Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKesehatan Umum10 Penyebab Sering Menguap, Bukan Cuma Mengantuk!
Kesehatan Umum

10 Penyebab Sering Menguap, Bukan Cuma Mengantuk!

dr. Muhammad Isman S, 30 Nov 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Menguap bukan saja pertanda mengantuk. Ada kondisi medis tertentu yang bisa membuatmu menguap terus. Simak penyebab sering menguap di sini.

10 Penyebab Sering Menguap, Bukan Cuma Mengantuk!

Menguap adalah respons tubuh ketika kamu merasa lelah. Menguap juga bisa terjadi saat kamu melihat orang lain menguap, sebagai bentuk empati.

Namun, jika kamu menguap berlebihan dan terlalu sering, hal itu bisa terjadi karena lelah berlebihan atau adanya kondisi medis tertentu.

Berikut adalah beberapa penyebab sering menguap yang perlu kamu tahu:

1. Masalah Tidur

Usir Ngantuk Usai Makan Siang di Kantor dengan 4 Cara Ini (Kimberrywood/Shutterstock)

Rasa lelah yang timbul karena kurang tidur bisa menjadi alasan kenapa kamu sering menguap. Apabila rasa lelah terasa berlebihan dan sering muncul pada siang hari, atau memang terdapat gangguan tidur, konsultasikan segera dengan dokter.

Seseorang bisa saja tidak sadar bahwa dirinya sedang mengalami masalah tidur. Misalnya pada penderita obstructive sleep apnea, di mana gejalanya tidak mudah tampak saat bangun. Namun, penderita dapat merasa lelah sepanjang hari.

Gejala lain yang menunjukkan bahwa seseorang mungkin memiliki masalah tidur adalah sulit konsentrasi, respons yang lebih lambat, mudah tersinggung, serta merasa tidak termotivasi.

Artikel Lainnya: Fakta-Fakta Unik Tentang Menguap

2. Menular dari Orang Lain

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang hal ini. Ketika seseorang menguap, orang lain yang melihatnya dapat “tertular” untuk menguap juga!

Bahkan ada anggapan bahwa semakin mudah orang menguap karena meniru orang lain, semakin baik pula kemampuan interaksi sosial dan empatinya.

3. Rasa Cemas

Rasa cemas bisa menjadi penyebab kamu menguap terus. Ini terjadi karena kecemasan akan memengaruhi jantung dan sistem pernapasan, serta level energi. Semua hal ini dapat memicu rasa sesak, menguap, dan stres.

Dengan merasa cemas, seseorang dapat menguap lebih sering dari biasanya atau lebih sering dibandingkan ketika sedang tidak cemas.

4. Rasa Bosan

Apakah kamu pernah merasa seperti ini? Saat lagi bosan, tiba-tiba kamu jadi sering menguap tapi tidak mengantuk. 

Ketika otak sedang terasa tidak terangsang dan mulai melambat, suhu tubuh akan turun. Alhasil kamu akan mulai merasa mengantuk, dan menguap terus-menerus. Hal ini sering terjadi tanpa kamu sadari.

5. Obat-obatan Tertentu

Inilah Daftar Obat yang Harus Anda Bawa Saat Mudik

Jika kamu sedang mengonsumsi obat tertentu, ini juga bisa menjadi penyebab kamu sering menguap.

Beberapa obat yang dapat memicu seseorang sering menguap, di antaranya antidepresan dan golongan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), antihistamin, dan sebagian obat antinyeri.

Artikel Lainnya: Kabar Baik, Tidur dengan Selimut tebal Efektif Redakan Cemas

6. Depresi

Seseorang yang sedang mengalami depresi dapat menguap berlebihan. Pasalnya, rasa lelah merupakan salah satu gejala depresi, maupun efek samping dari obat antidepresan yang dikonsumsi.

Apabila seseorang dengan depresi menguap lebih sering dari biasanya, konsultasikan dengan dokter. Nantinya dokter mungkin dapat mengubah dosis obat yang telah diberikan, atau mencari penyebab menguap tersebut. 

7. Gangguan pada Jantung

Menguap berlebihan dapat berhubungan dengan saraf vagus, yang berada pada bagian bawah otak dan menurun hingga jantung.

Pada sebagian kasus, menguap berlebihan dapat menandakan bahwa terdapat perdarahan di sekitar jantung, atau bahkan serangan jantung.

8. Stroke

Kondisi menguap yang terus-menerus bisa berhubungan dengan stroke. Dikatakan bahwa menguap dapat membantu mengatur dan mengurangi suhu basal tubuh dan otak setelah terjadinya cedera otak atau stroke.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa proses menguap melibatkan batang otak, yang berhubungan dengan saraf tulang belakang. Selain itu, menguap berlebihan dapat terjadi sebelum atau setelah stroke.

9. Kegagalan pada Organ Hati

Ilustrasi Fatty Liver atau Perlemakan Hati

Saat fase-fase akhir dari kegagalan organ hati, seseorang bisa saja sering menguap. Hal ini dipercaya terjadi karena kelelahan yang disebabkan oleh kegagalan organ hati.

Selain menguap, terdapat gejala lain seperti nafsu makan berkurang, diare, dan rasa kantuk berlebihan pada siang hari.

Artikel Lainnya: Mengapa Saat Menguap Kita Mengeluarkan Air Mata?

10. Lelah Bekerja

Hal ini juga dapat menjadi penyebab kamu menguap terus-menerus. Apalagi jika kamu menguap ketika sedang bekerja di kantor, maka bisa jadi itu tanda bahwa kamu sudah terlalu lama atau keras bekerja.

Itulah beberapa penyebab menguap yang perlu kamu tahu. Apabila kamu merasa sering menguap lebih dari biasanya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Terutama jika disertai oleh gejala lainnya yang mengganggu.

Masih penasaran dengan topik ini? Silakan tanya langsung kepada dokter melalui layanan Tanya Dokter. Baca juga artikel kesehatan yang terbaru hanya di aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

menguap

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter