Sukses

Endoskop Masa Depan Sebesar Butiran Garam Pasir

Ada beberapa kelainan atau gangguan pada sistem pencernaan yang dapat diperiksa dengan alat yang disebut dengan Endoskop...

Klikdokter.com. Ada beberapa kelainan atau gangguan pada sistem pencernaan yang dapat diperiksa dengan alat yang disebut dengan Endoskop. Endoskop merupakan alat yang digunakan untuk memeriksa bagian atau organ dalam tubuh melalui pembuluh, saluran, dan celah-celah yang sempit di beberapa bagian tubuh. Dan kini, sebuah mikrokamera baru telah dikembangkan untuk menutupi kelemahan dari endoskop yang ada.

Endoskop yang ada sampai saat ini memiliki beberapa kelemahan, yaitu selain harganya yang mahal, waktu yang terbuang untuk membersihkannya cukup lama, pun diperlukan kecermatan yang tinggi saat membersihkannya, karena endoskop dipakai untuk kegunaan yang berbeda-beda.

Masalah ini bisa diselesaikan dengan mikrokamera baru yang telah dikembangkan oleh Fraunhofer Institute for Reliability and Microintegration (IZM) di Berlin, Jerman, bersama Awaiba GmbH, dan didukung oleh Fraunhofer Institute for Applied Optics and Precision Engineering IOF di Jena, Jerman.

“Kami dapat memproduksi mikrokamera yang begitu murah dengan teknologi kami, dimana para dokter juga dapat langsung membuang endoskop sekali pakai ini begitu selesai menggunakannya,” ujar Martin Wilke, seorang ilmuwan dari Fraunhofer Institute for Reliability and Microintegration

Para peneliti di Fraunhofer Institute for Reliability and Microintegration telah membuat proses ini menjadi lebih efisien dengan mengembangkan cara baru untuk mengakses hubungan listriknya. Kini proses pemasangan kebelnya menjadi lebih cepat dan keseluruhan sistem kameranya menjadi lebih kecil.

Mikrokamera baru ini cukup kecil untuk menjadi ujung endoskop. Mikrokamera ini memiliki resolusi sebesar 62.500 piksel dan mengirimkan gambar yang berupa informasi melalui endoskop via kabel listrik. Stephan Voltz, yang merupakan CEO dari Awaiba GmbH mengatakan bahwa ukuran mikrokamera tersebut sebesar 1,0 x 1,0 x 1,0 milimeter, kamera ini sekecil butiran kasar garam pasir, kamera terkecil yang pernah disadari.

“Mulai tahun 2012, dengan keahlian Fraunhofer, kami akan mampu membawa endoskop sekali pakai ini ke pasaran hanya dengan beberapa euro, kami telah memiliki contoh aslinya,” jelas Voltz.[] (JRA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar