Sukses

Pengaruh Gejala Thyroid Terhadap Diet

Apabila Anda mempunyai keluhan rambut rontok dan berat tubuh yang tidak dapat dikontrol meskipun berbagai macam cara telah dilakukan...

Klikdokter.com - Apabila Anda mempunyai keluhan rambut rontok dan berat tubuh yang tidak dapat dikontrol meskipun berbagai macam cara telah dilakukan dengan benar, bisa jadi hal tersebut dikarenakan oleh hormon tiroid yang tidak seimbang.

Mekanisme tubuh dalam menyeimbangkan hormon thyroid seringkali terganggu atau bahkan memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri yang mengakibatkan munculnya gejala thyroid yang dapat mengganggu dalam kehidupan keseharian kita. Gangguan gejala ini terbagi menjadi dua yaitu hypothyroidism dan hyperthyroidism.

Gejala hypothyroid merupakan keadaan dimana kurangnya produksi hormon thyroid yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut berbanding terbalik dengan gejala hyperthyroid yang mengasilkan hormon thyroid berlebih. Namun keduanya memberikan dampak negatif tersendiri bagi pengidap.

Umumya gejala hypothyroid lebih banyak terjadi di masyarakat  dengan mengakibatkan seseorang tetap mengalami penambahan berat badan meskipun telah melakukan diet yang benar. Kurangnya hormon thyroid pada tubuh akan mempengaruhi sistem metabolisme dalam membakar energi. Sehingga seringkali juga menyebabkan tubuh mudah lelah, lesu hingga mempengaruhi mood bahkan menjadi depresi.

Gangguan thyroid dapat berkembang menjadi komplikasi peningkatan jumlah kolesterol yang dapat mengarah pada stroke atau serangan jantung bagi pengidap gejala hypothyroid. Bahkan pada kasus berat, hormon thyroid yang sangat rendah mampu memicu hilangnya kesadaran dan penurunan temperatur tubuh secara drastis. Begitupula gejala hyperthyroid yang dapat menyebabkan masalah jantung serius dan tulang rapuh.

Sehingga perlu diadakannya perlakuan khusus dalam menanggulangi gejala ini  sejak dini dengan memeriksakan thyroid melalui tes darah dan ke dokter.[](EDA)

0 Komentar

Belum ada komentar