HomeIbu Dan anakKesehatan AnakTips agar Anak Tetap Mau Makan Saat Tumbuh Gigi
Kesehatan Anak

Tips agar Anak Tetap Mau Makan Saat Tumbuh Gigi

drg. Wiena Manggala Putri, 17 Okt 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Saat anak sedang tumbuh gigi, biasanya ia jadi menolak makan dan amat rewel. Lalu, apa yang harus dilakukan agar anak tetap mau makan?

Tips agar Anak Tetap Mau Makan Saat Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi merupakan suatu kondisi yang akan dialami oleh setiap anak. Umumnya gigi akan muncul pertama kali sekitar usia enam bulan. Tak jarang, rasa nyeri yang muncul dapat membuat anak tidak mau makan. 

Memberi makan anak saat ia sedang tumbuh gigi terkadang menjadi tantangan tersendiri. Nyeri gusi yang dirasakan si Kecil membuatnya jadi sangat selektif dalam menerima makanan yang diberikan, sekalipun itu makanan kegemarannya. 

Walau terbilang normal, sebagai orang tua penting untuk memutar akal agar anak tetap bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan selama masa pertumbuhan giginya. 

Nah, jika anak sedang tumbuh gigi dan tidak mau makan, berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memudahkan pemberian makan:    

1. Pilih Makanan yang Tepat

Bayi sedang Memegang Wortel

Untuk mengatasi anak susah makan karena tumbuh gigi, cara ini sangat penting untuk diperhatikan. 

Berikanlah makanan camilan seperti biskuit bayi, wortel, atau mentimun yang sudah didinginkan guna meringankan nyeri gusi yang dialami anak. 

Teksturnya yang keras dan suhu yang dingin akan membantu meredakan nyeri gusi dan sebagai pemberian antinyeri secara alami. 

Hindari meninggalkan anak yang sedang makan makanan padatnya sendirian untuk menghindari bahaya tersedak.

Artikel Lainnya: Benarkah Anak Picky Eater Cenderung Kekurangan Nutrisi?

2. Perhatikan Tekstur Makanan

Ketika anak tidak mau makan karena tumbuh gigi, orang tua pun jadi bingung dan khawatir. 

Untuk menyiasatinya, orang tua bisa memberikan makanan yang sudah dihaluskan atau berbentuk pure kepada anak. 

Makanan bayi yang dihaluskan dapat dimasukkan sebelumnya ke lemari es sebelum disajikan. Cara ini membantu meringankan nyeri pada gusi. Yoghurt dingin juga bisa menjadi salah satu pilihan mudah. 

Selain itu, orang tua dapat memberikan bubur daging, sayuran, dan buah yang sudah dihaluskan. Asupan ini merupakan pilihan yang baik, karena si Kecil tidak perlu mengunyah lagi.

3. Berikan Cairan yang Cukup

Pemberian cairan seperti susu dan air putih penting untuk dilakukan saat anak sedang tumbuh gigi dan tidak mau makan. Karena air putih akan membuatnya tetap terhidrasi. 

Berikan secara perlahan atau dalam jumlah yang tidak langsung banyak, agar anak tidak tersedak dan tidak menolaknya. 

Jika anak tetap tidak mau mengonsumsinya, susu atau air dapat ditambahkan ke dalam makanannya.

4. Pijat Gusi Anak

Anak yang susah makan karena tumbuh gigi, dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, gusi yang sakit. 

Untuk menenangkan gusi si Kecil yang sakit, pijatlah gusinya. Gunakan handuk atau kain bersih yang sudah diberi air dingin dan gosok secara perlahan. 

5. Obat-obatan

Cara ini bisa menjadi pilihan agar bayi mau makan saat tumbuh gigi. Apalagi jika si Kecil sama sekali tidak mau makan atau minum dan lebih rewel dari biasanya.

Pemberian obat pereda nyeri oral mungkin dapat membantu menghilangkan rasa nyeri.

Perlu diingat untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikan obat kepada anak, dan selalu baca petunjuk aturan pakai.

Artikel Lainnya: Vitamin dan Mineral Penambah Nafsu Makan Anak

Selain tidak mau makan, beberapa tanda lainnya dari anak yang tumbuh gigi adalah peningkatan air liur, sering menggigit-gigit tangan atau benda, menggosok telinga, ruam pada wajah, anak lebih rewel dari biasanya, hingga peningkatan suhu badan. 

Orang tua tak perlu khawatir sebab kondisi ini hanya sementara saja selama beberapa hari. 

Biasanya beberapa gejala akan muncul lebih sering 4 hari sebelum gigi tersebut muncul, pada hari munculnya gigi, dan 3 hari setelahnya. 

Kendati begitu, pastikan asupan nutrisi anak tetap terjaga untuk menunjang tumbuh kembangnya. 

Yuk, #JagaSehatmu dan keluarga dengan download aplikasi KlikDokter untuk membaca artikel kesehatan terbaru. Jika butuh konsultasi seputar kesehatan anak, bisa lebih mudah via fitur Tanya Dokter

[RS]

AnakTumbuh gigi

Konsultasi Dokter Terkait