HomeInfo SehatJantung5 Tanda Gagal Jantung
Jantung

5 Tanda Gagal Jantung

Tim Redaksi KlikDokter, 17 Jul 2014

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Gagal jantung merupakan penyakit yang umum ditemui, dan rata-rata kemunculannya tanpa permisi. Namun kini sudah saatnya Anda perlu tahu.

5 Tanda Gagal Jantung

Klikdokter.com - Gagal jantung merupakan penyakit yang umum ditemui. Gagal jantung merupakan keadaan dimana jantung tidak dapat memompa darah secara cukup.

Hal ini pada akhirnya akan berakibat pada penumpukan darah pada jantung dan kurangnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan berbagai keluhan pada pasien gagal jantung.

Apa saja gejala yang umum ditemui pada pasien gagal jantung?

Klik 'next' untuk selanjutnya.

Tanda #1: Mudah Lelah

Pasien dengan gagal jantung umumnya mengeluh cepat lelah.Pada kasus gagal jantung tahap awal, maka kelelahan yang terjadi masih minimal.

Namun seiring semakin berat keadaan gagal jantung pasien, maka keluhan mudah lelah juga akan semakin berat.

Umumnya pasien mengeluh lelah hanya dengan melakukan aktivitas sehari-hari yang seharusnya tidak melelahkan.

Bahkan pada keadaan  gagal jantung tahap akhir, pasien tidak dapat melakukan aktivitas fisik sehari-hari.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

 

Tanda #2. Sesak Napas

Sesak napas juga merupakan gejala yang umum ditemui pada pasien gagal jantungSeperti yang telah disebutkan diatas bahwa pada pasien dengan gagal jantung terjadi kegagalan dalam memompa darah.

Hal ini akan menyebabkan akumulasi di ruang jantung dan pada akhirnya akan berbalik ke aliran darah paru. Hal inilah yang akan menyebabkan keluhan sesak nafas pada pasien.

Pasien menjadi mudah lelah dan mengeluh sesak, khususnya jika sedang beraktivitas.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

Tanda #3: Lebih Suka Tidur Dalam Posisi Tinggi atau Dengan Dua-Tiga Bantal

Pasien dengan gagal jantung lebih memilih untuk tidur dengan dua-tiga buah bantal kepala.

Jika pasien tidur dengan satu bantal atau telentang, keluhan sesak napas lebih sering timbul.

Pasien gangguan jantung memang akan lebih mudah bernapas jika tidur dengan posisi bantal meninggi menopang tubuh dengan posisi setengah duduk. 

Jika demikian, sudah saatnya untuk melakukan pemeriksaan berkala kondisi jantung Anda ke dokter Anda lebih lanjut secara tertib.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

Tanda #4: Bengkak di Beberapa Bagian Tubuh

Tubuh dengan kondisi gangguan jantung umumnya diikuti oleh keadaan menurunnya kemampuan memompa darah. Bahkan dalam beberapa kasus, pemompaan darah acapkali telah gagal.

Akibat dari kegagalan memompa darah, maka sirkulasi peredaran darah ikut terganggu, selanjutnya yang akan terjadi adalah penumpukan cairan pada berbagai bagian tubuh, misalnya di bagian kaki dan perut.

Kondisi ini akan menyebabkan pasien terlihat mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh.

Jika sudah demikian, maka sudah saatnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jantung atau sekalian Anda dapat melakukan general check-up. 

Klik 'next' untuk selanjutnya.

 

Tanda #5: Lemas

 

Pada pasien gagal jantung, aliran darah ke berbagai bagian tubuh tidak optimal. Hal ini akan menyebabkan berbagai keluhan seperti pasien merasa lemas, dan bagian tubuh seperti tangan terasa dingin.

Jika Anda memiliki keluhan yang dipaparkan diatas, tentu tidak serta merta Anda menderita gagal jantung. Untuk memastikan diagnosis diperlukan pemeriksaan lengkap pada diri Anda. Jika Anda merasa ada kemiripan gejala yang dipaparkan pada artikel ini dengan yang Anda alami, coba konsultasikan diri Anda ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AN) Baca juga:

 

Ditulis oleh:
dr. Alvin Nursalim
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com
Penyakit Jantung: Gejala Gagal Jantung

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter