Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatGigi MulutMakin Percaya Diri! 8 Cara Hilangin Bau Mulut yang Ampuh
Gigi Mulut

Makin Percaya Diri! 8 Cara Hilangin Bau Mulut yang Ampuh

drg. Callista A, 01 Sep 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pernah merasa tidak percaya diri karena aroma bau mulut yang kurang sedap? Yuk, simak cara-cara yang ampuh untuk menghilangkan bau mulut agar tidak kambuh kembali!

Makin Percaya Diri! 8 Cara Hilangin Bau Mulut yang Ampuh

Kamu pernah mengalami masalah bau mulut yang tidak sedap? Bau mulut bisa buat kamu tidak percaya diri dan akhirnya menghambat segala aktivitasmu. 

Bau mulut atau dalam medis disebut dengan halitosis adalah gangguan pada rongga mulut yang disebabkan oleh berbagai hal, dari kondisi medis hingga kebiasaan tertentu.  

Menurut European Journal of Dentistry, sekitar 80-85% penyebabnya adalah area rongga mulut yang tidak bersih dan kurang terjaga dengan baik. Beberapa penyebab umum dari bau mulut seperti gangguan kesehatan pada gigi dan mulut, kurang konsumsi air putih, dan penumpukan bakteri di lidah atau gigi.

Kebiasaan makan juga bisa memengaruhi aroma mulut seseorang, lho. Misalnya saja terlalu sering makan makanan yang mengandung bawang putih, bawang bombay, acar, bumbu rempah, merokok dan minum alkohol. 

Nah, sekitar 10% dari masalah bau mulut, bisa disebabkan adanya gangguan yang terjadi di organ lain, seperti telinga, hidung dan tenggorokan, tonsil, saluran cerna, gangguan metabolik maupun akibat penyakit sistemik.

Tak perlu cemas, kamu sebenarnya bisa menghilangkan bau mulut tak sedap dan mencegahnya kambuh lagi, lho. Yuk, simak beragam tips dan trik mencegah bau mulut muncul.

1. Menjaga Kebersihan Gigi

Untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu, kamu perlu menjaga kebersihan mulut. Dari gigi, lidah, hingga bagian rongga mulut lainnya. 

Kamu sebaiknya menyikat gigi minimal 2 kali sehari selama 2 menit dengan teknik yang benar. Sikatlah gigi dengan gerakan melingkar lembut, dan jangan lupa membersihkan bagian belakang gigi serta gusi.

Supaya lebih bersih, pastikan kamu menggunakan jenis sikat gigi yang sesuai dengan kondisi gigimu, ya!

2. Membersihkan Permukaan Lidah

Lidah dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri penyebab bau mulut. Menurut Australian Dental Journal, membersihkan permukaan lidah dengan pembersih lidah lebih efektif dibanding sikat gigi biasa. Gunakan alat pembersih lidah yang khusus untuk membersihkan lidah secara perlahan, dari belakang ke depan.

3. Periksa ke Dokter Gigi Secara Teratur

Mengunjungi dokter gigi secara teratur sangat penting dalam menjaga kesehatan mulut dan mencegah masalah gigi dan gusi yang dapat menyebabkan bau mulut. Dokter gigi dapat membersihkan sisa plak, melakukan pemeriksaan, dan memberikan perawatan yang diperlukan.

Sebaiknya kamu melakukan pembersihan karang gigi di dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Khusus untuk yang punya kebiasaan merokok, harus lebih sering ke dokter dan scalling gigi, yakni setiap 4 bulan sekali.

Bukan hanya scalling gigi, dengan kamu cek rutin, dokter bisa memperbaiki kondisi gigi dengan menambal gigi yang berlubang atau mencabut sisa akar supaya tidak infeksi. 

4. Berkumur dengan Obat Kumur yang Tepat

Berkumur dengan obat kumur atau mouthwash yang tepat dapat membantu mengurangi bakteri di dalam mulut dan memberikan rasa segar yang tahan lama. 

Nah, kamu harus pilih obat kumur yang sesuai dengan kondisi kamu ya. Lalu, baca juga apa saja kandungannya sebelum membeli obat kumur. Supaya area mulut selalu seha, bersih, dan bebas bau, kamu bisa memilih mouthwash yang mengandung Zinc. 

Kandungan Zinc di dalam obat kumur terbukti efektif dalam mengurangi halitosis karena dapat membunuh bakteri penghasil VSC. VSC adalah Volatile Sulphur Compounds adalah gas yang dihasilkan dari pembusukan sisa makanan. 

Lalu, sebaiknya pilih juga obat kumur yang bebas alkohol sehingga tidak membuat rongga mulut semakin kering dan akhirnya justru bisa memicu bau mulut.

5. Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu faktor utama penyebab bau mulut yang kuat dan tidak sedap. 

Berhenti merokok bukan hanya baik untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga dapat membantu menghilangkan bau mulut. 

Rokok mengandung berbagai zat kimia yang sering “tertinggal” dan menempel di area mulut. Zat-zat kimia tersebut yang memicu bau tak sedap pada mulut. 

Artikel Lainnya: Ketahui 8 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Sampai ke Telinga

6. Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Nah, selain menjaga kebersihan gigi, untuk menghilangkan bau mulut, kamu harus menerapkan pola makan yang sehat.

Perbanyak konsumsi makanan seperti sayuran mentah dan buah, seperti apel, wortel, batang seledri karena dapat membantu menggosok permukaan gigi untuk mencegah penumpukan plak gigi. 

Selain itu sayuran yang mengandung klorofil seperti seledri, kemangi, daun mint juga dapat menetralkan bau napas mulut.

Kamu juga sebaiknya hindari makanan yang beraroma kuat. seperti bawang dan bawang putih

7. Mengonsumsi Probiotik dengan Rutin

Tahukah kamu bahwa kesehatan organ pencernaan memengaruhi aroma napasmu? Gangguan pada pencernaan ternyata dapat meningkatkan risiko bau mulut pada beberapa orang. 

Nah, karena itu agar kamu tidak bau mulut, kamu bisa menjaga saluran pencernaanmu dengan mengonsumsi prebiotik dan probiotik, sehingga merangsang pertumbuhan bakteri baik. Semakin banyak bakteri baik yang tumbuh, semakin baik untuk kesehatan pencernaanmu. 

8. Minum Air yang Cukup

Kurangnya produksi air liur dapat menjadi penyebab bau mulut. Pastikan kamu mengonsumsi cukup air setiap hari agar mencegah munculnya bau mulut. 

Selain itu, minum banyak air putih juga mengurangi risiko makanan tertinggal di area mulut yang dapat menimbulkan plak gigi. 

9. Membersihkan Gigi Palsu 

Bila kamu atau ada anggota keluarga yang menggunakan gigi palsu, sebaiknya bersihkan gigi palsu tersebut setiap malam.

Sikat gigi palsu dengan sabun lembut dan rendam di dalam cairan khusus. Jangan lupa untuk melepas gigi palsu saat tidur, ya, supaya mencegah infeksi jamur di dalam mulut.

Dengan melakukan berbagai cara di atas, kamu bisa menghilangkan bau mulut dan mencegahnya kambuh kembali. Namun jika bau mulut masih muncul segera konsultasikan dengan dokter gigi dan dokter spesialis penyakit dalam. Selamat mencoba!

(NM)

Bau Mulut

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter