HomeGaya hidupPerawatan WanitaKenapa Menstruasi Bikin Gairah Seks Makin Tinggi?
Perawatan Wanita

Kenapa Menstruasi Bikin Gairah Seks Makin Tinggi?

dr. Nadia Octavia, 28 Jun 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Saat menstruasi, gairah seks wanita sering kali makin tinggi. Apa sebabnya?

Kenapa Menstruasi Bikin Gairah Seks Makin Tinggi?

Gairah seks biasanya melonjak tinggi saat menstruasi. Anda mungkin salah satu yang sering mengalaminya, dan ini sangatlah normal.

Faktanya, perubahan-perubahan hormon saat menstruasi memang memengaruhi dorongan seks wanita. Saat Anda mulai menstruasi, tubuh akan menghasilkan progesteron paling sedikit, hormon yang diketahui dapat menurunkan gairah seks.

Sementara itu, saat menstruasi produksi hormon testosteron mulai meningkat. Selama ini testosteron memang dikenal dengan hormon pria. Namun, penting juga untuk wanita dalam mengatur gairah seks.

Inilah kenapa wanita akan mudah terangsang saat menstruasi. Meski begitu, pada beberapa wanita, rasa tidak nyaman dan nyeri saat menstruasi justru dapat mengganggu libido; akibatnya wanita malas untuk berhubungan seks.

Lalu, amankah berhubungan seks saat menstruasi? Berhubungan seks saat menstruasi akan meningkatkan risiko kedua pasangan untuk tertular beberapa penyakit tertentu. Ini disebabkan darah merupakan media yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya kuman penyakit.

Selain itu, berhubungan seks saat menstruasi akan memudahkan kuman untuk masuk ke dalam rahim. Karena saat menstruasi, leher rahim sedang dalam kondisi terbuka sehingga memudahkan terjadinya infeksi saluran reproduksi.

Oleh karena itu, berhubungan seks saat menstruasi tidak disarankan. Jikapun ingin melakukannya, jangan lupa untuk menggunakan kondom.

[RS/ RH]

Gairah SeksBerhubungan SeksMenstruasi

Konsultasi Dokter Terkait