Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKehamilan10 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan
Kehamilan

10 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Siti Putri, 27 Nov 2023

Ditinjau oleh dr.Anita Amalia Sari

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ingin kembali langsing setelah melahirkan? Mama bisa melakukan tips dan cara ini untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

10 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Kehamilan membawa banyak perubahan pada tubuh wanita, termasuk bentuk tubuh karena bertambahnya berat badan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Tak heran, sebagian besar wanita berharap bisa mengembalikan bentuk tubuh dan menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Disampaikan dr. Anita Amalia Sari, tubuh membutuhkan waktu untuk pemulihan setelah melahirkan. Bila langsung menurunkan berat badan, proses penyembuhan akan berlangsung lama.

“Terlalu cepat menurunkan berat badan dapat memengaruhi produksi air susu ibu. Setidaknya, beri jangka waktu 6 minggu sebelum program penurunan berat badan. Untuk ibu menyusui, disarankan menunggu hingga bayi berusia 2 bulan,” sarannya.

Tertarik melakukan penurunan berat badan? Berikut cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang bisa Mama coba.

1. Tetap Jaga Pola Makan 

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan tanpa mengganggu ASI adalah dengan tetap menjaga pola makan seimbang. Penting untuk diingat, tubuh membutuhkan nutrisi yang baik untuk pemulihan setelah melahirkan.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ibu menyusui membutuhkan lebih banyak kalori dari biasanya. Oleh karenanya, dianjurkan untuk menjaga pola makan dan mengurangi asupan kalori secara perlahan.

Misalnya, seorang wanita yang membutuhkan 2000 kalori per hari, bisa mengurangi asupan kalorinya sebanyak 300 kalori dan membakar 200 kalori ekstra lewat olahraga, sehingga total pengurangan mencapai 500 kalori.

Dengan mengurangi 500 kalori per hari, ini dapat menjadi cara menurunkan berat badan setelah melahirkan normal yang aman.

2. Coba untuk Menyusui

Pada dasarnya, American Academy of Pediatrics, World Health Organization (WHO), hingga CDC menyarankan pemberian ASI untuk bayi. Selain memberikan nutrisi pada si kecil, menyusui juga dapat membantu membakar kalori.

Oleh karenanya, menyusui dapat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan setelah melahirkan caesar atau normal.

Mengutip dari Pregnancy Birth & Baby, beberapa wanita yang menyusui selama beberapa bulan pertama cenderung lebih cepat menurunkan berat badan. Penurunan berat badan paling cepat terjadi pada 3 bulan pertama setelah melahirkan.

3. Lakukan Aktivitas Fisik Ringan

Cara menurunkan berat badan pascapersalinan normal bisa dengan melakukan aktivitas fisik yang ringan.

Mama bisa mencoba untuk berjalan kaki, senam hamil, atau latihan ringan yang bisa membantu meningkatkan metabolisme dan membakar kalori tubuh.

Kendati demikian, pastikan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan aktivitas fisik setelah melahirkan.

4. Coba Olahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur dapat menjadi cara cepat turunkan berat badan setelah melahirkan. Coba tingkatkan intensitas olahraga secara bertahap. Menurut Dokter Anita, olahraga bisa membantu menghilangkan lemak dalam tubuh.

Latihan kardio seperti berlari ringan atau bersepeda dapat membantu membakar lemak. Selain itu, latihan kekuatan juga dapat memperkuat otot-otot tubuh.

Akan tetapi, Mama perlu mendapatkan persetujuan dari dokter terlebih dahulu untuk olahraga setelah melahirkan.

Artikel Lainnya: Sederet Pemeriksaan yang Perlu Dilakukan Pasca Melahirkan

5. Pilih Makanan Berserat

Pilih Makanan Berserat

Menjaga pola makan dan pemilihan jenis makanan merupakan salah satu hal penting dalam menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Mama bisa memilih makanan tinggi serat dan protein untuk membantu tubuh agar tetap kenyang. Coba konsumsi paprika mentah, wortel, irisan buah apel dengan selai kacang, atau sepotong roti panggang gandum dengan telur rebus.

Makanan-makanan tersebut bisa dijadikan sebagai camilan sehat untuk membantu Mama merasa kenyang lebih lama.

6. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup menjadi salah satu cara menurunkan berat badan pascamelahirkan caesar yang aman. Selain mencegah dehidrasi, mencukupi kebutuhan cairan juga dapat memperlancar metabolisme.

Bahkan, minum air putih juga akan memberikan perasaan kenyang, sehingga dapat mengurangi nafsu makan.

Dianjurkan untuk minum setidaknya 12 gelas sehari atau sebanyak 2 liter. Pastikan menyediakan botol air di sekitar agar Mama tidak lupa untuk minum.

Artikel Lainnya: 12 Tanda Bahaya Nifas yang Perlu Mama Waspadai

7. Hindari Minuman dengan Tambahan Gula

Saat menurunkan berat badan, ada baiknya untuk membatasi minuman yang mengandung tambahan gula, seperti soda, jus, atau boba, atau minuman lainnya.

Jenis minuman tersebut mengandung tambahan gula dan kalori yang bisa berdampak pada penurunan berat badan. Ketika mengonsumsi minuman tersebut, tentu ini bisa menghambat penurunan berat badan.

Oleh karenanya, pastikan Mama untuk menghindari minuman tersebut, ya!

8. Tetap Sarapan Pagi

Meski sedang mengikuti program penurunan berat badan, namun Mama tetap disarankan untuk sarapan. Alih-alih menurunkan berat badan, melewatkan sarapan hanya akan mengurangi energi Mama.

Oleh karenanya, jangan pernah lewatkan sarapan di pagi hari untuk mencegah tubuh merasa lelah.

Artikel Lainnya: Perawatan Setelah Melahirkan yang Harus Ibu Lakukan

9. Makan Secara Perlahan

Coba untuk makan secara perlahan. Pastikan juga untuk fokus pada makanan. Hal ini dapat membantu mengetahui bahwa Mama sudah kenyang.

Selain itu, fokus pada makanan juga dapat mencegah Mama untuk makan secara berlebihan.

10. Hindari Makanan Olahan

Tips penting dalam menurunkan berat badan setelah melahirkan adalah menghindari makanan olahan. Pasalnya, jenis makanan ini mengandung banyak gula, lemak tidak sehat, garam, dan kalori. Ini tentu dapat menghalangi upaya Mama dalam menurunkan berat badan.

Usahakan untuk menghindari makanan cepat saji, makanan kemasan, kripik, keju olahan, dan sereal manis.

Coba ganti makanan olahan ini dengan makanan segar, utuh, dan padat nutrisi seperti sayur, buah, dan daging.

Saran dr. Anita, hindari mengikuti diet yang terlalu ekstrem, seperti makan dengan porsi sedikit. Meski bisa membuat kurus dalam waktu cepat, namun metode ini bisa membuat tubuh kembali menjadi gemuk. 

Meski ingin terlihat langsung, kamu harus tetap realistis karena setelah melahirkan, pinggul dan lingkar pinggang akan lebih besar. Oleh karenanya, #JagaSehatmu dengan menurunkan berat badan demi kesehatan tubuh. Yuk, ketahui berat badan ideal dengan menghitungnya lewat kalkulator BMI.

Bila masih bingung dalam mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan, jangan sungkan untuk konsultasi dengan dokter secara online lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

melahirkanKurusSetelahCepat

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter