HomeGaya hidupDiet dan NutrisiKaya Nutrisi, Ini Manfaat Asparagus untuk Kesehatan
Diet dan Nutrisi

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Asparagus untuk Kesehatan

dr. Vika Damay, 01 Sep 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Asparagus adalah sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Ini sederet manfaat asparagus yang sebaiknya Anda ketahui.

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Asparagus untuk Kesehatan

Asparagus merupakan sayuran yang cukup terkenal. Umum berwarna hijau, ternyata ada juga asparagus yang berwarna putih dan ungu, lho. Sayuran ini bisa dijadikan berbagai macam masakan, mulai dari sup, salad, tumis, atau bahkan sebagai lauk tersendiri.

Banyak sekali khasiat asparagus yang bisa didapatkan dengan mengonsumsinya. Hal ini tentu tidak lepas dari kandungan dalam asparagus sendiri.

Kandungan asparagus terdiri dari berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh, di antaranya vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, fosfor, dan berbagai antioksidan. Berikut adalah beberapa manfaat asparagus untuk kesehatan.

1. Sumber Antioksidan yang Baik

Antioksidan merupakan zat yang dapat melindungi Anda dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Sama seperti sayur hijau lainnya, asparagus juga kaya antioksidan, termasuk di antaranya vitamin C, vitamin E, glutation serta berbagai flavonoid dan polifenol.

Asparagus ungu juga mengandung pigmen antosianin yang juga berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Mengapa Urine Berbau Aneh Usai Makan Asparagus?

2. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat dalam asparagus cukup tinggi, yaitu 1,8 gram per cangkir asparagus. Jumlah ini sudah memenuhi 7 persen kebutuhan serat harian Anda.

Manfaat asparagus yang kaya akan serat tidak larut air dapat melancarkan gerakan usus. Sementara, serat larut airnya bermanfaat untuk bakteri baik dalam usus.

3. Membantu Menyehatkan Kehamilan

Kekurangan asam folat saat kehamilan bisa menyebabkan gangguan dalam tumbuh kembang janin, salah satunya kelainan tulang belakang. Zat ini sangat penting, terutama dalam masa-masa awal kehamilan.

Asparagus merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Kandungan asam folat dalam asparagus dapat memenuhi sebanyak 22 persen kebutuhan harian ibu hamil. 

Artikel Lainnya: Manfaat Asparagus untuk Kesuksesan Program Hamil

4. Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi kalium dan mengurangi konsumsi garam efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium menurunkan tekanan darah dengan cara membuat otot dinding pembuluh darah rileks dan membuang garam berlebih melalui urine.

Asparagus merupakan sumber kalium yang baik dan bisa memenuhi 6 persen kebutuhan kalium Anda. Oleh sebab itu, konsumsi asparagus bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

5. Berpotensi Menurunkan Berat Badan

Sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan khasiat asparagus untuk menurunkan berat badan. Namun, asparagus berpotensi untuk menurunkan berat badan karena jumlah kalori yang terkandung di dalamnya cukup rendah, yakni sebesar 20 kalori dalam setengah cangkir.

Penelitian menunjukkan mengonsumsi makanan rendah kalori, tinggi serat dan air berhubungan dengan penurunan berat badan.

6. Mencegah Penuaan

Manfaat lain dari asparagus adalah dapat mencegah penuaan. Ini berkat kandungan antioksidan glutation di dalam asparagus.

Antioksidan glutation dipercaya mampu memperlambat proses penuaan dengan melindungi kulit dari matahari dan polusi. Kandungan ini juga meningkatkan kelembapan kulit serta mengurangi kerutan di wajah sehingga kulit tampak lebih halus.

Selain itu, asam folat dan vitamin B12 dalam asparagus mencegah penurunan kognitif seseorang. 

Artikel Lainnya: Manfaat Sayur Kale untuk Kecantikan Kulit

7. Mengurangi Risiko Depresi

Berdasarkan penelitian, folat dapat menurunkan risiko seseorang mengalami depresi. Hal ini dikarenakan folat mencegah penumpukan homosistein dalam tubuh.

Homosistein merupakan salah satu jenis asam amino yang menghambat darah dan nutrisi untuk sampai ke otak, serta mencegah produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin yang meregulasi mood, tidur, dan nafsu makan.

8. Menghalau Osteoporosis

Kandungan fosfor, zat besi, vitamin K, dan kalsium yang ada dalam asparagus sangat bermanfaat bagi tulang. Dalam secangkir asparagus, terkandung hampir 50 persen dari kebutuhan vitamin K harian serta 10 persen kebutuhan harian zat besi, fosfor, dan mineral lainnya.

Tulang yang kuat dan sehat akan memiliki risiko yang lebih rendah terkena osteoporosis. Karenanya, secara tidak langsung asparagus bermanfaat untuk mencegah masalah kesehatan yang satu ini.

Artikel Lainnya: Manfaat Sayur Lalapan, dari Antanan sampai Pohpohan

9. Berpotensi Mencegah Kanker

Kadar radikal bebas yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel yang berujung pada kanker

Asparagus memiliki berbagai antioksidan yang bisa membantu tubuh menyingkirkan zat-zat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, kandungan serat dalam asparagus juga berpotensi mencegah kanker usus berdasarkan penelitian.

10. Bermanfaat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Pada diabetes tipe 2, terdapat gangguan regulasi gula darah akibat penurunan produksi insulin pada sel beta pankreas. 

Sebuah penelitian dari The British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa asparagus dapat memperbaiki pelepasan insulin dan fungsi sel beta pankreas. Dengan begitu, risiko terjadinya diabetes tipe 2 dapat menurun.

11. Mencegah Terbentuknya Batu Saluran Kemih

Manfaat asparagus yang terakhir adalah sebagai diuretik alami. Hal ini dapat membantu membuang garam berlebih dan racun yang ada dalam tubuh melalui ginjal, serta mencegah terbentuknya batu saluran kemih.

Namun demikian, bagi Anda yang memiliki riwayat batu saluran kemih yang berasal dari asam urat, sebaiknya hindari konsumsi asparagus, ya.

Nah, demikian beberapa manfaat asparagus untuk kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya untuk menambahkan asparagus ke dalam menu makanan sehari-hari Anda. Jangan lupa kombinasikan dengan makanan sehat lainnya, ya, supaya nutrisi yang didapatkan lebih optimal.

Artikel menarik lainnya seputar gaya hidup sehat bisa Anda baca di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda dengan dokter melalui fitur Live Chat 24 jam.

[WA]

asparagus

Konsultasi Dokter Terkait