Sukses

Vitamin A, Tak Hanya Untuk Mata

Vitamin A bagi kesehatan mata sudah bukan rahasia lagi. Namun, ternyata vitamin A masih menyimpan banyak kegunaan

Vitamin A bagi kesehatan mata sudah bukan rahasia lagi. Namun, ternyata vitamin A masih menyimpan banyak kegunaan. Salah satunya, menurunkan angka kematian dan angka kesakitan. Selain itu


SUMBER VITAMIN A
Seperti vitamin lainnya, vitamin A bisa diperoleh dari mana saja. Menurut Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, ahli gizi dari IPB, sumber termudah yang bisa diperoleh adalah dari sayuran berwarna hijau tua.

"Ini karena di dalamnya banyak mengandung provitamin A (betakaroten)," ungkap guru besar IPB ini. Tubuh akan mengubah pro-vitamin A menjadi vitamin A. "Satu molekul betakaroten dapat diubah menjadi dua molekul vitamin A." Betakaroten banyak terdapat pada bayam, wortel, ubi jalar dan buah-buahan berwarna kuning jingga.

Adapun sumber lain yang berasal dari hewan sering disebut preformed vitamin A. Bentuk preformed vitamin A antara lain hati, ginjal, mentega, margarin yang difortifikasi (penambahan zat tertentu pada makanan misal vitamin A), kuning telur, susu, dan keju.

BUKAN CUMA UNTUK MATA
Vitamin A sangat erat kaitannya dengan mata, ini pasti sudah banyak yang tahu. "Ya, vitamin A sangat penting untuk membantu integritas retina mata." Kekurangan vitamin A akan menyebabkan mata tidak dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan cahaya yang masuk ke dalam retina. Sebagai konsekuensi awal, terjadilah buta senja, yaitu mata sulit melihat di kala senja.

Guna lain vitamin A adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan kerangka dan jaringan tubuh. "Sebab vitamin A membantu sintesis protein tubuh dan diferensiasi sel-sel tulang (memperbaiki proses pembuatan tulang)," tegas Ali.Vitamin A juga berfungsi sebagai vitamin anti-infeksi, karena dapat mempertahankan integritas membran mucous (supaya sel-sel di dalam tubuh khususnya mata tidak mudah rapuh).

Karena itu, kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan meningkatnya kerentanan tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus. Dengan kata lain, tanpa vitamin A, sistem pertahanan tubuh akan hilang, sehingga tubuh akan mudah terserang penyakit.

MASIH KURANG
Saat ini, secara klinis, Indonesia dinyatakan sudah bebas dari masalah vitamin A. "Sedangkan dari sisi konsumsi vitamin A, kita masih dianggap kurang," kata Ali. Karenanya, pemberian kapsul vitamin A dosis tinggi di posyandu-posyandu merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah kekurangan vitamin A pada anak-anak.

Memang, anak-anak khususnya bayi dan balita merupakan pondasi dari lingkup yang luas, yaitu penduduk. "Padahal, kita punya masalah dengan anak-anak, karena seringkali mereka tidak mau makan sayuran, sehingga rentan terhadap kekurangan vitamin A," keluh Ali. Untuk menangani hal tersebut, orang tua bisa memberikan vitamin A hewani. "Perlu diketahui, konsumsi sayuran memberikan manfaat vitamin A sepertiga dibandingkan konsumsi pangan hewani," jelas Ali.

Saran Ali, jangan ragu-ragu memasak sumber vitamin A. "Vitamin A ataupun betakaroten termasuk vitamin yang relatif tahan panas, tidak seperti vitamin C atau B. Karena itu, sekalipun dimasak, kandungan vitamin A-nya tetap tinggi," himbau Ali.   

 

Sumber : Kompas - PDPI Jatim.

    0 Komentar

    Belum ada komentar