Sukses

Inilah Manfaat Makan Ikan Salmon

Salmon yang kerap disajikan dalam menu sushi ternyata memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Simak ulasannya secara lengkap di sini.

Saat ini beraneka ragam hidangan di Indonesia menyajikan salmon sebagai menu utamanya. Ikan yang biasa disajikan dalam sushi ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat kesehatan.

Selain rasanya yang enak, serbaguna, dan mudah didapatkan, ikan populer ini sarat akan nutrisi dan dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit. Berikut adalah manfaat ikan salmon untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Ingat dan Fungsi Otak

Salmon memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Karena kandungannya inilah, manfaat ikan salmon dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

Omega-3 bersama dengan vitamin A, vitamin D, dan selenium dapat mencegah kerusakan sistem saraf, bekerja sebagai antidepresan, dan menenangkan otak. Konsumsi salmon pada anak-anak dapat mencegah ADHD.

1 dari 5 halaman

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsitonin menjadi salah satu kandungan ikan salmon. Fungsinya, yaitu membantu meningkatkan densitas dan kekuatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis dan penyakit sendi seperti osteoartritis.

Selain kalsitonin, kesehatan tulang Anda juga akan terjaga karena salmon mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang.

Artikel Lainnya: Makanan untuk Menjaga Tulang Kuat

3. Mencegah Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Omega-3 yang terkandung dalam salmon membantu mengurangi kadar kolesterol darah, menjaga fleksibilitas pembuluh darah, dan menguatkan otot jantung serta memperbaiki kerusakan jaringan jantung dan pembuluh darah.

Salmon juga membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kekakuan dan penyumbatan dinding arteri sehingga dapat mencegah serangan jantung.

Oleh karena itu, manfaat konsumsi ikan salmon dapat mencegah tekanan darah tinggi, serangan jantung, aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah arteri), dan lain sebagainya.

2 dari 5 halaman

4. Mengontrol Berat Badan

Salah satu manfaat ikan salmon dapat dirasakan Anda yang sedang mencoba diet. Ternyata, mengkonsumsi salmon secara teratur diklaim dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Seperti makanan berprotein tinggi lainnya, salmon membantu mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan dan membuat Anda merasa kenyang.

Selain itu, tingkat metabolisme Anda meningkat lebih banyak setelah makan makanan kaya protein seperti salmon, dibandingkan dengan makanan lainnya.

Artikel Lainnya: Makanan Kaya Vitamin B3 untuk Metabolisme Sehat

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan ikan salmon, yakni lemak omega-3, dapat membantu proses penurunan berat badan dan mengurangi lemak di perut pada individu yang kelebihan berat badan.

5. Melawan Proses Peradangan

Melawan peradangan adalah salah satu manfaat ikan salmon. Banyak ahli percaya bahwa peradangan adalah akar penyebab sebagian besar penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Beberapa penelitian menemukan bahwa makan lebih banyak salmon membantu mengurangi penanda peradangan pada orang yang berisiko terkena penyakit yang dipicu akibat proses peradangan.

Salmon dan ikan berlemak lainnya dapat membantu menurunkan peradangan, yang dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit kronis dan memperbaiki gejala pada orang dengan kondisi tersebut.

3 dari 5 halaman

6. Membantu Mengatasi Kesulitan Tidur

Kualitas tidur yang buruk di malam hari tentu dapat menghambat aktivitas harian Anda. Hal ini perlu diatasi, salah satunya dengan penerapan pola hidup sehat. Selain itu, Anda pun bisa memperoleh manfaat ikan salmon untuk mengatasi insomnia.

Kandungan ikan salmon, yaitu triptofan, merupakan sedatif alami sehingga baik untuk dikonsumsi individu yang memiliki insomnia.

Artikel Lainnya: Ikan Kembung, Sumber Omega-3 yang Tak Kalah dari Salmon

7. Menjaga Kesehatan Mata

Selain untuk kesehatan otak dan jantung, omega-3 yang terdapat di dalam salmon juga baik untuk kesehatan mata. Manfaat ikan salmon, yakni mencegah mata lelah, mata kering, dan degenerasi makula terkait mata.

Degenerasi makula terkait mata adalah suatu kondisi yang terjadi pada individu yang lebih tua. Keluhan yang menimpa, seperti hilangnya penglihatan di bagian tengah mata akibat kerusakan saraf mata.

4 dari 5 halaman

8. Sumber Vitamin B yang Baik

Vitamin B adalah salah satu kandungan ikan salmon yang terlibat dalam beberapa proses penting di dalam tubuh Anda, termasuk:

  • Mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi.
  • Membuat dan memperbaiki struktur DNA.
  • Mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung.
  • Menjaga kesehatan otak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa semua vitamin B dapat bekerja sama untuk menjaga fungsi optimal otak dan sistem saraf Anda.

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan sangat mengesankan. Ikan ini dapat menjadi sumber energi sekaligus sumber nutrisi Anda. Mengonsumsi setidaknya dua porsi per minggu dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi dan mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.

Selain itu, salmon rasanya lezat, memuaskan, dan serbaguna. Memasukkan ikan berlemak ini sebagai bagian rutin dari asupan gizi Anda, sangat mungkin bisa meningkatkan kualitas hidup Anda dan keluarga di rumah. Semoga bermanfaat!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar