Sukses

Respect Each Other Membangun Hubungan Kerja dengan Kinerja yang Optimal

Kurang lebih demikianlah prinsip yang dianut Pelaksana Teknis Kepala Departemen Psikiatri dan Staff Medis Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo ini dalam berkarir.

Kurang lebih demikianlah prinsip yang dianut Pelaksana Teknis Kepala Departemen Psikiatri dan Staff Medis Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo ini dalam berkarir.

Karena menurut beliau, budaya saling apresiasi  antar sesama akan menciptakan suasana hubungan yang sehat. Dalam implementasi di aspek dunia bekerja justru akan sangat membantu membangun suasana kerja yang sehat sehingga menciptakan peningkatan produktifitas kinerja.

Tidaklah berbeda jauh dalam kehidupan keluarga dokter kelahiran Denpasar 53 tahun silam ini, prinsip yang ditekankan dalam mengelola keluarga yang sehat adalah membangun komunikasi yang sehat. Dengan komunikasi yang sehat dan benar, maka akan tercipta sebuah lingkungan yang penuh kasih sayang serta berkeluargaan.

Singkat kata, saling menghormati dan membangun komunikasi yang sehat merupakan kombinasi motto yang selalu menjadi acuan prinsipil dalam kehidupan sehari-harinya.

Berawal dari setelah menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar pada tahun 1981, dokter spesialis psikiatri yang merangkap ibu rumahtangga yang telah dianugerahi 3 orang anak ini telah jatuh hati pada bidang psikiatri.

Bidang psikiatri menjadi pilhan utamanya dalam studi spesialisasi beliau. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pun dipilihnya menjadi tempat menggali ilmu bidang psikiatri.

Selesai studi spesialisasi psikikiatri pada 1994, dokter yang pernah menjadi bagian anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka pada tahun 1972 sebagai representatif dari propinsi Bali ini langsung dipercayai untuk mengemban tanggung jawab sebagai Staf Medis Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo hingga sekarang.

Tidak sampai disitu, pada tahun 1996 hingga 2007 tokoh kesehatan yang memiliki hobby travelling dan membaca ini diberikan kepercayaan untuk menjalankan posisi Sekretaris Program Studi Dokter Spesialis Psikiatri Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo

Selain aktifitas kesibukannya sehari-hari sebagai spesialis Psikiatri, beliau juga memiliki jadwal praktek di Rumah Sakit Dharmawangsa. Selain itu, dirinya  juga disibukkan oleh beberapa aktifitas sosial lainnya, seperti salah satu diantaranya dalam organisasi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia.

Beberapa dari tulisan ilmiah yang disusun oleh dokter yang pada 2006 lalu baru saja menyelesaikan bukunya, Depresi Perimenopeause ini sedikit banyak telah dimuat di sebuah media bidang medis, Majalah Kedokteran Indonesia.

Beliau mengharapkan, di masa depan masyarakat luas dari seluruh lapisan di Indonesia pada khususnya dapat ‘melek pengetahuan’ mengenai kehadiran khazanah psikiatri di Indonesia. Karena setelah 15 tahun lebih telah menyelami dunia bidang psikiatri, beliau melihat masyarakat Indonesia masih belum sadar fungsi dan kegunaan psikiatri ditengah masyarakat. Diperlukan penyuluhan guna merubah stigmatis masyarakat yang melekat di bidang kejiwaan dan psikiatri. Agar dengan demikian bidang kedoktran jiwa dan psikiatri di Indonesia menjadi semakin maju.[] (DA)

Dr. A A Ayu Agung Kusumawardhani, SpKJ(K)

dr. A A Ayu Agung Kusumawardhani, SpKJ(K)
Tempat & Tanggal Lahir:
Denpasar, 10 Oktober 1955
Suami :
Ir. IGP Sukawirana
Anak:
3 orang
Ayah:
Alm. Prof.dr.I G Ngoerah Gede Ngoerah, SpS

RIWAYAT PENDIDIKAN

Lulus dokter:
April 1981 - FK Univ.Udayana Denpasar
Lulus Psikiater:
Januari 1994, dari FKUI Jakarta

RIWAYAT PEKERJAAN

Kepala Puskesmas Kelurahan Pengadegan, Durentiga, Tegal Parang di  wilayah Jakarta Selatan tahun 1981 – 1990

Staf Medis Departemen Psikiatri FKUI/RSCM 1994– sekarang

Sekretaris Program Studi DokterSpesialis Psikiatri Departemen Psikiatri      
FKUI/RSCM 1996 – 2007

Koordinator Pelayanan Masyarakat Dep. Psikiatri FKUI/RSCM 2007-sekarang

Plt. Kepala Departemen Psikiatri
FKUI/RSCM 2007– sekarang

RIWAYAT ORGANISASI & PROFESI

Bendahara Umum PP PDSKJI
periode 2005- sekarang

PENGHARGAAN

Anggota Paskibraka 1972 (perwakilan Prop. Bali)
Dokter Puskesmas Teladan Wilayah Kota Jakarta Selatan 1987


PUBLIKASI ILMIAH

Beberapa tulisan yang di muat dalam MKI (Majalah Kedokteran Indonesia)

BUKU

Depresi Perimenopause,
Balai Penerbit FKUI 2006

0 Komentar

Belum ada komentar