Sukses

Cuaca Cerah: Perlu Pakai Sunscreen?

Aktivitas diluar ruangan pada hari perayaan HUT RI bisa berisiko pada kesehatan kulit jika meluputkan penggunaan sunscreen. Simak selengkapnya oleh dr. Nadia Octavia disini.
Oleh: dr. Nadia Octavia
 
Aktivitas diluar ruangan bisa berisiko pada kesehatan kulit jika meluputkan penggunaan sunscreen atau tabir surya. Sinar ultra violet matahari akibat cuaca global yang tak menentu akhir-akhir ini menyimpan dampak yang berpotensi tidak hanya merusak fungsi mata tapi juga pada kulit. Namun bagaimanapun acapkali aktivitas luar ruangan tidak dapat dihindari. Simak beberapa tips berikut ini untuk mengkiatkan solusinya. 
 
Bagaimana terhindar dari bahaya dari sinar matahari?
  • Hindari sinar matahari pada pk. 10.00 - 14.00
Ini merupakan waktu paling utama untuk terpapar sinar radiasi ultraviolet (UV) matahari yang dapat merusak kulit, bahkan saat cuaca mendung.
  • Gunakan pakaian pelindung
Gunakan celana panjang, baju lengan panjang dan kacamata hitam. Anda juga dapat menggunakan topi lebar ataupun payung untuk terlindung dari sinar matahari.
  • Gunakan sunscreen
Aplikasikan sunscreen secara reguler.
 
Apakah broad-spectrum sunscreen itu?
Terdapat dua jenis sinar UV yang dapat membahayakan kulit: UVA dan UVB. Broad-spectrum sunscreen dapat melindungi Anda dari keduanya. Sinar UVA dapat mempercepat tanda-tanda penuaan pada kulit Anda seperti kerut dan bintik-bintik penuaan. Sedangkan sinar UVB dapat membuat kulit Anda terbakar. Tingginya paparan terhadap kedua sinar ini dapat berpotensi menjadi kanker kulit.
 
Apakah sunscreen yang baik selalu mengandung SPF tinggi?
SPF atau sun protection factor adalah indikator seberapa baik sunscreen dapat memantulkan sinar UVB. Secara teoritis, sunscreen yang terbaik memiliki kadar SPF yang paling tinggi. Namun hal tersebut adalah jika diaplikasikan dengan tepat.
 
Dibandingkan dengan Anda memilih sunscreen yang mengandung SPF tinggi, ada baiknya jika Anda memilih broad-spectrum sunscreen yang dapat melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB. 
 
Apakah saya tetap harus menggunakan sunscreen walaupun sudah menggunakan make-up?
Hal tersebut tergantung dari seberapa lama Anda terpapar sinar matahari. Jika Anda menggunakan kosmetik yang sudah mengandung sunscreen seperti: pelembab, foundation atau lipstick, Anda dapat mengaplikasikan ulang kosmetik setiap 2 jam ketika sedang berada di luar ruangan.
 
Apa yang perlu diketahui tentang pemakaian sunscreen?
  • Gunakan sunscreen secukupnya pada kulit yang kering 30 menit sebelum pergi ke luar ruangan.
  • Gunakan sunscreen pada seluruh permukaan kulit yang akan terpapar sinar matahari seperti: wajah, telinga, tangan, kaki, bibir.
  • Aplikasikan sunscreen setiap 2 jam dan segera setelah berenang atau berkeringat.
  • Ingatlah bahwa pasir, air, salju dan benda padat dapat memantulkan sinar matahari sehingga penggunaan sunscreen sangatlah penting.
  • Sinar UV dapat menembus awan. Gunakan sunscreen bahkan saat cuaca berawan.
  • Sunscreen dapat diaplikasikan pada anak diatas usia 6 bulan.
 
Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](NO)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar