Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiTelusuri Manfaat Vitamin B bagi Tubuh
Diet dan Nutrisi

Telusuri Manfaat Vitamin B bagi Tubuh

dr. Valda Garcia, 21 Jul 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Salah satu vitamin yang penting untuk kesehatan adalah vitamin B. Apa saja manfaat vitamin B?

Telusuri Manfaat Vitamin B bagi Tubuh

Vitamin B adalah salah satu jenis zat gizi mikronutrien yang harus dipenuhi kebutuhannya. Memenuhi kebutuhan vitamin B bisa dilakukan dengan mudah, yaitu mengonsumsi makanan bergizi seimbang!

Vitamin B terdiri dari berbagai macam jenis dengan fungsi masing-masing. Apa saja manfaat vitamin B? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Vitamin B1

Vitamin B1 atau tiamin dapat ditemukan pada gandum, ragi, kacang-kacangan, dan daging. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan kamu berisiko terkena penyakit beri-beri

Gejala beri-beri antara lain hilangnya rasa raba pada tangan dan kaki, kesulitan berjalan, kelumpuhan, hingga gagal jantung.

Anjuran rekomendasi harian vitamin B1 adalah 1,1 mg untuk wanita lebih dari 18 tahun, 1,4 mg untuk wanita hamil, 1,5 mg untuk ibu menyusui, dan 1,2 mg untuk pria lebih dari 14 tahun.

Artikel lainnya: Vitamin B, Zat Ajaib bagi Tubuh

2. Vitamin B2

Manfaat vitamin B2 bagi tubuh adalah menjaga kesehatan kulit, saluran cerna, dan sel darah. Tak hanya itu, vitamin B2 atau riboflavin juga berfungsi meningkatkan imunitas tubuh, serta mengatasi jerawat, nyeri otot, dan sindrom terowongan karpal

Vitamin B2 dapat ditemukan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, daging, dan produk olahan susu.

Anjuran asupan vitamin B2 harian adalah 1,3 mg untuk pria dan 1,1 mg untuk wanita. Wanita hamil membutuhkan asupan 1,4 mg per hari dan ibu menyusui 1,6 mg per hari.

3. Vitamin B3

Vitamin B3 atau niasin berfungsi memecah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Vitamin ini dapat ditemukan pada ikan, daging, kacang-kacangan, dan produk olahan susu. 

Jika kekurangan vitamin B3, maka kamu berisiko mengalami pellagra. Gejalanya antara lain diare, peradangan membran mukosa, serta gangguan fisik dan mental.

Anjuran asupan vitamin B3 harian untuk wanita adalah 14 mg, sementara pria sebanyak 16 mg.

4. Vitamin B5

Manfaat vitamin B5 untuk kesehatan adalah memecah karbohidrat dan lemak menjadi energi. Selain itu, vitamin B5 atau asam pantotenat berperan penting dalam pembentukan hormon pertumbuhan. 

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B5 dari gandum, kentang, produk olahan susu, hati, brokoli, kembang kol, dan alpukat.

Anjuran asupan harian vitamin B5 yang direkomendasikan untuk usia 14 tahun ke atas adalah 5 mg.

5. Vitamin B6

Vitamin B6 atau piridoksin berfungsi untuk metabolisme asam amino dan pembentukan sel darah merah. Vitamin ini dapat ditemukan pada buah-buahan, kentang, ikan, ayam, dan hati.

Anjuran asupan vitamin B6 harian adalah 1,3 mg. Jika kamu sedang hamil atau menyusui, maka membutuhkan vitamin B6 lebih banyak yaitu sekitar 2 mg.

Artikel lainnya: Energy Drink Mengandung Vitamin B Kompleks, Ini Manfaatnya!

6. Vitamin B7

Vitamin B7 disebut juga dengan biotin. Manfaat vitamin B jenis ini juga penting untuk kesehatan tubuh, khususnya bagi rambut, kulit, dan kuku. 

Jika mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin B7, maka kamu bisa mengalami rambut rontok, kulit kurang sehat, hingga kuku mudah rapuh. 

7. Vitamin B12

Vitamin B12 atau sianokobalamin berperan menjaga kesehatan sel saraf dan pembentukan sel darah. Vitamin ini dapat diperoleh dari produk olahan susu, ikan, daging, dan hati.

Anjuran asupan vitamin B12 per hari adalah 2,4 mcg. Ibu hamil dan menyusui membutuhkan 2,6-2,8 mcg per hari.  

8. Vitamin B9

Manfaat vitamin B9 bagi tubuh sangat vital untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Selain itu, vitamin B9 atau asam folat juga penting untuk pembentukan otak dan sistem saraf bayi. 

Kamu dapat memperoleh asam folat dari sayuran hijau, asparagus, taoge, jeruk, gandum, dan kacang-kacangan.

Asupan harian asam folat yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 400 mcg, ibu hamil 600 mcg, dan ibu menyusui 500 mcg.

Penting sekali, bukan, manfaat vitamin B untuk kesehatan tubuh kita? Oleh karena itu, konsumsi makanan dengan gizi seimbang sehingga kebutuhan vitamin B dapat terpenuhi dengan baik.

Pola makan sehat tidak sesulit yang dibayangkan, kok. Download aplikasi KlikDokter untuk tahu tipsnya yang mudah dan lengkap. Di sini kamu juga bisa tanya dokter online tepercaya, #JagaSehatmu!

(FR/JKT)

vitamin B

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter