HomeIbu Dan anakKehamilanKenali Sederet Kesalahan Menggunakan Test Pack
Kehamilan

Kenali Sederet Kesalahan Menggunakan Test Pack

Zahra Aminati, 18 Des 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Meski sering dipilih untuk memastikan kehamilan, tak sedikit yang masih melakukan kesalahan saat menggunakan test pack. Yuk, cari tahu apa saja kesalahan yang dimaksud!

Kenali Sederet Kesalahan Menggunakan Test Pack

Mendeteksi kehamilan sejak dini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang cukup sering dipilih, lantaran praktis dan bisa dilakukan di rumah adalah menggunakan test pack.

Meski demikian, tak sedikit orang yang masih melakukan kesalahan saat menggunakan test pack. Hal ini bisa memengaruhi hasilnya, yang mungkin bisa membuat Anda salah sangka.

Nah, agar Anda tidak mengalami kondisi demikian, lebih baik kenali kesalahan-kesalahan saat menggunakan test pack berikut ini:

1. Menggunakan Test Pack yang Sudah Kedaluwarsa

Kesalahan pertama adalah menggunakan testpack yang sudah kedaluwarsa. Menurut dr. Reza Fahlevi, Sp. A, test pack kedaluwarsa mungkin memiliki kandungan reagen yang sudah tak stabil sehingga tidak mampu mendeteksi kehamilan secara akurat. 

Melansir dari News Medical, reagen merupakan zat atau senyawa yang dapat memunculkan reaksi kimia di dalam test pack

Reagen yang tercampur urine pada test pack berkaitan dengan reaksi kimia yang memunculkan tanda plus dan minus.

Artikel Lainnya: Kehamilan Samar atau Cryptic Pregnancy, Apa Sebabnya?

2. Digunakan Ketika Haid Belum Sepenuhnya Selesai

Sebagian test pack yang dijual di pasaran mengklaim dapat memberikan hasil akurat dalam memprediksi kehamilan meski haid belum selesai. 

Sayangnya, menggunakan test pack sebelum haid benar-benar selesai malah dapat menyebabkan hasil negatif palsu. 

Hal ini terjadi karena tubuh belum memproduksi cukup banyak hormon Human Chorionic Gonadotrophin (hCG) untuk dideteksi oleh test pack

3. Tidak Membaca Instruksi dengan Benar

Menurut Health Central, penting untuk membaca petunjuk yang tertera di label kemasan test pack sebelum Anda menggunakan produk tersebut. Hal ini bertujuan agar test pack bisa memberikan hasil yang lebih akurat.

Jadi, bila Anda menggunakannya begitu saja atau tanpa memperhatikan instruksi yang tertera di kemasan, bisa saja test pack tersebut malah menunjukkan hasil keliru.

4. Tidak Dilakukan di Pagi Hari

Hal terpenting dari penggunaan test pack adalah kondisi urine. Nah, urine dengan kondisi terbaik umumnya didapatkan di pagi hari, setelah Anda tidur sepanjang malam.

Test pack akan mendeteksi hCG, yaitu hormon yang paling banyak dikeluarkan di pagi hari,” ujar dr. Reza. 

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Tes Kehamilan, dari Alami hingga Medis

5. Membaca Hasil Tes Terlalu Cepat

Kunci dalam menggunakan test pack adalah kesabaran. Anda harus menunggu hasilnya keluar sesuai waktu yang ditentukan pada kemasan. 

Jika terlalu cepat, Anda mungkin hanya akan mendapatkan hasil yang tidak akurat. Hal tersebut bisa terjadi karena urine belum tercampur sepenuhnya dengan reagen yang ada di test pack.

6. Urine yang Digunakan Kurang Banyak

Test pack biasanya membutuhkan urine dengan jumlah tertentu. Jika urine yang digunakan tidak sesuai dengan jumlah tersebut, hasilnya pun tidak akan akurat. 

Oleh karena itu, perhatikan instruksi yang tertera di kemasan. Patuhi seluruh syarat yang diminta agar hasilnya benar-benar sesuai.

Setelah tahu fakta tersebut, diharapkan Anda tak lagi melakukan kesalahan menggunakan test pack

Jika memiliki pertanyaan terkait penggunaan test pack atau pemeriksaan kehamilan lainnya, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui Tanya Dokter atau aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

KehamilanProgram Kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter