HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi Jangan Lewatkan 14 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh
Diet dan Nutrisi

Jangan Lewatkan 14 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

Aprinda, 16 Jul 2023

Ditinjau Oleh dr. Alvin Nursalim

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kamu pasti tidak asing jika oatmeal disebut makanan menyehatkan. Ini karena oatmeal memberi manfaat melimpah pada tubuh. Apa saja?

 Jangan Lewatkan 14 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

Apa itu oatmeal? Oatmeal adalah makanan yang diolah dari biji-bijian dan memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Sejarah oatmeal sudah tercatat cukup panjang, khususnya dari daratan Eropa.

Oatmeal mengandung natrium, serat, protein, zat besi, magnesium, zink, selenium, kalium, kalsium, dan vitamin B6. Kandungan nutrisi oatmeal ini berpotensi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut berbagai manfaat dan khasiat oatmeal untuk kesehatan tubuh kamu:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Oatmeal dapat menurunkan kolesterol dengan menurunkan absorpsi kolesterol jahat yang disebut LDL. Khasiat oatmeal ini berasal dari kandungan serat larut.

Menjaga kadar kolesterol tetap normal itu penting, lho! Pasalnya, kadar kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Kalium bertugas untuk menjaga keseimbangan kadar natrium dalam tubuh. Pasalnya, jika kadar natrium terlalu tinggi bisa menyebabkan naiknya tekanan darah.

Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa memicu hipertensi. Nah, oatmeal mengandung kalium. Itu artinya, konsumsi oatmeal secara rutin memberikan manfaat dalam menjaga tekanan darah tetap normal.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah masalah kesehatan yang menyerang jantung dan pembuluh darah yang berkaitan dengan jantung, seperti serangan jantung atau jantung koroner.

Sudah disinggung sebelumnya, jika konsumsi oatmeal dapat menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah tetap stabil. Efeknya ini bisa melindungi jantung dan pembuluh darahnya dari masalah.

4. Bantu Melancarkan Diet

Selama menjalani diet sehat, kamu perlu membatasi asupan kalori. Oleh karenanya, makanan tinggi kalori perlu dibatasi atau bahkan dihindari.

Sebagai gantinya, kamu perlu meningkatkan makanan kaya serat dan protein, seperti oatmeal untuk mendukung program dietmu.

Di samping itu, oatmeal juga rendah kalori. Berapa kalori oatmeal itu? Per 100 gram oatmeal juga mengandung rendah kalori, yakni 68 kkal.

Kandungan serat dalam oatmeal juga cukup tinggi dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya. Serat dan protein memberikan energi optimal dan membuat perutmu kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu tidak mudah lapar dan tidak ngemil makanan tidak sehat.

Jadi mulai sekarang kamu bisa membuat berbagai menu oatmeal untuk diet kamu!

5. Mencegah Obesitas

Obesitas atau penumpukan lemak di tubuh tidak hanya mengurangi citra tubuh saja, tapi juga bisa meningkatkan risiko penyakit kronis. Itulah sebabnya, obesitas perlu dicegah.

Konsumsi oatmeal punya manfaat dalam mencegah obesitas. Pasalnya, oatmeal lebih mengenyangkan, memberikan banyak energi, dan bernutrisi.


6. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Seperti tekanan darah, kadar gula darah dapat naik dan turun. Meski begitu, kenaikan atau penurunannya harus dalam batas normal. Jika tidak, bisa menyebabkan kondisi hiperglikemia atau hipoglikemia.

Untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, kamu bisa mengonsumsi oatmeal. Pasalnya, makanan ini mengandung serat larut dan beta glukan yang bisa mengontrol tekanan darah pada batas normal.

7. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Konsumsi oatmeal secara rutin memberikan manfaat berupa perlindungan tubuh terhadap penyakit diabetes tipe 2. Ini karena oatmeal bisa membantu mengendalikan berat badan dan mengontrol kadar gula darah.

Selain mencegah diabetes, makanan ini juga baik untuk diabetesi dalam mengelola gula darahnya. Karena itu, mulai sekarang kamu bisa coba menu oatmeal untuk sarapan, ya!

8. Mencegah Sembelit

Sembelit bisa kamu cegah dengan mengonsumsi makanan kaya serat, seperti oatmeal. Serat ini dapat menjaga tekstur feses lebih lunak sehingga feses lebih mudah dikeluarkan.

Namun, untuk mendapatkan manfaat oatmeal in kamu harus minum cukup air putih setiap harinya. Pasalnya, serat dan bekerja optimal jika kebutuhan cairan tubuh tercukupi.

9. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin B6 dapat dibutuhkan tubuh untuk mendukung sistem imun. Itu artinya, sistem imun kamu jadi lebih kuat.

Sistem imun sendiri bertugas untuk melindungi tubuh dari infeksi virus, bakteri, atau parasit. Dengan begitu, kamu jadi tidak mudah terserang sakit.

10. Mengoptimalkan Kinerja Saraf

Selain untuk sistem imun, vitamin B6 juga dibutuhkan sistem saraf agar bisa berfungsi optimal.

Fungsi sistem saraf adalah menerima, mengolah, dan menyampaikan rangsangan dari seluruh tubuh. Adanya sistem saraf, membantu kamu untuk memberikan respons terhadap sesuatu.

Artikel Lainnya: Manfaat Oatmeal untuk Mengatasi Masalah Kulit



11. Mendukung Kehamilan yang Sehat

Selama kehamilan, asupan nutrisi perlu tercukupi. Selain buah dan sayur, berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga bisa dipenuhi dengan makan oatmeal.

Konsumsi oatmeal untuk ibu hamil dapat membantu mencegah anemia dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat oatmeal ini berasal dari kandungan zat besi dan vitamin B6.

12. Meredakan Gejala Eksim

Selain dimakan, oatmeal juga sering digunakan sebagai obat luar. Pada pengidap eksim, oatmeal digunakan untuk berendam.

Tujuan perawatan ini adalah mengurangi gatal eksim yang mengganggu. Kamu hanya perlu mencampur air hangat di bak dengan beberapa sendok aotmeal, dan berendam setidaknya 5-10 menit.

13. Meredakan Jerawat di Wajah

Selain dalam bentuk makanan, oatmeal juga bisa kamu temukan pada kosmetik. Sekarang ini, populer digunakan bahan alami untuk masker wajah.

Penggunaan oatmeal ini bertujuan untuk meredakan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat. Namun perlu kamu ketahui bahwa manfaat oatmeal untuk kulit mungkin tidak dirasakan oleh semua orang.

Kamu bisa coba membuat dan menggunakan masker oatmeal untuk wajah dengan rutin supaya bisa membuktikan khasiatnya.

14. Meringankan Masalah Asam Lambung

Oatmeal dapat menyerap asam lambung, sehingga dapat mengurangi gejala penyakit gastroesophageal reflux (GERD), seperti mulas, heartburn, sendawa, atau perut kembung.

Manfaat oatmeal untuk pengidap asam lambung akan lebih optimal, jika kamu tambahkan pisang. Buah ini ramah untuk lambung dan bisa membuat oatmeal jadi lebih enak.

Artikel Lainnya: Alasan Mengapa Anda Perlu Makan Oatmeal Setiap Hari

Oatmeal dapat diolah dengan berbagai cara. Jika ingin mengolah oatmeal dengan sederhana, kamu dapat mencampurkan oatmeal dengan berbagai buah segar dan yogurt.

Oatmeal juga dapat dihidangkan dengan dicampur susu hangat dan diaduk sampai agak kental. Dengan begitu, oatmeal bisa kamu konsumsi secara rutin dan tentu memberikan manfaat untuk tubuh.

Ingin tahu lebih banyak informasi seperti ini untuk bantu #JagaSehatmu? Yuk, download aplikasi KlikDokter dan gunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi lebih cepat dan mudah!

(NM)

OatmealManfaat Oatmealkandungan oatmealmasker oatmeal

Konsultasi Dokter Terkait