfaat ikan salmon dapat dirasakan kamu yang sedang mencoba diet. Ini karena ikan salmon kaya protein dan rendah kalori jika diolah dengan cara benar.

Protein mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan dan membuat kamu merasa kenyang. Selain itu, tingkat metabolisme kamu meningkat lebih banyak setelah makan makanan kaya protein seperti salmon, dibandingkan dengan makanan lainnya.

Asam lemak omega 3 juga dapat membantu proses penurunan berat badan dan mengurangi lemak di perut pada individu yang kelebihan berat badan. Apalagi kandungan kalori ikan salmon hanya 142 kkal per 100 gram.

Nah, kamu bisa coba buat resep kreasi ikan salmon untuk menu diet defisit kalori kamu, tentu sehat dan enak!

8. Melawan Proses Peradangan

Melawan peradangan adalah salah satu manfaat ikan salmon. Banyak ahli percaya bahwa peradangan adalah akar penyebab sebagian besar penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Beberapa penelitian menemukan bahwa makan lebih banyak salmon membantu mengurangi penanda peradangan pada orang yang berisiko terkena penyakit yang dipicu akibat proses peradangan.

Salmon dan ikan berlemak lainnya dapat membantu menurunkan peradangan, yang dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit kronis dan memperbaiki gejala pada orang dengan kondisi tersebut.

Artikel Lainnya: Tak Cuma Nikmat, Ini 10 Manfaat Sushi untuk Kesehatan

9. Membantu Mengatasi Susah Tidur

Kualitas tidur yang buruk di malam hari tentu dapat menghambat aktivitas harianmu. Hal ini perlu diatasi, salah satunya dengan penerapan pola hidup sehat. Selain itu, kamu pun bisa memperoleh manfaat ikan salmon untuk mengatasi insomnia.

Kandungan ikan salmon, yaitu triptofan, merupakan sedatif alami sehingga baik untuk dikonsumsi orang yang memiliki insomnia.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Selain untuk kesehatan otak dan jantung, asam lemak omega 3 yang terdapat di dalam salmon juga baik untuk kesehatan mata. Manfaat ikan salmon, yakni mencegah mata lelah, mata kering, dan degenerasi makula terkait mata.

Degenerasi makula terkait mata adalah suatu kondisi yang terjadi pada individu yang lebih tua. Keluhan yang menimpa, seperti hilangnya penglihatan di bagian tengah mata akibat kerusakan saraf mata.

Artikel Lainnya: Manfaat Ikan Salmon untuk Meredakan Nyeri Sendi

11. Meningkatkan Imun Tubuh

Protein tidak hanya menyediakan energi bagi tubuh. Akan tetapi, juga mendukung sistem kekebalan.

Fungsinya jadi semakin optimal dengan adanya selenium. Kedua zat gizi yang memberikan manfaat ini ada pada ikan salmon.

Sistem imun yang kuat tidak hanya mencegah kamu dari sakit, tapi juga mempercepat kamu pulih dari suatu penyakit, terutama infeksi.

12. Meremajakan Kulit

manfaat dan fungsi panthenol untuk kulit

Menunda penuaan tidak cuma dilakukan dengan rutin membersihkan kulit dan menggunakan produk perawatan kulit. Kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang menutrisi kulitmu

Salah satu asam lemak omega 3 yang disebut eicosapentaenoic acid (EPA). Kandungan ini ternyata bertugas memblokir sinar UV yang jadi penyebab penuaan dini.

13. Mempercepat Proses Pemulihan Pascaolahraga

Jika kamu sedang menjalani program untuk meningkatkan massa otot, ikan salmon bisa jadi pilihan makanan yang tepat.

Kamu bisa mendapatkan energi yang stabil dari protein. Di samping itu, protein juga mempercepat proses pemulihan otot-otot tubuh yang rusak setelah olahraga.

Itu artinya, jika salmon dikonsumsi setelah olahraga bisa mengembalikan kebugaran tubuh.

14. Mendukung Kehamilan yang Sehat

Selama masa kehamilan, calon ibu harus mencukupi kebutuhan gizinya. Selain untuk tubuhnya sendiri, berbagai nutrisi juga diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang janin.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah asam folat. Nah, ikan salmon bisa menjadi sumber makanan kaya asam folat yang memberi manfaat pada ibu hamil dan janin.

15. Mencegah Anemia

Anemia terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Orang yang terkena penyakit ini, biasanya mudah lelah, memar, memiliki kulit yang pucat, dan gejala lain yang mengkhawatirkan.

Untungnya, anemia bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi. Nutrisi ini bisa kamu dapatkan dari daging merah, kacang-kacangan, dan beragam jenis ikan, termasuk ikan salmon.

Artikel Lainnya: 15 Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan yang Sayang Jika Dilewatkan

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan sangat mengesankan. Jadi, jangan sampai melewatkan ikan ini pada menu makan siangmu!

Ingin mendapatkan lebih banyak artikel seperti ini untuk bantu #JagaSehatmu? Download aplikasi KlikDokter sekarang dan manfaatkan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi lebih cepat dan mudah!

(NM)

Salmon

Konsultasi Dokter Terkait