HomeInfo SehatPernapasanHal yang Perlu Diketahui Seputar Penyakit Pneumonia
Pernapasan

Hal yang Perlu Diketahui Seputar Penyakit Pneumonia

dr. Dina Kusumawardhani, 06 Jul 2015

Penyakit pneumonia bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik. Kenali gejala dan cara mengatasinya bersama dr. Dina Kusumawardhani.

Hal yang Perlu Diketahui Seputar  Penyakit Pneumonia

Permen WOODS

KlikDokter.com - Pneumonia merupakan suatu penyakit infeksi pada paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Gejala pneumonia bisa ringan hingga berat. Pneumonia ringan umumnya tidak harus dirawat di rumah sakit. Namun, bayi, anak-anak, orang lanjut usia sangat rentan terhadap berbagai komplikasi – maka dari itu, pada umumnya mereka memerlukan perawatan di rumah sakit. Terlebih lagi, pneumonia disebut sebagai penyebab kematian terbanyak pada anak-anak di dunia.

Pada pneumonia, terjadi peradangan atau infeksi pada alveolus (kantong udara) di paru-paru. Peradangan tersebut menyebabkan alveolus terisi oleh cairan dan membuat paru-paru tidak dapat bekerja dengan baik. Pada pneumonia berat dapat terjadi gangguan aliran oksigen dari paru-paru ke pembuluh darah, sehingga tubuh menjadi kekurangan oksigen.

Apa saja gejalanya?

Gejala pneumonia yang paling utama adalah batuk. Batuk pada umumnya berdahak, disertai demam tinggi, lemas, mual atau muntah. Pneumonia berat ditandai dengan peningkatan frekuensi napas, nyeri dada, dan sesak napas.

Bagaimana mengatasi pneumonia? Halaman berikutnya penjelasan selengkapnya:

Hal yang Perlu Diketahui Seputar Penyakit Pneumonia

Permen WOODS

Cara Mengatasi Pneumonia

Untuk diagnosis pasti, dokter akan menanyakan keluhan Anda, melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti rontgen dada, pemeriksaan dahak, dan laboratorium.

Pengobatan pneumonia disesuaikan berdasarkan penyebabnya. Jika penyebab adalah bakteri, maka dokter akan memberikan antiibiotik. Obat-obatan lainnya berupa penurun demam dan obat batuk. Dokter akan menyarankan untuk rawat inap di rumah sakit jika usia di atas 65 tahun, bayi, keluhan memberat, atau memiliki penyakit lain seperti HIV, penyakit jantung, atau penyakit kronis lainnya.

Hal yang Perlu Diketahui Seputar  Penyakit Pneumonia

Bagaimana mencegah pneumonia?

  • Imunisasi atau vaksin: flu, pertussis, dan pneumokokus.
  • Mencuci tangan secara rutin.
  • Tidak merokok.
  • Menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, olahraga teratur, dan istirahat cukup.

Artikel Terkait

Lihat Semua
Lima Faktor Penyebab Emfisema

Lima Faktor Penyebab Emfisema

Pernapasan23 Jul 2022

Emfisema merupakan penyakit kronis akibat kerusakan alveolus. Ketahui lima faktor penyebab emfisema lewat ulasan di bawah ini. 

Daftar Makanan yang Dilarang untuk Penderita Paru-Paru Basah

Daftar Makanan yang Dilarang untuk Penderita Paru-Paru Basah

Pernapasan20 Jul 2022

Penderita penyakit paru-paru basah tidak boleh sembarang konsumsi makanan. Ketahui daftar makanan yang dilarang lewat artikel berikut!

Mengenal Bronkopneumonia, Penyakit Infeksi Paru-Paru yang Berbahaya

Mengenal Bronkopneumonia, Penyakit Infeksi Paru-Paru yang Berbahaya

Pernapasan25 Jun 2022

Bronkopneumonia terjadi akibat alveoli paru-paru mengalami infeksi. Waspada, penyakit ini bisa berdampak fatal apabila tak segera ditangani!

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert