HomeIbu Dan anakKesehatan AnakSinyal Wi-Fi Bahayakan Otak Anak?
Kesehatan Anak

Sinyal Wi-Fi Bahayakan Otak Anak?

dr. Karin Wiradarma, 08 Mei 2017

Kini banyak tempat umum telah menyediakan Wi-Fi gratis. Namun benarkah sinyal Wi-Fi dapat membahayakan otak anak?

Sinyal Wi-Fi Bahayakan Otak Anak?

Bagi sebagian besar orang, ketersediaan Wi-Fi gratis di tempat umum memberi berkah tersendiri. Anda dapat terhubung dengan internet tanpa mengeluarkan biaya. Sayangnya, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Microscopy and Ultrastructure, sinyal Wi-Fi dapat membahayakan otak anak.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa otak anak cenderung lebih rentan terhadap bahaya Wi-Fi daripada otak orang dewasa. Hal ini terjadi karena tubuh anak lebih kecil, tulang tengkoraknya lebih tipis, dan jaringan otaknya lebih dapat menyerap gelombang Wi-Fi ketimbang otak orang dewasa.

Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut atas peringatan WHO. Peringatan tersebut berisi tentang sinyal Wi-Fi yang kemungkinan dapat menyebabkan kanker otak.

Namun, ternyata, informasi tentang Wi-Fi yang dapat menyebabkan kanker otak pada anak masih menjadi kontroversi. Informasi tersebut bahkan telah dibantah oleh beberapa penelitian lainnya.

Banyak penelitian menerangkan bahwa sinyal Wi-Fi termasuk ke dalam gelombang elektromagnetik. Dalam jumlah besar, gelombang tersebut dapat menimbulkan kanker otak.

Namun Wi-Fi merupakan gelombang elektromagnetik yang sangat lemah. Bahkan sinyalnya lebih lemah dari sinyal microwave yang dapat menghangatkan makanan.
Karena sangat lemah, penelitian-penelitian tersebut mengungkapkan bahwa tidak ada hubungan antara Wi-Fi dengan kejadian kanker otak pada anak. Meski demikian, masih ada sebagian kecil orang yang terlalu sensitif terhadap gelombang elektromagnetik.

Pada orang-orang tersebut, sinyal Wi-Fi dapat memicu beberapa gejala. Gejala tersebut antara lain sakit kepala, mual, lemas, dan pandangan kabur.
Memang, informasi tentang Wi-Fi yang dapat menyebabkan kanker otak pada anak masih menjadi kontroversi. Namun tak ada salahnya bila Anda tetap mengurangi frekuensi anak berkontak dengan ponsel dan internet.

[BA/ RH]

Artikel Terkait

Lihat Semua
Mitos Seputar Anak Kembar yang Tak Perlu Dipercaya

Mitos Seputar Anak Kembar yang Tak Perlu Dipercaya

Kesehatan Anak17 Agu 2022

Tidak hanya ada satu mitos, tapi ada banyak mitos seputar anak kembar yang sebaiknya tidak kamu percayai. Apa saja itu? Simak ulasan berikut ini.

Manfaat Kangkung untuk Anak yang Sayang Jika Dilewatkan

Manfaat Kangkung untuk Anak yang Sayang Jika Dilewatkan

Kesehatan Anak11 Agu 2022

Kangkung bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang diberikan untuk anak. Simak segudang manfaat kangkung untuk anak, yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Penyebab Cacingan yang Tak Disadari pada Anak

Penyebab Cacingan yang Tak Disadari pada Anak

Kesehatan Anak08 Agu 2022

Cacingan pada anak bisa terjadi karena beberapa sebab. Yuk, kenali berbagai penyebab cacingan pada anak, yang mungkin saja tidak disadari orang tua.

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert