Pencernaan

Tanda-Tanda Sirosis Hati

Tim Redaksi KlikDokter, 13 Jun 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Di Dunia Barat, terjadi peningkatan penderita sirosis hati di kalangan wanita. Penyebabnya, kebiasaan minum yang tak sehat.

Tanda-Tanda Sirosis Hati

Di Dunia Barat, terjadi peningkatan penderita sirosis hati di kalangan wanita. Penyebabnya, kebiasaan minum yang tak sehat. “Jika Anda minum alkohol lebih dari dua gelas sehari, akan menderita kerusakan hati dalam 30 tahun. Sementara jika sekarang minum alkohol tak terkendali, kerusakan itu akan terjadi lebih awal,” ujar Profesor Paul Haber dari Sydney’s Royal Prince Alfred Hospital, Australia. Sirosis hati terjadi saat terbentuk jaringan luka sebagai respon terhadap kerusakan beruntun pada sel hati. Perlukaan itu disebut fibrosis, yang mengganggu aliran darah dan menghambat kerja hati dalam menjalankan fungsi kekebalan tubuh, pencernaan, mencegah pembekuan darah, dan memproses alkohol serta racun lain.

Apa gejalanya

Tidak ada gejala awal yang jelas kelihatan pada sirosis hati. Sirosis terjadi hanya ketika kerusakan sudah parah. Tanda-tanda keparahan itu:

  1. Kulit dan bagian putih mata berwarna kekuningan.
  2. Kelelahan.
  3. Sakit di perut bagian kanan atas.
  4. Nafsu makan dan berat badan berkurang.
  5. Perdarahan karena kemampuan pembekuan berkurang.
  6. Kaki atau perut membengkak.
  7. Payudara membesar pada laki-laki.
  8. Timbul jerawat merah di telapak atau di tangan.

Bagaimana Terapinya

  1. Belum ada pengobatan untuk sirosis. Anda dapat menghentikan perlajuan penyakit dan mengembalikan kerusakan hati jika berobat sedini mungkin.
  2. Hentikan konsumsi alkohol, mengobati Hepatitis B dan C, olahraga, dan diet untuk mengontrol berat badan dapat mengembalikan sejumlah efek sirosis. Itu nasihat Prof. Jacob George, hepatolog dari Sydney’s Westmead Hospital.
  3. Obat dapat diberikan kepada orang-orang tertentu. Bila penyakit hati itu sudah dalam stadium akhir, harapan terakhir adalah transplantasi.
  4. Transplantasi hati tak bisa dijalani pasien yang menderita sirosis gara-gara kebanyakan minum alkohol dan masih melanjutkan kebiasaan buruk itu.
  5. Sirosis meningkatkan risiko kanker hati dan peningkatan itu bergantung pada penyebab penyakitnya

Kesehatan Hati

Konsultasi Dokter Terkait