Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiPernah Selang-Seling Minum Vitamin? Ini Dampaknya untuk Tubuh!
Diet dan Nutrisi

Pernah Selang-Seling Minum Vitamin? Ini Dampaknya untuk Tubuh!

Christovel Ramot, 16 Nov 2023

Ditinjau oleh dr. Theresia Yunita

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kamu sering gonta-ganti minum multivitamin? Ternyata, ada dampak tersendiri bagi kamu yang suka selang-seling minum suplemen, lho. Simak faktanya.

Pernah Selang-Seling Minum Vitamin? Ini Dampaknya untuk Tubuh!

Suplemen vitamin adalah produk yang dirancang untuk melengkapi diet sehari-hari sebagai nutrisi tambahan. Keberadaannya bisa menjadi pilihan bagi individu yang mengalami defisiensi (kekurangan) nutrisi atau kesulitan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi melalui makanan saja.

Namun, ada pertanyaan yang sering muncul: apakah selang seling minum suplemen vitamin memiliki dampak yang berbeda bagi tubuh dibandingkan dengan mengonsumsinya secara teratur?

Bersama dr. Theresia Rina Yunita dan tim konten KlikDokter, kita akan bahas secara singkat tentang dampak selang seling minum suplemen vitamin bagi tubuh seseorang.

Mengapa Orang Memilih Suplemen Vitamin?

Sebelum kita membahas tentang selang seling minum suplemen vitamin, mari kita pahami mengapa banyak orang memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin dalam rutinitas mereka. Alasan utama termasuk:

1. Defisiensi Nutrisi

Beberapa individu mungkin mengalami defisiensi nutrisi tertentu, seperti vitamin C, vitamin D, atau zat besi. Suplemen vitamin dapat membantu mengatasi defisiensi ini.

2. Polusi Lingkungan

Paparan polusi lingkungan meningkatkan stress oksidatif dalam tubuh yang dapat mengganggu kesehatan, sehingga diperlukan vitamin untuk menangkal radikal bebas.

3. Diet Khusus

Orang yang mengikuti diet khusus, seperti vegetarian atau vegan, mungkin memiliki kesulitan memenuhi kebutuhan nutrisi tertentu dan memilih untuk mengonsumsi suplemen.

4. Usia dan Kondisi Kesehatan

Pada usia tertentu atau dalam kasus kondisi kesehatan tertentu, tubuh mungkin memerlukan lebih banyak nutrisi tambahan.

Selang Seling Minum Suplemen Vitamin

Hal tersebut merujuk pada praktik mengonsumsi suplemen vitamin dalam pola yang tidak teratur, seperti misalnya, hanya pada beberapa hari dalam seminggu atau bulan tertentu. 

Ini berbeda dari penggunaan harian yang konsisten. Alasan mengapa seseorang memilih untuk selang seling minum suplemen vitamin bisa bermacam-macam, termasuk kemungkinan kelebihan nutrisi dan biaya yang lebih rendah.

Dampak Positif

Selang seling minum suplemen vitamin dapat memiliki beberapa dampak positif pada tubuh, terutama jika dilakukan dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan individu. Berikut adalah beberapa manfaat yang mungkin dialami:

1. Diversifikasi Nutrisi

Dengan mengonsumsi berbagai suplemen vitamin secara bergantian, kamu dapat memastikan bahwa tubuh menerima berbagai nutrisi yang berbeda dari waktu ke waktu.

2. Penyesuaian dengan Kebutuhan Sehari-hari

Dalam beberapa situasi, seperti saat kamu berlibur atau mengalami perubahan dalam pola makan, selang seling minum suplemen vitamin dapat membantu menyesuaikan asupan nutrisi dengan kebutuhan harian.

Dampak Negatif 

Meskipun selang seling minum suplemen vitamin dapat memiliki manfaat, ada juga dampak negatif yang perlu kamu pertimbangkan. Berikut adalah beberapa dampak negatif yang mungkin timbul:

1. Ketidakseimbangan Nutrisi

Selang seling minum suplemen vitamin dapat mengakibatkan ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh. Misalnya, jika kamu hanya mengonsumsi vitamin C pada hari tertentu, tetapi tidak pada hari-hari lainnya, kamu mungkin akan mengalami fluktuasi dalam asupan nutrisi ini.

2. Kehilangan Manfaat Konstan

Beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang, mungkin memberikan manfaat terbaik saat dikonsumsi secara teratur. Mengonsumsinya secara tidak teratur justru dapat mengurangi efektifitasnya.

3. Risiko Kelebihan Nutrisi

Selang seling minum suplemen vitamin juga dapat meningkatkan risiko kelebihan nutrisi. Selain itu bisa jadi suplemen lain yang kamu konsumsi di hari berikutnya ternyata mengandung nutrisi yang sama, sehingga berisiko kelebihan vitamin.

4. Kemungkinan Lupa

Ada kemungkinan kamu bisa lupa mengonsumsi suplemen pada hari-hari tertentu, sehingga tidak konsisten dalam memenuhi kebutuhan nutrisi.

Jadi, selang seling minum suplemen vitamin sebenanrnya tidak sepenuhnya salah. Dapat dipertimbangkan pada kondisi tertentu. Namun memang sebaiknya dikonsumsi secara teratur dan konsisten jika mau mendapatkan manfaat yang optimal.

Konsultasikan dengan dokter mengenai pemilihan vitamin, karena kebutuhan tiap individu berbeda. Dan kamu juga bisa menggunakan layanan Temu Dokter di Aplikasi KlikDokter.

Yuk, tetap #JagaSehatmu

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter