HomeIbu Dan anakKesehatan Anak10 Obat Diare Anak yang Alami dan Ampuh
Kesehatan Anak

10 Obat Diare Anak yang Alami dan Ampuh

dr. Sepriani Timurtini, 19 Sep 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apa saja obat diare anak alami yang mudah ditemukan? Sejumlah bahan alami ternyata memang dapat digunakan sebagai obat diare. Cek di sini!

10 Obat Diare Anak yang Alami dan Ampuh

Diare memang sering dialami anak-anak. Penyebab diare pada anak antara lain sering memasukkan benda ke mulut, jajan sembarangan, tangan kotor, intoleransi laktosa, dan gizi buruk.

Beberapa Bahan Makanan dan Minuman yang Dapat Menjadi Obat Diare Alami untuk Anak

Saat anak diare, orangtua kadang bingung harus memberikan asupan apa karena takut memperburuk pencernaan anak. Tak perlu khawatir, ada beberapa obat diare anak alami sebagai pertolongan pertama untuk mengurangi keluhan. Namun jangan ragu juga untuk segera lakukan konsultasi ke dokter bila diperlukan, ya!

1. Pisang

Rutin Konsumsi Pisang Cegah Serangan Jantung

Pisang mengandung potassium yang dapat menggantikan cairan elektrolit yang terbuang. Lalu, kandungan pectin atau serat soluble-nya dapat membantu menyerap cairan di dalam usus dan menjaga pergerakan usus. 

Inulin di dalam pisang juga merupakan zat prebiotik yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus anak. Berbagai kandungan tersebut menjadikan pisang sebagai obat diare anak yang alami dan bisa jadi pilihan.

Artikel lainnya: Jangan Bingung, Ini Langkah Pertama Mengatasi Anak Diare

2. Daun Jambu Biji

10 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Daun jambu biji juga boleh dipakai sebagai obat herbal untuk diare anak. Tumbuk beberapa lembar daun jambu biji hingga halus, lalu tambahkan air pada daun yang sudah ditumbuk dan saring ampasnya. 

Berikan air daun jambu biji sedikit demi sedikit kepada anak hingga gejalanya membaik. 

3. Yoghurt

Yoghurt Kelapa dan Yoghurt Biasa, Mana yang Lebih Sehat?

Yoghurt bisa menjadi obat bab untuk anak. Bila penyebab diare bukanlah intoleransi laktosa, berikan anak yoghurt. Sebisa mungkin yoghurt yang diberikan adalah yoghurt plain tanpa tambahan pemanis buatan. Karena, pemanis tersebut dapat memperparah diare anak. 

Jika anak tak mau yoghurt karena terlalu asam, berikan sedikit gula pasir.

4. Air Kelapa

Segudang Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh Anda

Saat diare, tubuh anak rentan dehidrasi. Karena itulah ia membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dari biasanya. Selain air putih dan oralit, berikan air kelapa sebagai obat diare anak yang alami.

Air kelapa mengandung potassium empat kali lebih banyak dari pisang. Kalau anak tidak mau makan pisang, air kelapa bisa menjadi solusinya. 

Artikel lainnya: Hal-Hal yang Bikin Anak Mudah Terserang Diare

5. Kentang Tumbuk

Benarkah Kentang Tumbuk Dapat Meningkatkan Energi secara Maksimal? (Sea-Wave/Shutterstock)

Badan WHO dan UNICEF merekomendasikan zinc untuk mengatasi diare pada anak. Pada balita yang kena diare akut, suplemen zinc dapat diberikan selama 10-14 hari.

Untuk bayi di bawah 6 bulan, suplemen zinc diberikan 10 mg per hari dan balita 20 mg per hari. 

Nah, salah satu makanan alami yang kaya akan zinc adalah kentang. Buatkan kentang tumbuk (mashed potato), lalu tambahkan telur atau daging sapi cincang halus untuk menambah asupan zinc

Beri makan anak secara perlahan. Hindari dulu memberikan sayur dan buah saat anak diare.

6. Teh Hangat

Manfaat Teh Herbal untuk Kesehatan yang Harus Anda Coba (Antonova-Ganna/Shutterstock)

Obat diare alami untuk anak lainnya adalah teh hangat. Minuman ini dapat membantu menenangkan saluran pencernaan dan meredakan gejala diare, termasuk pada anak-anak. 

Berikan teh dengan air hangat untuk anak, lalu minum pelan-pelan. 

7. Madu

Ini Khasiat Hebat Madu untuk Mengatasi Sariawan

Selain teh, Mama dan Papa juga dapat memberikan madu sebagai obat alami diare untuk anak. Madu memiliki sifat antiperadangan yang dapat membantu mengurangi gejala diare. 

Madu bisa diberikan langsung ataupun dilarutkan di dalam air hangat. 

8. Air Gula Garam

Nyeri pada Mulut? Kumur Air Garam Saja! (Alexeysun/Shutterstock)

Salah satu cara mengganti elektrolit yang hilang setelah diare adalah memberikan oralit. Berikan oralit kepada anak dengan membuat air gula garam. 

Masukkan 1/2 sendok teh garam dan 2 sendok makan gula ke dalam gelas, lalu tambahkan 1 liter air matang ke dalamnya dan aduk hingga larut. Berikan beberapa sendok makan setiap satu jam sekali kepada anak. 

Artikel lainnya: Anak Diare Disertai Demam, Kapan Harus ke Dokter?

9. Kuah Sup

[Bintang] Sayur Sup Ayam

Kuah sup juga dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang sekaligus mengganti cairan yang hilang setelah diare. Buat sup ayam atau sup sayuran yang bening, kemudian berikan kuah supnya kepada anak. 

10. Air Putih

Bahaya Kebanyakan Minum Air Putih untuk Jantung

Cara yang tak kalah penting adalah memberikan air putih kepada anak. Air putih sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

Itu dia sejumlah obat diare anak alami yang bisa dengan mudah didapatkan dan dibuat sendiri di rumah sebagai pertolongan pertama. Namun, konsumsinya tetap tak boleh sembarangan, ya. 

Selain itu, orangtua tidak disarankan memberikan obat yang sifatnya langsung menghentikan diare itu sendiri.

Bila masih ada pertanyaan seputar cara mengobati diare anak secara alami atau obat alami mencret pada anak, konsultasikan kepada dokter anak lewat layanan Temu Dokter di aplikasi KlikDokter.  

(FR/JKT)

Diare

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter