HomeInfo SehatKulitKiat Memilih Sampo yang Tepat untuk Penderita Psoriasis
Kulit

Kiat Memilih Sampo yang Tepat untuk Penderita Psoriasis

dr. Nadia Octavia, 02 Des 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Psoriasis adalah kondisi peradangan yang memengaruhi kulit, termasuk kulit kepala. Bagaimana cara memilih sampo yang tepat jika punya psoriasis?

Kiat Memilih Sampo yang Tepat untuk Penderita Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi peradangan pada kulit yang membuat penderitanya mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat. Gejalanya berupa bercak kemerahan yang tertutup sisik keperakan pada kulit kepala dan badan. 

Kondisi ini biasanya juga disertai dengan kulit kering dan gatal.

Salah satu cara untuk membantu mengatasi psoriasis pada kulit kepala adalah dengan menggunakan obat topikal. Namun, sampo khusus juga bisa membantu meredakan gejala, terlebih sampo relatif mudah digunakan. 

Berikut beberapa jenis sampo untuk penderita psoriasis di kulit kepala:

1. Sampo Coal Tar

Cara Memilih Sampo yang Tepat untuk Rambut Keriting

Sampo yang mengandung coal tar dapat membantu kerak, pengerasan, dan penebalan di kulit kepala dengan memperlambat pertumbuhan sel kulit. 

Bahan tersebut juga dapat meredakan gatal dan membuat kondisi kulit kepala membaik. 

Untuk menggunakan sampo ini, lakukan juga pijatan di kulit kepala. Diamkan sampo selama 5-10 menit, lalu bilas bersih.

Hal yang perlu diingat, coal tar bisa membuat kulit kepala lebih sensitif terhadap sinar matahari. 

Artikel Lainnya: Psoriasis Bisa Terjadi pada Bayi, Kenali Gejalanya!

Tar dapat tinggal di kulit selama 24 jam atau lebih, dan risiko terjadinya kerusakan kulit akibat sinar matahari meningkat pada waktu tersebut. Jadi, lindungilah kulit kepala dengan topi atau cari tempat berteduh. 

Sampo coal tar bisa meninggalkan noda di pakaian atau kulit. Beberapa orang tidak menyukai baunya, sehingga kamu dapat menggunakan sampo dan kondisioner reguler setelah mencuci rambut dengan sampo coal tar.

2. Sampo Asam Salisilat

Jenis sampo ini juga baik untuk penderita psoriasis kulit kepala, dan mudah ditemukan di apotek terdekat. 

Sampo asam salisilat sering dimanfaatkan untuk menghilangkan sel kulit mati. Pada orang-orang dengan psoriasis, kandungan tersebut dapat membantu mengangkat, melunakkan, dan membasmi sisik di kulit kepala. 

Dalam menggunakannya, basahi rambut dan aplikasikan sampo yang sudah dalam bentuk busa. Bilas dan ulangi. Gunakan paling tidak dua kali seminggu atau sesuai instruksi dokter.

Jagalah agar sampo tidak masuk mulut, mata, atau hidung, dan jangan digunakan pada kulit yang sedang mengalami ruam atau luka. 

Sampo yang mengandung asam salisilat dapat memicu kekeringan pada kulit kepala, iritasi kulit, mual, atau masalah lainnya bila digunakan terlalu lama atau terlalu banyak. Agar lebih aman, bicarakan dengan dokter tentang penggunaannya. 

Beberapa sampo dengan asam salisilat juga mengandung sulfur yang dapat mengatasi jamur. Bila kulit kepala juga mengalami infeksi ragi (yeast), ini adalah sampo yang tepat.

Artikel Lainnya: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Dermatitis Seboroik dan Psoriasis

3. Sampo dengan Steroid

Jangan Bingung, Ini Cara Memilih Sampo yang Tepat untuk Rambut Tipis

Sampo ini membutuhkan resep dokter. Biasanya, sampo hanya digunakan selama beberapa minggu untuk meredakan pembengkakan dan kemerahan. Setelahnya, dokter akan menyarankan untuk beralih ke sampo coal tar

Sampo ini dipakai dalam kondisi kulit kepala kering, lalu diamkan selama 15 menit. Selanjutnya, basahi rambut dan pijat hingga berbusa, lalu bilas.

Penderita psoriasis memang sebaiknya menggunakan sampo khusus untuk mengatasi keluhan sisik yang menumpuk di kepala. 

Selain jenis sampo di atas, penderita psoriasis juga bisa menggunakan sampo antiketombe seperti yang mengandung zinc pyrithione, karena dapat menormalisasi sel-sel kulit kepala dan mencegah penumpukan sisik di kulit kepala. 

Sampo yang mengandung antijamur seperti ketokonazol juga efektif untuk mengurangi peradangan di kulit kepala. 

Artikel Lainnya: Manfaat Terapi Biologis untuk Penanganan Psoriasis

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis sampo yang tepat untuk psoriasis kulit kepala. Umumnya, sampo-sampo tersebut efektif untuk menangani psoriasis kulit kepala derajat ringan hingga sedang. 

Namun, jika psoriasis terjadi pada area tubuh lain, maka kamu perlu mendapatkan pengobatan tambahan seperti obat oles ataupun obat minum. Konsultasikan lebih lanjut kepada dokter spesialis kulit.

Pastikan untuk selalu #JagaSehatmu, ya. Jika ingin berkonsultasi seputar masalah kulit kepala, kamu dapat menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. 

[RS]

kulit kepalaPsoriasis

Konsultasi Dokter Terkait