HomeIbu Dan anakKehamilanBolehkah Ibu Hamil Makan Es Krim?
Kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Es Krim?

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 05 Jul 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Hampir tidak ada orang yang bisa menolak kenikmatan mengonsumsi es krim. Namun, apa boleh ibu hamil makan es krim?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Es Krim?

Kehamilan merupakan momen seorang wanita sering mengalami ngidam terhadap makanan tertentu. Selain itu, bumil bisa makan lebih banyak dari porsi biasanya.

Sayangnya, tidak semua makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil baik untuk kesehatan ibu dan calon bayi, terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan.

Salah satu makanan yang sering difavoritkan saat ngidam adalah es krim. Namun, bolehkah ibu hamil makan es krim?

Efek Makan Es Krim Saat Hamil 

Sebelum mengetahui keamanan es krim untuk ibu hamil, ketahuilah bahwa es krim terbuat dari campuran produk olahan susu (susu, krim), gula, dan telur (tidak selalu). Bahan-bahan tersebut umumnya aman untuk ibu hamil.

Es krim juga biasanya ditambahkan buah atau perasa tertentu. Nah, aman atau tidaknya es krim bagi ibu hamil tergantung pada komposisi serta jumlah yang dikonsumsi.

Jika menggunakan bahan dasar susu dan telur, pastikan produk yang digunakan sudah dipasteurisasi untuk menghilangkan risiko kontaminasi bakteri.

Selain itu, pastikan proses pengolahan es krim tersebut higienis untuk menghindari risiko infeksi.

Artikel Lainnya: Ibu Hamil Makan Steak Sirloin dan Tenderloin, Amankah bagi Janin?

Ibu hamil yang memiliki riwayat alergi makanan juga perlu berhati-hati. Pasalnya, sebagian es krim menggunakan bahan yang sering memicu reaksi alergi, misalnya produk olahan susu, telur, atau tambahan lain seperti kacang dan cokelat.

Jadi, jika ibu hamil ingin makan es krim tetapi memiliki riwayat alergi terhadap bahan makanan tersebut, sebaiknya hindari konsumsinya.

Tak hanya itu, bumil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi es krim secara berlebihan. Pasalnya, makan es krim terlalu sering saat hamil dapat meningkatkan berat badan ibu. Hal ini bisa berujung pada obesitas dan diabetes selama kehamilan

Lebih lanjut, bumil pun berisiko melahirkan bayi dengan berat lahir yang besar (makrosomia). 

Persalinan dengan bayi yang makrosomia dapat mendatangkan berbagai risiko, seperti perdarahan maupun persalinan macet akibat distosia. 

Karena itu, konsumsilah es krim dalam porsi yang wajar untuk mendapatkan manfaatnya. Nah, berikut adalah sejumlah manfaat makan es krim bagi ibu hamil. 

1. Sumber Energi 

Es krim dapat menjadi salah satu sumber energi ibu hamil, terutama saat trimester pertama di mana biasanya ibu mengalami periode mual dan muntah.

Dengan makan es krim, ibu hamil akan tetap berenergi karena makanan ini dapat membantu menjaga asupan energi. 

Artikel Lainnya: Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Durian?

2. Sumber Kalsium 

Karena berbahan dasar susu, es krim juga dapat menjadi sumber kalsium. Kalsium merupakan zat gizi yang penting untuk pembentukan tulang dan gigi janin. 

3. Membantu Kenaikan Berat Badan Ibu dan Janin 

Pada ibu yang memiliki kenaikan berat badan yang rendah saat hamil, makan es krim dapat membantu meningkatkan berat badan ibu serta janin.

Tips Konsumsi Es Krim untuk Ibu Hamil

Makan es krim saat hamil boleh-boleh saja. Namun, agar tetap aman, ibu hamil harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Hindari menambahkan topping tertentu yang mengandung banyak gula, misal, cokelat keping, karena dapat menambah kalori yang masuk.
  • Pastikan es krim yang dikonsumsi higienis dan tidak menggunakan telur mentah dalam proses pembuatannya. Hindari juga es krim berbahan susu yang tidak dipasteurisasi.
  • Pilihlah es krim dari merek yang sudah terjamin dan memiliki reputasi produk yang baik.
  • Pilih alternatif lain sebagai pengganti es krim, seperti yoghurt beku dengan kandungan lemak yang relatif lebih rendah. 

Jadi, ibu hamil boleh-boleh saja makan es krim. Hanya saja, perhatikan komposisi bahan dari es krim tersebut. 

Hindari juga konsumsi es krim secara berlebihan agar terhindar dari obesitas dan diabetes selama kehamilan.

Yuk, #JagaSehatmu dengan memperhatikan pantangan-pantangan selama kehamilan. Bila ingin konsultasi kepada dokter seputar kehamilan, gunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA]

Es KrimNutrisiKehamilan