HomeGaya hidupPerawatan WanitaMenyingkap Manfaat Bola Kegel untuk Organ Kewanitaan
Perawatan Wanita

Menyingkap Manfaat Bola Kegel untuk Organ Kewanitaan

Tamara Anastasia, 18 Agu 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Meski bentuknya kecil, kegel ball ternyata punya manfaat yang besar untuk kesehatan vagina. Apa saja manfaat bola kegel untuk organ kewanitaan? Simak di sini.

Menyingkap Manfaat Bola Kegel untuk Organ Kewanitaan

Pernahkah Anda mendengar atau melihat langsung bola kegel? Benda ini telah dimanfaatkan selama berabad-abad untuk melatih kekuatan otot dasar vagina dan panggul, lho!

Bola kegel alias kegel ball memiliki ukuran dan bahan dasar yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna. 

Manfaat Bola Kegel untuk Organ Kewanitaan

Dengan penggunaan yang tepat, berikut ini beberapa manfaat bola kegel yang bisa Anda rasakan:

Artikel Lainnya: Berbagai Kegunaan Senam Kegel

  1. Meningkatkan Kualitas Seks 

Bola kegel dapat dijadikan sebagai alat bantu senam untuk mengencangkan otot vagina dan panggul. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas seks. Otot vagina dan panggul yang kencang punya peran besar dalam mencapai orgasme yang lebih optimal.

  1. Menurunkan Risiko Prolaps Panggul (POP)

Prolaps panggul (POP) adalah kondisi yang terjadi saat dinding vagina menonjol atau turun ke dalam liang saluran reproduksi. Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh lemahnya otot dasar panggul.

Guna menurunkan risiko tersebut, salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan senam kegel. Anda bisa menggunakan bantuan bola kegel untuk melakukannya.

  1. Mencegah Turun Peranakan 

Turun peranakan atau prolaps uteri ditandai dengan turunnya rahim hingga menonjol ke luar vagina. Keadaan ini diakibatkan oleh ligamen panggul yang tak bisa menahan rahim pada tempat seharusnya.

Untungnya, kondisi ini bisa dicegah dengan melakukan senam kegel secara rutin dan teratur. Tentu saja, penggunaan bola kegel dengan cara yang benar juga bisa membantu mencapai tujuan yang sama.

  1. Menurunkan Risiko Inkontinensia Urine 

Inkontinensia urine adalah ketidakmampuan tubuh untuk menahan keinginan buang air kecil. Kondisi ini bisa terjadi karena lemahnya otot dasar panggul. 

Sebelum benar-benar terjadi, risiko inkontinensia urine dapat diturunkan dengan melakukan senam kegel secara berkala. 

  1. Sebagai Alat Bantu Seks Mandiri 

Bola kegel juga bisa dijadikan alat bantu seks wanita. Jika Anda tertarik dengan manfaat bola kegel yang satu ini, pastikan untuk menggunakan jenis yang dilengkapi vibrator. 

Tertarik dengan manfaat bola kegel di atas? Pastikan untuk menggunakannya dengan cara yang tepat, sebagai berikut:

  • Cuci tangan dan bola kegel yang hendak digunakan menggunakan sabun serta air mengalir hingga bersih sempurna.
  • Oleskan pelumas sedikit lebih banyak ke area sekitar vagina sebelum memasukkan bola kegel ke dalamnya. Hal ini akan membantu mencegah ketidaknyamanan saat ‘mengarahkan’ bola kegel.
  • Berbaring dengan posisi senyaman mungkin, dan cobalah untuk menggerakkan bola bola kegel secara perlahan tanpa menggunakan tangan
  • Kencangkan otot dasar panggul Anda untuk menahan bola kegel di dalam liang vagina. Jika terasa tidak nyaman, segera keluarkan bola kegel.
  • Cuci bola kegel setelah pemakaian, dan simpan di dalam tempat yang tertutup

Artikel Lainnya: Mengenal Sports Vagina, Penyebab Miss V Tidak Nyaman Usai Olahraga

Perhatikan Ini Sebelum Memanfaatkan Bola Kegel

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, bola kegel memang memiliki banyak fungsi. 

“Ada yang menggunakannya saat berhubungan intim untuk menambah kenikmatan. Tak sedikit pula yang memanfaatkannya sebagai alat bantu latihan penguatan otot dasar pelvis dan sekitar vagina,” kata dr. Astrid.

“Sayangnya, belum ada studi ilmiah yang benar-benar dapat membuktikan manfaat bola kegel untuk kesehatan,” tegasnya.

Karena manfaat bola kegel masih belum dapat dibuktikan sepenuhnya, Anda diminta untuk lebih bijak dalam memanfaatkan benda tersebut. Pasalnya, penggunaan bola kegel yang tidak tepat dapat menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan vagina Anda.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai kegel ball atau hal-hal lain seputar kesehatan, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

senam kegelVagina

Konsultasi Dokter Terkait