Sukses

Cara Aman Melihat Gerhana Matahari Cincin

Sebagai fenomena alam yang jarang terjadi, sangat disayangkan jika Anda melewatkan begitu saja gerhana matahari cincin. Namun sebelum melakukan tindakan gegabah dengan melihatnya secara langsung, Anda perlu membaca artikel berikut ini.

Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat bersemangat dalam menunggu kemunculan gerhana matahari cincin pada tanggal 1 September mendatang. Gerhana matahari cincin merupakan fenomena alam yang jarang terjadi, sehingga banyak orang ingin mengabadikannya. Atau setidaknya bisa menyaksikannya. Namun sebelum melakukan tindakan gegabah dengan melihat gerhana matahari cincin secara langsung, baca artikel berikut ini.

Efek Gerhana Matahari pada Mata

Anda pasti sudah tahu betapa kuatnya sinar matahari. Begitu kuatnya hingga Anda dapat merasakan cahaya dan kehangatannya, meski dari jarak 150 juta kilometer sekalipun. Karena begitu besarnya kekuatan cahaya matahari, melihat gerhana matahari –meskipun sebentar– dapat berpotensi menimbulkan kerusakan mata permanen.

Sinar ultraviolet yang terdapat dalam sinar matahari tersebut dapat merusak sel-sel retina yang sensitif terhadap cahaya –yakni sel batang dan sel kerucut. Apabila sel-sel tersebut mati, dapat timbul kerusakan berupa pandangan kabur, bintik buta (blind spot) –bahkan kebutaan permanen.

Retina tidaklah sensitif terhadap nyeri. Ini justru sangat berbahaya, karena Anda tidak dapat menyadari apabila ada kerusakan pada retina. Oleh karena itu, hindari melihat gerhana matahari cincin dengan mata telanjang, meskipun hanya beberapa detik saja.

Melihat Gerhana Matahari dengan Aman

Kacamata hitam biasa tidaklah cukup untuk melindungi mata Anda untuk melihat gerhana matahari secara langsung. Anda membutuhkan jenis kacamata yang di desain khusus. Dengan menggunakan kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari, Anda dapat melihat fenomena alam tersebut secara langsung tanpa khawatir.

Namun jika Anda tidak ingin membeli kacamata khusus gerhana, ada cara lain yang lebih murah dan mudah, namun tetap aman untuk dapat menikmati gerhana matahari cincin. Cara yang paling mudah dan murah adalah dengan membuat pinhole. Caranya; Anda membutuhkan selembar kardus atau karton yang dilubangi dengan ukuran kecil (pinhole). Berdirilah membelakangi matahari, dan biarkan cahaya matahari menembus lubang kecil di kardus tersebut.

Letakkan sepotong kertas putih di depan kardus pinhole dan Anda dapat menyaksikan gerhana matahari cincin di atas kertas tersebut. Ingat, apa pun yang terjadi, jangan tergoda untuk melihat matahari secara langsung melalui kardus pinhole tersebut.

Selamat mencoba!

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar