Sukses

Minuman Mengandung Kafein Lebih Disukai Remaja

Para peneliti menemukan bahwa banyak remaja menyukai minuman yang dicampur atau ditambahkan kafein di dalamnya. Penelitian ini dikembangkan oleh The Society for Study...

 

KlikDokter.com – Para peneliti menemukan bahwa banyak remaja menyukai minuman yang dicampur  atau ditambahkan kafein di dalamnya. Penelitian ini dikembangkan oleh The Society for Study of Ingestive Behavior (SSIB), dimana penelitian ini masuk ke dalam semua aspek perilaku makanan dan minuman, yang dimana ditambahkan kafein membuat para remaja tertarik dan menyukainya.

"Produsen Soda mengklaim bahwa kafein ditambahkan ke produk mereka untuk meningkatkan rasa namun, mayoritas orang yang mencoba tidak dapat merasakan perbedaan rasa antara soda berkafein dan soda non-kafein. Hal ini menyebabkan kita mencurigai bahwa kafein dapat ditambahkan ke minuman untuk alasan lain,” kata peneliti Jennifer Temple, Ph.D.

Lanjutnya, “dugaan kami menyatakan, bahwa remaja yang sudah sering mengkonsumsi atau baru mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, akan ingin meminumnya lagi dan lagi. Berbeda dengan remaja yang baru meminum minuman tanpa kafein, maka akan menunjukkan tidak adanya perubahan dalam selera mereka.”

Untuk menguji teori ini, remaja berusia 12-17 tahun beberapa kali harus mengunjungi laboratorium. Setiap kunjungan, mereka yang minum soda sampel minuman baru dan diberi nilai sesuai dengan keinginan mereka atau selera mereka untuk satu jenis minuman. Minuman yang diuji adalah soda yang mengandung kafein dan beberapa jenis kafein, serta minuman yang tidak mengandung kafein. Selama pengujian, peserta penyuka minuman yang dicampurkan kafein meningkat, sedangkan tidak ada perubahan dalam selera untuk minuman soda yang tidak dicampur kafein.

Hasil penelitian ini sangat konsisten dengan bukti-bukti yang ada sebelumnya, bahwa remaja lebih memilih minuman yang mengandung kafein dibandingkan dengan mereka yang tidak, dan menunjukkan bahwa selera ini muncul sebagai perilaku yang dapat dipelajari.[](SN)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar