Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatPernapasanDaftar Makanan yang Buruk untuk Paru-Paru
Pernapasan

Daftar Makanan yang Buruk untuk Paru-Paru

Endah Murniaseh, 17 Jan 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pola makan juga akan memengaruhi kesehatan paru. Ketahui apa saja 7 jenis makanan yang merusak paru-paru dan pernapasan di sini.

Daftar Makanan yang Buruk untuk Paru-Paru

Tidak merokok, berolahraga, dan meminimalisir paparan polusi kerap dilakukan untuk membuat paru-paru tetap sehat. Namun, jangan lupa memperhatikan apa yang Anda makan! Karena, pola makan juga memengaruhi kesehatan paru-paru. 

Untuk menjaga kesehatan paru, Anda perlu menghindari atau membatasi asupan beberapa makanan yang merusak paru-paru.

Berikut beberapa pantangan minuman dan makanan untuk paru-paru sehat:

1. Roti

Makanlah roti dengan porsi secukupnya. Karena, kandungan tepung dan gula pada roti bisa memicu peradangan di dalam tubuh. Proses penguraiannya juga memerlukan waktu lama.

Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, umumnya masyarakat mengonsumsi roti, pasta, nasi, dan makanan manis. Pemilihan sumber karbohidrat ini tidak selalu berdampak baik, khususnya bila dimakan berlebihan.

Selain menyebabkan peradangan di dalam tubuh, makanan-makanan yang buruk untuk paru-paru tersebut juga bisa membuat saluran pernapasan mengencang dan menghasilkan dahak.

Bagi orang-orang yang mengalami intoleransi gluten, kandungan gluten pada tepung pembuat roti juga bisa memicu batuk.

2. Bir

Bir merupakan minuman berkarbonasi dan mengandung gas. Jika diminum, bisa menyebabkan kembung, dada sesak, hingga asma.

3. Keripik Kentang

Kadar lemak jenuh dan garam yang tinggi pada keripik kentang tidak baik untuk kesehatan, termasuk organ paru. Kedua kandungan tersebut bisa memicu permasalahan pada sistem peredaran darah.

Selain itu, garam juga bisa meningkatkan tekanan darah. Bagi penderita penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), garam bisa memperburuk kondisi paru-paru dan jantung.

Garam juga bisa menyebabkan retensi cairan. Kondisi ini bisa membuat cairan bocor ke paru-paru dan mengakibatkan kesulitan bernapas.

4. Susu dan Es Krim

Susu dan produk olahannya bisa memicu peningkatan produksi lendir atau ingus, dan peradangan pada saluran pernapasan. Jadi, sebaiknya batasi konsumsinya saat musim dingin ataupun flu.

Sama halnya dengan susu, kandungan gula pada es krim juga bisa memicu peradangan saluran pernapasan.

Artikel Lainnya: Inilah Cara Membersihkan Paru-paru bagi Perokok Aktif

5. Daging Olahan

Daging olahan dengan nitrit yang ditambahkan dalam proses pengolahan dan pengawetannya tidak baik untuk paru-paru. Pantangan makanan untuk paru ini bisa memicu peradangan dan tekanan di paru-paru.

6. Minuman Manis

Melansir WebMD, orang dewasa yang mengonsumsi soft drink bercita rasa manis sebanyak lima kali dalam seminggu bisa memiliki peningkatan risiko bronkitis. Sementara, pada anak-anak, risiko asma yang bisa meningkat.

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, “Dari penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman manis yang berlebihan setiap hari meningkatkan risiko masalah paru PPOK, bronkitis, dan asma. Konsumsi gula yang berlebihan bisa meningkatkan terjadinya peradangan di dalam tubuh.”

Ia menyampaikan, batasan konsumsi gula harian adalah 4 sdm per hari (50 gram). Jumlah ini sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

7. Makanan Tinggi Garam

Konsumsi makanan tinggi garam bisa menyebabkan bronkitis kronis. Berdasarkan rekomendasi WHO, asupan garam orang dewasa disarankan kurang dari 5 gram (kurang dari 1 sdt) sehari.

Itulah daftar makanan yang buruk untuk paru-paru. Anda bisa mengurangi ataupun menghindari konsumsinya agar paru-paru tetap sehat.

Jika Anda ingin konsultasi seputar kesehatan paru, gunakan fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Referensi:

Wawancara dr. Devia Irine Putri.

World Health Organization. Diakses 2022. Salt Reduction.

WebMD. Diakses 2022. Best and Worst Foods for Lung Health.

Eat This, Not That! Diakses 2022. These Are the Worst Foods for Your Lungs

NutrisiKesehatan parupernapasan

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter