Sukses

6 Makanan Wajib Dihindari Ketika Hendak Tidur

Tahukah Anda, ada sedikitnya 6 makanan yang sangat disarankan untuk dihindari dikonsumsi sebelum tidur demi kelangsungan kualitas tidur Anda? Jika Anda belum tahu, disini ada dr. Dewi Ema Anindia yang menjelaskan.

Klikdokter.com – Jika Anda hendak mendapatkan tidur dan istirahat yang berkualitas, ada baiknya Anda harus menghindari beberapa makanan berikut ini. Pasalnya, jika Anda tetap mengkonsumsi keenam makanan ini, maka dikhawatirkan Anda justru membuat tubuh menjadi terancam penyakit dan bahkan bisa fatal akibatnya.

Karena sulit dipungkiri, status kesehatan tubuh tidak dapat dilepaskan dari apa yang kita makan dan minum. Sekalipun ketika Anda hendak tidur, apa yang Anda makan dan minum sebelumnya dapat menentukan status kualitas tidur dan bahkan kondisi tubuh di kemudian waktu.

Apa sajakah makanan yang dimaksud? Berikut pemaparannya:

1 dari 8 halaman

1. Hindari Kafein 6 Jam Sebelum Tidur

Mengkonsumsi kopi sebelum tidur yang memiliki efek stimulasi tubuh. Sehingga berakibat dapat menganggu kualitas tidur Anda.

Adalah salah anggapan jika Anda memilih minum kopi untuk menghilangkan rasa lelah di sore atau mendekati malam hari setelah bekerja seharian. Kenyataannya justru terbalik. Kopi yang Anda minum akan meninggalkan reaksi kafein di dalam tubuh untuk dapat lebih terjaga hingga larut malam.

Tak pelak lagi, alhasil adalah kita justru hanya mendapatkan rasa lelah lebih buruk dari sebelumnya.  

Berapakah toleransi batas aman kafein bagi tubuh?

Mengkonsumsi kafein sebanyak 200-300 mg/hari atau setara dengan 2-4 gelas kopi/hari, merupakan batas aman yang dapat ditoleransi oleh orang dewasa yang sehat secara fisik.

2 dari 8 halaman

2. Hindari Makanan Pedas Sebelum Tidur

makan sambal, sambelMakanan pedas tidak dapat membantu Anda tidur, justru mengkonsumsi makanan pedas dapat memproduksi asam lambung yang menyebabkan kembung dan nyeri ulu hati.

Dalam beberapa kasus, makanan pedas memang dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah dan diyakini dapat memunculkan sensasi bugar karena sensasi pedas yang dihasilkan berdampak pada peningkatan ritme napas. Namun demikiannya, Anda tidak ingin sensasi segar bugar sebelum tidur, bukan?

Belum lagi bagi perut yang sensitif, dimana sensasi pedas dapat bereaksi dapat menimbulkan diare.

3 dari 8 halaman

3. Hindarilah Es Krim Jika Menjelang Jam Tidur

es krim bahaya Es krim dianjurkan dihindari untuk dikonsumsi sebelum tidur karena dikhawatirkan menyisakan lemak tinggi yang akan sulit dibakar pada saat Anda tidur.

Selain itu, kandungan gula yang terdapat pada es krim juga dapat menyebabkan Anda sulit tidur, sehingga dari beberapa literatur meyakini hubungan konsumsi tinggi gula dapat menyebabkan mimpi karena tingginya aktivitas di otak ketika Anda tidur.

Jika mimpinya indah, akan menyenangkan bukan? Tapi bukankah Anda ingin tidur yang berkualitas tanpa ada gangguan risiko mimpi buruk yang dapat muncul?

4 dari 8 halaman

4. Jangan Makan Daging Merah Sebelum Anda Tidur

daging merahDaging merah dapat merupakan sumber protein dan besi yang baik. Namun ada baiknya hindari makanan jenis ini karena lemak sangat lama dicerna sehingga dapat bertahan dalam perut dalam waktu yang lama.

Jika Anda membiarkan hal ini terjadi, dikhawatirkan dapat memunculkan kanker usus dan gangguan pencernaan lainnya dalam jangka waktu yang lama. Fatal bukan?

Belum lagi kita bicara lemak yang terdapat di kandungan daging yang ada. Jika kebetulan Anda makan steak wagyu atau steak sirloin yang kaya akan lemak, terlebih lagi harus dihindari.

Tak pelak lagi, lemak yang berdiam lama di saluran pencernaan semalaman dikhawatirkan akan menimbulkan kesulitan pencernaan lemak yang ada.

5 dari 8 halaman

5. Jangan Minum Alkohol Sebelum Tidur!

Jika Anda beranggapan minum alkohol hingga mabuk dengan harapan mendapatkan relaksasi sebelum tidur, hal itu adalah jalan pintas yang sangat salah. Karena hal tersebut justru membawa kerugian kesehatan lebih jauh.

Selain alkohol memang pada prinsipnya memiliki potensi merusak tubuh, kualitas tidur Anda terganggu, bahkan lebih jauh mengakibatkan kondisi dehidrasi saat tidur.

Belum lagi untuk turut memperhitungkan konseksuensi bangun di pagi hari dengan hang over yang menyakitkan kepala.

6 dari 8 halaman

6. Sebisa Mungkin Hindari Gula Sebelum Tidur!

gula, bahaya, tidurMengkonsumsi gula dapat meningkatkan energi, dengan energi tambahan ini tentu dapat menganggu tidur.

Belum lagij bicara soal kalori yang berisiko tertimbun dari gula ketika Anda melalui malam dengan tidur setelah mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula berlebih.

Dimana jika terbiasa dengan hal tersebut tentunya akan menimbulkan risiko obesitas atau kegemukan, yang tidak lain akan menjerumuskan Anda kepada beberapa risiko penyakit lainnya seperti gagal jantung, hipertensi, kolesterol dan diabetes.

7 dari 8 halaman

7. Hindari Makan Seledri Sebelum Tidur

Seledri merupakan suatu bentuk diuretik natural, sehingga bila Anda mengkonsumsi seledri sebelum tidur, mungkin saat tidur Anda dapat buang air kecil sering, sehingga dapat menganggu tidur.

0 Komentar

Belum ada komentar