Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKulit3 Efek Samping Berbahaya Akibat Pakai Kutek Gel
Kulit

3 Efek Samping Berbahaya Akibat Pakai Kutek Gel

dr. Arina Heidyana, 26 Des 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apa kamu termasuk wanita yang sering memoles kuku dengan kutek gel warna-warni? Hati-hati, ini bahaya yang mungkin bisa kamu alami.

3 Efek Samping Berbahaya Akibat Pakai Kutek Gel

Tampil sempurna dari ujung kepala hingga ujung kaki biasanya menjadi salah satu prioritas wanita, khususnya ketika pergi ke pesta atau acara penting lainnya. Salah satu faktor kecil tapi dapat memaksimalkan penampilan adalah kuku yang cantik.

Agar tampilan kuku cantik dan tahan lama, pemakaian kutek gel biasanya kerap menjadi pilihan. Namun hati-hati, terlalu sering memakai nail gel bisa berisiko membawa efek samping bagi kesehatan.

Bahaya Terlalu Sering Pakai Kutek Gel

Kutek gel memang lebih tahan lama ketimbang kutek cair lainnya. Namun, terlalu sering menggunakan kutek gel justru bisa memengaruhi kondisi kesehatan kuku. 

Berikut tiga bahaya kutek gel yang mungkin terjadi:

1. Dermatitis Kontak

Saat kuku dipoles, tangan dan jari terpapar segala macam iritan atau hal yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Beberapa contohnya yaitu lem kuku, cat kuku, dan kuku akrilik, semuanya dapat menyebabkan dermatitis kontak

Jika kamu alergi terhadap bahan apa pun yang digunakan selama proses pemolesan kuku, kamu bisa mengalami ruam merah, gatal, lecet, atau bengkak di ujung jari atau tangan. 

Selain itu, sesak napas akibat alergi dapat terjadi. Kondisi ini termasuk dalam kegawatdaruratan medis meskipun jarang terjadi. Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati dalam memilih kutek.

Artikel lainnya: Amankah Ibu Hamil Pakai Cat Kuku?

2. Kuku Rapuh dan Kusam

Kuku akrilik dan nail gel memang terlihat cantik, tetapi tahukah kamu keduanya dapat merusak kuku? 

Efek samping kutek gel berikutnya adalah membuat kuku rapuh dan kusam. Hal ini dikarenakan zat kimia di dalam kutek. 

Untuk menghindari kerusakan, jangan menggunakan kutek lebih dari dua minggu. Hapus kutek dengan nail polish remover yang aman. 

Istirahatkan kuku selama 1-2 minggu setelah menghapus kutek. Jangan lupa berikan vitamin kuku agar kuku tetap sehat.

3. Kanker Kulit

Bahaya kutek gel juga bisa berpengaruh pada timbulnya kanker kulit. Kutek gel membutuhkan penggunaan sinar UV (Ultraviolet Light) agar kutek menempel dan mengering lebih baik. Walaupun kemungkinannya kecil, paparan sinar UV terus-menerus dapat meningkatkan risiko melanoma atau kanker kulit. 

Menurut penelitian, semakin sering seseorang terpapar sinar UV, maka risiko kanker pada orang tersebut meningkat.

Artikel lainnya: Manfaat Manicure Pedicure dan Cara Melakukannya

Bolehkah Hapus Kutek Gel dengan Cara Dicabut atau Dikupas?

Ketika kutek gel sudah mulai terkelupas di bagian ujung kuku, tidak sedikit wanita yang “latah” untuk mengupas atau mencabut paksa kutek yang masih menempel pada kuku.

Padahal, mengupas dan mencabut paksa kutek gel yang masih menempel pada kuku bisa membuat lapisan pada kuku ikut tercabut. Mengupas atau mencabut paksa kutek gel juga bisa menyebabkan kulit kuku kering, terkelupas, dan kasar.

Bila kondisi itu terjadi, mungkin butuh waktu cukup lama dan perawatan ekstra untuk mengembalikan tampilan kuku yang sehat. Kamu harus rajin mengoleskan vitamin kuku dan krim pelembap sehabis mandi dan sebelum tidur.

Lantas, bagaimana cara menghapus kutek gel yang benar? Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan aseton, kapas, dan aluminium foil 
  • Pulaskan aseton pada kuku secara berulang, dan bungkus jari dengan kapas
  • Setelah dibungkus kapas, bungkus jari dengan potongan kecil aluminium foil 
  • Tunggu 10-20 menit, lalu buka satu per satu jari kamu. Bila masih ada kutek gel yang menempel, bungkus kuku lagi dengan cara tadi atau kikis kutek gel perlahan dengan peralatan manicure
  • Kalau tidak terbiasa membersihkan kutek gel sendiri, pergilah ke salon atau tempat nail art agar proses pembersihan bisa dilakukan oleh ahlinya

Artikel lainnya: 13 Ciri Kuku Tidak Sehat yang Bisa Jadi Tanda Penyakit

Tips Pakai Kutek Gel yang Aman

Kutek Gel

Berikut beberapa tips menggunakan kutek gel yang aman agar terhindar dari bahaya kutek gel:

  • Sebelum pakai kutek gel, pastikan kuku sudah dibersihkan dengan alkohol dan diolesi vitamin atau pelembap kuku untuk mengurangi kerusakan
  • Pastikan alat manicure steril, hindari memotong kutikula karena bisa menyebabkan peradangan atau iritasi
  • Setelah pemolesan kutek gel, minta terapis untuk mengoleskan tabir surya pada bagian kulit jari dan kuku agar sinar UV tidak merusak dan mengiritasi kulit jari
  • Bila nail gel sudah mulai terkelupas, hindari mencabut dan mengopek kutek karena bisa berdampak buruk bagi lapisan teratas kuku
  • Biarkan kuku tumbuh sebelum kamu kembali memoleskan kutek gel. Hal ini berguna untuk memberikan oksigen pada kuku

Meski cara-cara di atas bisa membantu menjaga kesehatan kuku, kamu sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan kutek gel. Penggunaan kutek gel terus-menerus bisa menimbulkan efek jangka panjang pada kesehatan kuku.

Yuk, cari tahu lebih banyak lagi tips kecantikan yang aman di aplikasi KlikDokter! Kamu juga bisa langsung konsultasi kepada dokter kulit lewat fitur Tanya Dokter.

(FR/JKT)

Kanker KulitDermatitis Kontak

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter