HomeGaya hidupDiet dan NutrisiTingkatkan Performa Harian Anda dengan Minum Kopi
Diet dan Nutrisi

Tingkatkan Performa Harian Anda dengan Minum Kopi

Bobby Agung Prasetyo, 04 Des 2018

Kurang semangat dan fokus? Minum kopi bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan performa harian Anda.

Tingkatkan Performa Harian Anda dengan Minum Kopi

Minum kopi dianggap sebagai kebiasaan yang baik sebelum memulai aktivitas. Secangkir kopi setiap pagi, misalnya, diibaratkan sebagai pembangkit tenaga seseorang agar lebih semangat. Telah banyak juga penelitian yang membeberkan manfaat kopi untuk kesehatan. Namun, apa benar bahwa kopi efektif untuk meningkatkan performa harian?

Dilansir Verywell Mind, kopi telah lama dipercaya dapat meningkatkan performa seseorang dalam hal kewaspadaan, proses informasi, dan tugas-tugas yang menuntut konsentrasi. Tapi bukan berarti Anda dapat bergantung pada kopi semata.

Ketika peneliti membandingkan antara orang yang terbiasa mengonsumsi kafein dalam jumlah rendah (sekitar 100 mg kafein per hari) dan mereka yang rutin minum kopi dalam jumlah banyak (lebih dari 300 mg kafein per hari), peningkatan performa itu terhitung tak banyak.

Strategi yang paling baik untuk mendapatkan manfaat kopi sebagai peningkat performa harian adalah tahu kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi. Selain itu perlu juga menghitung asupan kafein Anda untuk mendapatkan efek stimulannya.

Bagaimana dengan manfaat kopi untuk performa olahraga?

Menurut laporan Verywell Fit, minum kopi memungkinkan seorang atlet untuk tidak cepat lelah saat berlatih. Hal ini karena kopi merangsang tubuh untuk memanfaatkan simpanan lemak sebagai bahan bakar selama berolahraga.

Manfaat lain dari minum kopi untuk performa olahraga, antara lain:

  • Meningkatkan fokus saat berolahraga

Seperti yang kita ketahui, kafein adalah stimulan alami yang baik untuk merangsang sistem saraf pusat. Kafein juga memiliki dampak positif pada area otak yang bertanggung jawab untuk memori dan konsentrasi. Ketika pikiran Anda tajam, hal ini membantu latihan fisik Anda menjadi lebih produktif dan efektif.

Sebuah studi melihat bahwa atlet yang minum kopi menunjukkan peningkatan konsentrasi selama berolahraga. Mereka pun mampu mempertahankan intensitas latihan dengan baik.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Tak hanya itu, kopi juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Itu berarti, kopi mampu menunjang pembakaran lemak yang lebih efektif selama beberapa jam setelah berolahraga.

  • Mengurangi nyeri otot

Kopi telah terbukti mengurangi nyeri otot yang terjadi akibat olahraga. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh University of Illinois, partisipan yang minum kopi berkafein mengalami nyeri otot yang lebih sedikit selama dan sesudah berolahraga.

Penelitian lain menunjukkan minum dua cangkir kopi dapat mengurangi nyeri otot pasca berolahraga hingga hampir 50 persen. Bahkan, kafein secara signifikan lebih efektif dibandingkan dengan plasebo.

Menurut peneliti, mengonsumsi tak lebih dari dua cangkir kopi hitam per hari dapat sangat membantu performa atlet. Pastikan juga Anda minum kopi setidaknya satu jam sebelum berolahraga untuk mendapatkan performa yang maksimal. Apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu seperti hipertensi, mungkin perlu berkonsultasi dulu dengan dokter supaya aman. 

Percaya, kan, dengan khasiat kopi yang begitu ajaib untuk tubuh? Anda dapat mengonsumsinya untuk meningkatkan metabolisme hingga mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Minumlah kopi dalam batas wajar agar manfaatnya untuk performa harian maupun performa olahraga bisa lebih terasa. Manfaat yang Anda dapatkan dapat  lebih optimal jika tidak ditambah terlalu banyak gula.

[RS/ RVS]

Artikel Terkait

Lihat Semua
Makanan Dikerubungi Semut, Masih Boleh Dimakan?

Makanan Dikerubungi Semut, Masih Boleh Dimakan?

Diet dan Nutrisi16 Agu 2022

Tidak sengaja makan makanan yang sudah disemutin, apakah masih aman atau ada dampak buruknya bagi kesehatan?

Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun?

Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun?

Diet dan Nutrisi15 Agu 2022

Jangan sampai salah memilih minyak untuk memasak. Di antara minyak kelapa dan minyak zaitun, mana yang paling baik?

Daging Merah vs Daging Putih, Mana yang Lebih Kaya Gizi?

Daging Merah vs Daging Putih, Mana yang Lebih Kaya Gizi?

Diet dan Nutrisi12 Agu 2022

Mungkin kamu bingung memilih antara daging merah dan daging putih. Keduanya sama-sama memiliki banyak gizi. Namun manakah yang lebih baik untuk dikonsumsi?

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert