Sukses

Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

Oatmeal adalah makanan yang diolah dari biji-bijian dan memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Banyak sekali manfaat kesehatan yang didapat dari oatmeal, diantaranya ada beberapa yang dipaparkan dr. Alvin Nursalim berikut ini.

Klikdokter.com - Beberapa dekade terakhir oatmeal semakin popular untuk dijadikan bagian asupan sehari-hari. Hal ini bukan tanpa alasan, selain rasanya yang enak,  oatmeal juga memiliki manfaat kesehatan yang sudah terbukti. Mari kita lihat apa saja manfaat kesehatan dari oatmeal.

Apa itu oatmeal?

Oatmeal adalah makanan yang diolah dari biji-bijian dan memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Sejarah oatmeal sudah tercatat cukup panjang, khususnya dari daratan Eropa.

Oatmeal tercatat berkembang di daerah Skotlandia, dimana tanaman ini cocok tumbuh di daerah tersebut. Berbagai jenis makanan turunan oatmeal juga ditemukan di daerah tersebut.

Apa saja manfaat oatmeal bagi kesehatan?

1 dari 2 halaman

Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan

Apa saja manfaat oatmeal bagi kesehatan?

·         Menurunkan kolesterol

Oatmeal dapat menurunkan kolesterol dengan menurunkan absorpsi kolesterol jahat atau kolesterol LDL. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan absorbsi kolesterol ini.

·         Menurunkan risiko tekanan darah tinggi

Konsumsi oatmeal secara teratur juga dapat mengurangi risiko seorang terkena tekanan darah tinggi. Penurunan kejadian tekanan darah tinggi dan kolesterol tentu akan berakibat pada penurunan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

·         Mencegah obesitas

Oatmeal mengandung serat dan membuat Anda kenyang lebih lama. Rasa kenyang akan mengurangi keinginan Anda untuk mengemil makanan tinggi gula yang dapat menyebabkan obesitas. Makanan ini juga baik bagi Anda yang sedang dalam program diet.

Bagaimana  pengolahan oatmeal?

Oatmeal dapat diolah dengan berbagai cara. Jika Anda hanya ingin mengolah oatmeal dengan sederhana, Anda dapat mencampurkan oatmeal dengan berbagai buah segar dan yogurt. Bahkan oatmeal juga dapat dihidangkan dengan dicampur susu hangat dan diaduk sampai agak kental. Mau sehat tapi makan enak? Sepertinya Anda dapat mencoba pilihan hidangan satu ini.

    0 Komentar

    Belum ada komentar