Perawatan Wanita

Bisakah Merapatkan Miss V dengan Kunyit?

Intan Aprillia, 25 Nov 2023

Ditinjau oleh dr.Atika

Banyak yang bilang kalau kita bisa bisa merapatkan miss V dengan kunyit, tapi apakah cara ini aman untuk dilakukan?

Bisakah Merapatkan Miss V dengan Kunyit?

Kamu pasti sudah familiar dengan kunyit sebagai bumbu masakan, tapi apakah kamu pernah mendengar bahwa kamu bisa merapatkan miss V dengan kunyit? Kunyit dipercaya dapat membuat vagina yang longgar kembali rapat dan kencang.

Penasaran ingin tahu bagaimana cara membuat ramuan kunyit untuk miss V, serta apakah metode ini aman untuk dilakukan? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Fakta Medis Manfaat Kunyit untuk Merapatkan Miss V

Bertambahnya usia dan proses melahirkan merupakan dua penyebab utama vagina terasa jadi lebih kendur.

Menurut penelitian Vaginal Atrophy, wanita akan mulai merasakan perubahan elastisitas vagina saat memasuki usia perimenopause, yakni sekitar usia 40-an. Kondisi ini disebut vaginitis atrofi.

Vaginitis atrofi terjadi karena kadar estrogen di tubuh menurun, sehingga jaringan pada vagina menjadi lebih tipis, kering, berkurangan keasamannya, dan tidak sefleksibel dulu lagi. Namun, perubahan ini tidak terlalu signifikan dan tidak akan serta-merta membuat vaginamu longgar.

Begitu juga pada saat melahirkan, elastisitas vagina pasti akan berubah. Seiring dengan berjalannya waktu, miss V akan kembali merapat dengan sendirinya, meski tidak akan benar-benar kembali seperti semula.

Akibat penyebab vagina longgar tersebut, banyak orang yang berusaha mencari cara alami, salah satunya merapatkan miss V dengan kunyit.

Dilansir dari Clinical Application of Scientific Innovation, kunyit memiliki senyawa antimikroba. Oleh sebab itu, khasiat kunyit untuk kesehatan vagina adalah dapat mencegah infeksi vagina dan mengurangi bakteri jahat di vagina. Kunyit juga bisa membantu meredakan gejala premenstrual syndrome (PMS), seperti kram pada otot.

Jurnal Nutrients menyebutkan sekelompok wanita dengan masalah reproduksi seperti endometriosis, PCOS, dan penyakit ovarium merasa kunyit memberikan efek yang menenangkan, tapi sebagian lagi tidak merasakan efek apa-apa. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas penggunaan kunyit dalam mengatasi masalah reproduksi wanita.

Metode terbaik untuk merapatkan miss V dengan kunyit yakni dengan cara mengonsumsinya. Cara membuat ramuan kunyit untuk dimakan adalah menggunakan bubuk kunyit. Tambahkan bubuk kunyit saat minum susu atau teh, kamu juga dapat mengonsumsi suplemen kunyit.

Bila ingin mengoleskan kunyit pada miss V, disarankan untuk menggunakan krim kunyit yang dijual di apotek. Tidak direkomendasikan membuat sendiri ramuan kunyit untuk merapatkan miss V, lalu membasuhnya ke vagina karena bisa menyebabkan iritasi.

“Olesan rempah pada mukosa vagina dikhawatirkan menimbulkan iritasi, seperti kemerahan, perih, atau gatal pada orang-orang yang sensitif, sehingga hal ini kurang dianjurkan,” jelas dr. Atika.

Sampai saat ini tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa kita bisa merapatkan miss V dengan kunyit. Namun, tidak ada efek berbahaya yang ditimbulkan saat mengonsumsi kunyit.

Artikel lainnya: 20 Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Vagina yang Benar

Cara Alami Mengencangkan Vagina yang Efektif 

Dibanding merapatkan miss V dengan kunyit, ada beberapa cara alami lain yang bisa kamu lakukan untuk mengencangkan vagina, di antaranya:

1. Latihan Kegel 

Kegel dipercaya dapat mengencangkan vagina, dinding panggul, dan meningkatkan kepuasan seksual. Berikut cara melakukan senam kegel:

  1. Posisikan dirimu dengan nyaman, kebanyakan orang memilih untuk berbaring terlentang.
  2. Kencangkan otot-otot dinding panggul. Otot-otot ini merupakan otot yang biasa kamu gunakan untuk menghentikan pengeluaran urine.
  3. Tahan kontraksi selama 5 detik, lepaskan selama 5 detik.
  4. Ulangi tahap tersebut setidaknya 5 kali.
  5. Setelah kamu sudah lebih kuat, kamu bisa menambah durasinya jadi 10 detik.

Hindari mengencangkan paha, abs, dan bokong selama latihan kegel. Fokuslah di dinding panggul saja.

2. Latihan Mengangkat Panggul

Mirip dengan kegel, latihan ini juga ditujukan untuk mengencangkan vagina dan otot panggul. Berikut caranya:

  1. Berdiri sambil menyandar ke dinding, pastikan bahu dan bokong menyentuh dinding. Jangan kencangkan lulut.
  2. Tarik pusar ke arah tulang belakang. Tahan supaya punggung tetap menempel lurus di dinding, jangan membungkuk.
  3. Kencangkan pusar selama 4 detik, lalu lepaskan.
  4. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Dua latihan tersebut bisa kamu coba setiap hari di rumah, keduanya juga relatif aman untuk dilakukan.

Artikel lainnya: Fakta Merapatkan Vagina dari Sudut Pandang Medis

Jangan mencoba merapatkan miss V dengan kunyit tanpa ada pengawasan dan konsultasi sebelumnya pada dokter, ya!

Kalau kamu ingin mengetahui cara aman mengencangkan miss V, kamu bisa konsultasi langsung dengan dokter menggunakan layanan Tanya Dokter dan Temu Dokter di aplikasi KlikDokter. Tidak perlu malu karena dokter akan menjaga privasimu, yuk #JagaSehatmu bersama KlikDokter!

(NM)

Konsultasi Dokter Terkait