HomeInfo SehatKesehatan UmumMinimalkan Kerusakan, Yuk Coba Cara Alami Luruskan Rambut
Kesehatan Umum

Minimalkan Kerusakan, Yuk Coba Cara Alami Luruskan Rambut

Aditya Prasanda, 18 Mar 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tanpa harus pakai bahan kimia maupun tenaga panas, cara meluruskan rambut secara alami bisa menggunakan 18 metode berikut.

Minimalkan Kerusakan, Yuk Coba Cara Alami Luruskan Rambut

Tidak sedikit orang yang terlahir dengan rambut lurus, namun ketika beranjak dewasa, rambutnya berubah menjadi sedikit bergelombang atau bahkan keriting. 

Berdasarkan Science World, ada beberapa faktor yang menyebabkan perubahan bentuk rambut menjadi keriting atau bergelombang, salah satunya dipengaruhi oleh genetik atau keturunan.

Bagi sebagian orang, perubahan bentuk rambut tersebut bisa mengganggu. Karenanya, banyak orang menggunakan cara meluruskan rambut secara alami maupun nonalami.

Cara membuat rambut lurus alami bisa dengan memakai bahan-bahan herba yang tidak mengandung zat kimia sintetis, seperti pisang, susu, madu maupun lemon. 

Kelebihan cara meluruskan rambut bergelombang secara alami adalah tidak merusak rambut. Meski begitu, untuk memperoleh rambut lurus yang diidamkan, perlakuan ini harus dilakukan rutin. 

Karena dinilai tidak praktis, banyak orang memilih cara instan nonalami. Biasanya, prosedur pelurusan rambut ini menggunakan perpaduan treatment tenaga panas dan kimia. 

Faktanya, tidak ada satu pun cara yang dapat meluruskan rambut secara permanen. Hal ini berlaku untuk prosedur pelurusan rambut secara alami maupun tidak.

Rambut yang diluruskan menggunakan bahan alami hanya dapat bertahan selama kurang dari enam pekan. Sementara treatment nonalami hanya bertahan sekitar 3-6 bulan.

Seiring waktu, tekstur rambut alami akan muncul kembali. Maka itu, daripada menggunakan metode instan yang berisiko merusak rambut, cobalah terapkan cara meluruskan rambut secara alami berikut:

Artikel Lainnya: 8 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Rambut Anda

 

1. Susu dan Madu

Rambut mengandung protein alami bernama keratin yang berperan memperkuat dan menjaga keindahan rambut. Manfaat keratin tersebut juga dapat diperoleh dari susu.

Pasalnya, susu mengandung lemak yang dapat membantu memperkuat, melembutkan, dan meningkatkan kehalusan rambut.

Anda juga dapat mencampurkan susu dengan madu. Bahan ini berperan sebagai pelembap alami yang dapat menambah kilau rambut.

Untuk memperoleh khasiat tersebut, campurkan satu sendok makan madu bersama susu. Kemudian masukkan campuran keduanya ke dalam botol spray alias botol semprot.

Setelah keramas, semprotkan larutan susu dan madu ke rambut. Kemudian biarkan selama dua menit. Lalu, bilas rambut menggunakan air.

 

2. Pisang

Cara agar rambut lurus alami berikutnya yaitu dengan menggunakan pisang. Buah ini berkhasiat melembutkan rambut.

Pisang juga mengandung nutrisi yang dapat menyehatkan jenis rambut keriting maupun rambut lepek akibat treatment berbahan kimia. 

Guna memperoleh khasiat pisang tersebut, Anda dapat mengolahnya menjadi masker rambut. Caranya, tumbuk hingga halus dua buah pisang matang menggunakan garpu. Kemudian, campurkan dengan dua sendok makan madu, yoghurt, dan minyak zaitun. 

Blender campuran tersebut hingga berbentuk pasta halus. Lalu, oleskan masker rambut pisang secara merata pada rambut.

Agar tidak berantakan, tutup rambut menggunakan shower cap. Diamkan selama sekitar 30 menit, kemudian bilas rambut menggunakan air.

 

3. Minyak Zaitun dan Telur

Minyak zaitun memiliki struktur kimia menyerupai minyak alami di dalam tubuh. Oleh karena itu, minyak zaitun punya sejumlah khasiat yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan, termasuk rambut.

Minyak zaitun mengandung hidroksitirosol dan vitamin E yang bermanfaat untuk menutrisi rambut. Untuk mendukung khasiat minyak zaitun, Anda dapat mencampurkannya bersama telur.

Telur mengandung vitamin, mineral dan asam yang dapat melembutkan dan meluruskan rambut.

Membuat masker rambut dengan kedua bahan alami tersebut juga tidaklah sulit. Campurkan terlebih dahulu dua butir telur bersama minyak zaitun. 

Kemudian oleskan campuran keduanya pada rambut. Diamkan rambut selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air.

Artikel Lainnya: Cara Ampuh untuk Mengatasi Rambut Rontok

 

 

4. Multani Mitti

Multani mitti alias fuller's earth merupakan lumpur tanah liat dengan kandungan mineral tinggi. Fuller's earth mengandung kalsium, magnesium, silika, kalsit, kuarsa, besi, dan dolomit.

Kendati kerap digunakan untuk mempercantik kilau kulit, multani mitti nyatanya juga berkhasiat untuk meluruskan rambut.

Manfaat fuller's earth untuk rambut bisa diperoleh dengan mencampurkan secangkir penuh multani mitti bersama putih telur, serta dua sendok makan tepung beras.

Tambahkan air secukupnya, hingga campuran bahan berubah menjadi pasta dengan tekstur tidak terlalu encer. 

Oleskan masker multani mitti pada rambut, kemudian diamkan selama setengah jam.

Jika sudah, sisir rambut dengan lembut. Kemudian ulangi proses pemberian masker dan menyisir rambut beberapa kali. Terakhir, bilas rambut menggunakan air hingga bersih.

 

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah produk olahan buah apel yang difermentasi bersama asam asetat, asam malat, asam laktat, dan asam sitrat. 

Produk ini bermanfaat untuk melenyapkan tumpukan kotoran dan minyak berlebih pada rambut. Cuka sari apel juga bermanfaat menghaluskan dan meluruskan rambut secara alami.

Khasiat tersebut dapat diperoleh dengan mengencerkan cuka sari apel bersama air. Kemudian oleskan cuka sari apel pada rambut setelah selesai keramas. Lalu, diamkan rambut hingga semalaman. Lakukan cara ini sekali dalam sepekan. 

6. Lidah Buaya

Selain dapat mendukung pertumbuhan rambut yang sehat, lidah buaya alias aloe vera juga bermanfaat melembutkan dan meluruskan rambut. 

Hal ini karena aloe vera merupakan pelembap alami yang mudah meresap ke dalam helai rambut. Selain itu, lidah buaya juga berkhasiat meningkatkan kelembapan kulit kepala. 

Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampurkan gel lidah buaya bersama minyak zaitun hangat. Kemudian, campurkan masing-masing enam tetes minyak cendana dan minyak rosemary.  

Oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala, hingga meresap ke dalam setiap helai rambut. Lalu, tutup rambut menggunakan shower cap, dan biarkan selama 1-2 jam. 

Selanjutnya, bilas rambut menggunakan air, dan keramaslah menggunakan sampo dan kondisioner yang melembutkan rambut. 

Artikel Lainnya: Kiat Singkirkan Rambut Berminyak

 

 

7. Santan dan Air Perasan Lemon

Santan memiliki lemak jenuh dengan kandungan emolien, yaitu komponen yang berfungsi menjaga kelembapan serta menenangkan kulit. 

Santan juga mengandung asam yang dapat membantu menyeimbangkan kadar asam-basa kulit kepala. 

Selain itu, santan juga dapat menutrisi, melembutkan dan meluruskan rambut. Untuk menggunakannya, campurkan santan segar bersama air perasan lemon. Air lemon berkhasiat untuk meluruskan dan meningkatkan kilau alami rambut.

Oleskan campuran santan dan air perasan lemon hingga ke akar rambut dan kulit kepala. Lalu, bekap rambut menggunakan handuk yang sudah dibasuh ke dalam air hangat. 

Diamkan selama lima menit, lalu bilas rambut menggunakan sampo. Agar rambut dapat lurus alami, lakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sepekan selama empat minggu.

 

8. Minyak Kedelai

Cara membuat rambut lurus berikutnya bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak kedelai. Ini merupakan salah satu produk alami terbaik untuk meluruskan rambut. 

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan dan mengaduk rata satu sendok makan minyak kedelai bersama dua sendok makan minyak jarak. 

Kemudian rebus campuran minyak. Setelah campuran minyak cukup hangat, oleskan secara merata pada kulit kepala.

Campuran minyak jarak dan minyak kedelai bermanfaat untuk mengikat akar hingga ujung rambut. Setelah dioleskan pada rambut, diamkan beberapa menit. Lalu, bilas rambut menggunakan sampo.

9. Rutin Pakai Masker Rambut

Selain menggunakan bahan alami, rambut lurus juga dapat diperoleh dengan rutin mengoleskan produk masker rambut siap pakai.

Meski begitu, masker rambut yang digunakan tidak bisa sembarangan. Gunakanlah masker rambut yang diformulasikan khusus untuk meluruskan rambut. 

10. Sampo dan Kondisioner yang Melembutkan Rambut

Seperti telah disampaikan, tidak ada cara untuk meluruskan rambut secara permanen. Meski begitu, bentuk rambut lurus yang diidamkan dapat diperoleh dengan meningkatkan kelembutan rambut.

Salah satu cara membuat rambut lurus dan lembut adalah dengan menggunakan  sampo dan kondisioner yang  dapat melembutkan rambut. 

Sebaliknya, hindari produk sampo dan kondisioner yang mengandung surfaktan atau sulfat. Kandungan tersebut dapat merusak rambut.

 

11. Keringkan Rambut dengan Handuk Khusus

Untuk dapat meluruskan rambut secara alami, biasakanlah untuk mengeringkan rambut menggunakan handuk microfiber alias ultra-adsorben

Handuk ini dapat menyerap air pada rambut, tanpa membuat rambut menjadi bergelombang atau kusut. 

Meski begitu, agar rambut kering dan lurus, gosokkan handuk ultra-adsorben secara lembut pada rambut, ya

12. Keringkan Rambut Secara Tepat

Tingkat kelurusan rambut dapat dipengaruhi oleh cara mengeringkannya. Mengeringkan rambut dengan menggosokkan handuk terlalu keras dan berlebihan, justru dapat membuat rambut kusut dan bergelombang.  

Karena itu, gosokkan handuk ultra-adsorben pada rambut secara perlahan. Caranya dengan menepuk rambut menggunakan handuk, hingga kering.

Artikel Lainnya: Makanan Ini Bisa Bikin Rambut Bayi Tumbuh Lebat

 

13. Tidur dengan Rambut Basah 

Meluruskan rambut secara alami dapat pula dilakukan dengan membiasakan tidur dengan rambut basah. Kendati demikian, cara ini tidak bisa dilakukan sembarangan.

Terdapat beberapa langkah yang harus disiapkan. Pertama, kuncir rambut setelah keramas. Kuncirlah rambut paling tinggi sejajar dengan tengkuk menggunakan karet rambut elastis. 

Menguncir rambut lebih tinggi dari tengkuk dapat meningkatkan risiko rambut kusut ketika sudah mengering. 

Kemudian ikat rambut menggunakan karet setiap 5,1-7,6 cm. Jangan ikat rambut terlalu erat agar tidak merusak tingkat kelurusan rambut ketika kering.

Selanjutnya, lilitkan rambut hingga berbentuk sanggul, lalu tutup rambut menggunakan syal sutra. 

Syal sutra membantu mengurangi kelembapan rambut dan mengurangi risiko rambut kusut setelah mengering. 

Pertahankan posisi rambut menggunakan penjepit rambut di setiap sisinya. Kemudian, tidurlah.

Di pagi hari, lepaskan penjepit, syal sutra dan karet pada rambut. Lalu, sisir rambut menggunakan sisir bergigi lebar dan halus.

 

14.  Sisir Rambut Hingga Kering

Biasakanlah untuk menyisir rambut hingga kering. Ini merupakan salah satu cara alami meluruskan rambut.

Sisirlah rambut menggunakan sisir bergigi lebar dan halus. Sisir jenis ini membantu mengurai rambut, dan mengurangi risiko rambut tersangkut. Agar rambut tidak kusut dan rontok, sisirlah rambut secara perlahan.

15.  Keringkan Rambut dengan Hair Dryer Bersuhu Dingin

Beberapa hair dryer dilengkapi dengan fitur suhu dingin. Gunakan hair dryer bersuhu dingin untuk mengeringkan rambut.

Untuk mendukung proses pengeringan dan pelurusan rambut, gunakan brush khusus untuk meluruskan rambut. 

Selain brush khusus, Anda juga bisa menggunakan sisir bergigi lebar ataupun jari tangan untuk membantu meluruskan rambut. 

16.  Gulung Rambut Pakai Rol Ukuran Besar

Cara meluruskan rambut keriting dengan cepat dan permanen memang tidak mungkin dilakukan. 

Meski begitu, Anda dapat meluruskan rambut keriting secara alami menggunakan rol jumbo. Kendati rambut lurus yang dihasilkan bersifat sementara, setidaknya rol jumbo tidak memberikan dampak negatif pada rambut seperti halnya treatment, catokan, rebonding, ataupun smoothing.

Untuk meluruskan rambut keriting, gulung rambut yang sudah kering menggunakan rol jumbo. Kemudian, biarkan rol melekat di rambut selama beberapa jam. Hal ini dilakukan agar efek rambut lurus yang diperoleh dapat bertahan lebih lama.

17. Oleskan Minyak Esensial

Beberapa jenis essential oil alias minyak esensial dapat dengan mudah menembus folikel rambut, mengikat serta memperbaiki sel-sel di dalamnya. Essential oil yang dimaksud berbahan kelapa, argan, almond maupun macadamia.

Untuk menggunakannya, tuangkan beberapa tetes minyak esensial ke telapak tangan. Kemudian gosokkan minyak pada rambut secara merata.

Ketika menggosokkan essential oil, fokuslah pada bagian ujung rambut. Selain meluruskan, minyak esensial juga bermanfaat menambah kilau rambut.

 

18. Tidak Melakukan Rebonding, Smoothing ataupun Catokan

Bahan kimia dan tenaga panas yang digunakan pada treatment rebonding maupun smoothing dapat merusak rambut dan menghilangkan potensi rambut ikal alami. 

Bahkan, pada beberapa orang, zat kimia prosedur pelurusan rambut tersebut menimbulkan efek samping. Salah satu komponen kimia berbahaya yang terkandung nyaris di seluruh produk pelurus rambut alias hair straightening cream adalah formaldehida.

Ketika hair straightening cream dioleskan ke rambut, orang yang menghirup kandungan formaldehida dapat mengalami efek samping berupa kesulitan bernapas, maupun iritasi pada mata, hidung, dan kulit.

Meskipun tidak menyebabkan efek samping seperti treatment rebonding dan smoothing, kerusakan rambut juga bisa dialami orang yang gemar catokan.

Catokan meningkatkan risiko rambut kering, kasar, rontok, dan tidak berkilau. Utamanya, jika aktivitas meluruskan rambut ini dilakukan secara intens.

Hal ini terjadi karena tenaga panas yang dihasilkan alat catok merusak lapisan rambut, menghilangkan minyak alaminya, serta mengubah tekstur, dan akar rambut.

Bahkan, catokan menyebabkan beberapa orang mengembangkan alergi pada kulit kepala. Hal ini membuat kulit kepala terasa gatal dan rambut lebih mudah rontok.

Karenanya, jika ingin memiliki rambut lurus alami, hindarilah menggunakan treatment yang justru merusak kesehatan rambut, seperti catokan, rebonding, ataupun smoothing.

Sebaliknya, terapkanlah cara meluruskan rambut secara alami yang bebas dari bahan kimia dan tenaga panas.

Jika ingin tanya lebih lanjut seputar info kesehatan lainnya, konsultasi ke dokter via Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

 

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. Everything You Want to Know About Permanent Hair Straightening.

Today. Diakses 2022. 7 things I wish I knew before permanently straightening my hair.

Health Shots. Diakses 2022. Frizzy hair freaking you out? Try these 9 hacks to straighten hair naturally at home.

Science World. Diakses 2022. CAN HAIR CHANGE FROM STRAIGHT TO CURLY?

Healthline. Diakses 2022. How to Straighten Your Hair Without Heat.

RambutKesehatan Rambut

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter