Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatPencernaan7 Jenis Obat Tipes yang Diresepkan Dokter dan Dibeli Bebas
Pencernaan

7 Jenis Obat Tipes yang Diresepkan Dokter dan Dibeli Bebas

Siti Putri, 28 Nov 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Meski tipes merupakan penyakit yang umum, namun infeksi ini bisa mengancam nyawa jika tidak segera diobati. Ini 7 pilihan obat tipes untuk mengobati penyakit ini.

7 Jenis Obat Tipes yang Diresepkan Dokter dan Dibeli Bebas

Tipes atau demam tifoid merupakan penyakit yang terjadi akibat bakteri Salmonella typhi. Infeksi ini biasanya menyebar lewat makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri. 

Penyakit ini dapat menyebabkan demam tinggi, diare, dan gejala yang menyerupai flu. Kabar buruknya, kamu bisa tertular penyakit tipes meski tidak merasakan gejalanya. 

Jika tidak segera diobati, tipes bisa mengancam nyawa. Berikut beberapa daftar obat tipes yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi gejalanya.

Obat Tipes yang Biasa Diresepkan Dokter

Penyebab tipes adalah infeksi bakteri. Oleh sebab itu, obat yang paling ampuh untuk menyembuhkan tipes adalah antibiotik. Obat antibiotik akan bekerja membunuh bakteri dan menghentikan pertumbuhannya, sehingga gejala tidak berkembang semakin parah.

Beberapa jenis obat yang biasa diresepkan dokter untuk mengobati penyakit tipes adalah:

1. Azithromycin (Zithromax)

Mengutip dari Medscape, azithromycin menjadi salah satu obat sakit tipes yang dapat mengobati infeksi bakteri S. typhi pada anak usia 4-17 tahun tanpa komplikasi. 

Jenis obat tipes di apotek yang satu ini bekerja dengan mencegah bakteri untuk membuat protein. Bahkan, azithromycin juga bisa diandalkan ketika resistensi antibiotik atau kondisi di mana antibiotik lain tidak berfungsi untuk membasmi bakteri S. typhi. 

2. Ceftriaxone

Ceftriaxone adalah salah satu pilihan obat tipes di apotek. Obat sakit tipes agar cepat sembuh ini dapat mengobati berbagai jenis infeksi bakteri, termasuk bakteri penyebab tipes dengan menghambat sintesis bakteri sehingga tidak bisa berkembang biak.

Tidak dianjurkan untuk memberikan ceftriaxone pada anak tanpa anjuran dokter. Ceftriaxone lebih disarankan digunakan sebagai obat gejala tipes pada orang dewasa.

3. Chloramphenicol

Chloramphenicol adalah obat antibiotik yang digunakan untuk pengobatan demam tifoid. Hal ini telah dibuktikan lewat sebuah studi yang dipublikasikan lewat Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences

Antibiotik ini dapat menghambat sintesis protein dan mencegah bakteri untuk berkembang biak. Kendati demikian, obat tipes di apotek untuk dewasa ini jarang diberikan karena memiliki efek samping pada penderitanya.

4. Amoxicillin

Amoxicillin merupakan obat yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit tipes. Jenis obat yang satu ini merupakan alternatif pengganti dan lebih efektif dari chloramphenicol untuk mengobati demam tifoid. 

Penting untuk diingat, amoxicillin hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Oleh karenanya, kamu perlu berhati-hati untuk mengonsumsi obat tipes. 

5. Ciprofloxacin

Berdasarkan Cleveland Clinic, Ciprofloxacin merupakan pilihan obat antibiotik untuk tipes. Obat tipes ini dapat menghambat sintesis DNA bakteri, sehingga tidak bisa berkembang biak. 

Obat penyakit tipes ini hanya disarankan untuk digunakan pada orang dewasa. Pasalnya, ciprofloxacin memiliki efek samping yang serius. Bahkan, obat ini sebaiknya digunakan hanya untuk infeksi yang dapat diobati dengan antibiotik yang lebih aman. 

Obat Tipes yang Bisa Dibeli Bebas di Apotek

Selain obat yang diresepkan dokter, beberapa jenis obat juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi gejala tipes. Seperti paracetamol dan jenis vitamin C hingga vitamin A yang bisa diminum untuk mengatasi demam tinggi atau rasa nyeri. 

Berikut adalah rekomendasi obat tipes di apotek yang bisa kamu beli bebas tanpa resep dokter:

1. Paracetamol

Demam menjadi salah satu gejala tipes yang paling umum. Untuk mengatasinya, dokter mungkin menyarankan agar kamu mengonsumsi pereda demam sebagai obat untuk tipes di apotek, seperti paracetamol. 

Berdasarkan sebuah studi, paracetamol menjadi obat yang aman untuk digunakan pada penderita demam tifoid. 

2. Vitamin 

Jenis vitamin untuk pemulihan setelah sakit tipes yang bisa dikonsumsi adalah vitamin C, vitamin A, dan vitamin B yang bisa membantu menurunkan demam. 

Kamu bisa mencoba makan semangka, jeruk, pisang, dan anggur sebagai obat alami untuk meredakan sakit tipes

Apakah Obat Cacing Bisa untuk Mengatasi Tipes?

Beberapa orang mungkin menganggap bahwa penggunaan obat cacing untuk tipes bisa efektif. Namun sayangnya, belum cukup bukti ilmiah yang mendukung jenis pengobatan yang satu ini.

“Selain belum terbukti secara ilmiah, kapsul cacing yang beredar di pasaran mungkin saja memiliki bahan lain yang dicampurkan ke dalam kapsul sehingga dapat menimbulkan efek samping yang tidak dapat diprediksi,” tutur dr. Fitri Juniarta.

Alih-alih menggunakan obat cacing, ada baiknya kamu segera berkunjung ke dokter jika mengalami gejala sakit tipes. #JagaSehatmu dengan memeriksakan diri secepat mungkin agar bisa mendapatkan pengobatan yang tepat. 

Kamu juga bisa mencegah penyakit tipes datang lagi dengan melakukan vaksinasi demam tifoid. Saat ini, sudah ada vaksin khusus untuk menangkal demam tifoid, yaitu vaksin Typhim Vi dari Kalventis. 

Vaksin tipes bisa diberikan pada lansia, orang dewasa, dan anak di atas usia 2 tahun. Bahkan WHO merekomendasikan setiap orang dewasa dan anak-anak melakukan vaksin demam tifoid 3 tahun sekali. Pasalnya, satu dosis vaksin tipes bisa memberikan perlindungan selama minimal 3 tahun. 

Untuk mendapatkan vaksin Typhim Vi ini, kamu bisa booking layanan medis di KlikDokter lewat layanan vaksinasi. Di sini, kamu bisa memilih klinik dan faskes yang terdekat dengan lokasimu dan tersedia vaksin Typhim Vi. 

Bila kamu ada pertanyaan, kamu juga bisa konsultasi online dengan dokter melalui layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter agar lebih mudah. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang!

(NM)

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter