HomeGaya hidupSehat dan BugarMudah Panik? Coba Lakukan Olahraga Ini
Sehat dan Bugar

Mudah Panik? Coba Lakukan Olahraga Ini

dr. Muhammad Isman S, 29 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda sering mengalami serangan panik pada berbagai kesempatan? Olahraga bisa menjadi salah satu solusinya!

Mudah Panik? Coba Lakukan Olahraga Ini

Anxiety atau cemas adalah salah satu sifat alami manusia yang biasa muncul pada kondisi-kondisi tertentu. Ini merupakan respons tubuh agar Anda lebih mawas dan waspada.

Namun, terlalu sering merasakan cemas sangatlah mengganggu, bahkan bisa jadi merupakan sebuah gangguan mental.

Beberapa gejala saat mengalami gangguan cemas, yaitu rasa  tegang, jantung berdebar-debar, perasaan tidak aman, berkeringat, merasa lemas dan lelah, serta sulit untuk berkonsentrasi.

Jika Anda termasuk orang yang mudah stres dan cemas, tidak usah khawatir. Selain harus berkonsultasi dengan dokter, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang dapat mengatasi panik Anda, misalnya dengan berolahraga.

Olahraga Bisa Meredakan Cemas dan Panik

Olahraga ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan gangguan kecemasan.

Temuan terakhir menunjukkan bahwa aktivitas fisik berat yang dilakukan secara teratur dapat berguna untuk mencegah kepanikan dan gangguan lainnya. Salah satu cara menyalurkan aktivitas fisik adalah dengan berolahraga.

Seorang peneliti dari Southern Methodist University di Dallas mengungkapkan beberapa gejala yang bisa dirasakan akibat kepanikan tinggi, di antaranya mual, jantung berdebar kencang, sakit perut, dan sesak napas. Hal ini dikenal sebagai 'sensitivitas kecemasan tinggi'.

Studi yang dilakukan tersebut menunjukkan bahwa faktor risiko kepanikan atau kecemasan mungkin tidak akan berpengaruh pada orang-orang yang secara rutin melakukan aktivitas fisik yang berat.

Olahraga teratur adalah strategi untuk mengobati kepanikan atau kecemasan. Khasiat olahraga untuk serangan panik, cemas, dan depresi sudah banyak dibuktikan.

Alasan mengapa olahraga bisa membantu mengatasi gangguan cemas dan mencegah serangan panik adalah karena olahraga akan menurunkan kortisol (hormon stres), mengalihkan Anda dari pikiran dan emosi negatif, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Artikel Lainnya: Bagaimana Rasanya Saat Mengalami Serangan Panik?

Berbagai Jenis Olahraga untuk Mengurangi Cemas dan Panik

Ada berbagai jenis olahraga untuk menghilangkan gangguan kecemasan dan panik. Berikut di antaranya:

  • Yoga

Yoga adalah salah satu jenis olahraga untuk membantu mengurangi panic attack. Hal ini telah dikemukakan oleh penelitian yang diterbitkan di Complementary Therapies in Clinical Practice pada 2018.

Penelitian tersebut menemukan, yoga dapat membantu menurunkan kecepatan detak jantung dan tekanan darah, memperbaiki proses pernapasan, meminimalkan respons stres, serta mengurangi depresi dan kecemasan.

  • Jalan Kaki

Ada begitu banyak penelitian yang menyebutkan bahwa rutin melakukan aerobik akan meningkatkan kesehatan psikis. Oleh karena itu, Anda bisa mengatasi panik Anda dengan aerobik secara teratur.

Jalan kaki termasuk bentuk latihan aerobik yang bisa menghilangkan panik dan gangguan kecemasan. Selain mudah dilakukan, olahraga ini dapat menambah energi dan kerja otak.

Tak hanya itu, jalan kaki akan membuat Anda lebih relaks sehingga rasa cemas pun berkurang.

Apabila kurang menantang, Anda juga bisa melakukan olahraga lari. Manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari aktivitas fisik ini bagi kesehatan mental, yakni meningkatkan mood dan membantu tidur lebih lelap di malam hari.

Artikel Lainnya: Anak Mudah Cemas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Berenang

Olahraga berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi serangan panik adalah berenang.

Berenang yang dilakukan sekitar 30 menit disebut-sebut dapat membuat Anda lebih relaks sehingga mampu mengatasi depresi dan mengurangi rasa cemas.

  • Latihan Pernapasan

Walaupun bukan jenis olahraga yang secara aktif bergerak, latihan pernapasan juga sangat penting untuk membantu mengatasi serangan panik dan rasa cemas.

Untuk melakukannya, duduklah di tempat yang tenang, lalu letakkan tangan di dada dan perut Anda. Kemudian, tarik napas secara perlahan melalui hidung dan lepaskan melalui mulut. Lakukan hingga 10 kali, atau hingga Anda merasa lebih tenang.

Itulah berbagai informasi terkait olahraga untuk mengatasi rasa cemas dan panik. Anda bisa mencoba mengurangi gejala anxiety dengan melakukan jenis-jenis olahraga yang disebutkan di atas.

Jika masih kurang membantu, segera konsultasikan masalah Anda kepada dokter.

Apabila masih memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, silakan ajukan pertanyaan Anda melalui fitur Live Chat 24 jam di Klikdokter.

[WA]

Olahragaserangan panik

Konsultasi Dokter Terkait