Kehamilan

Segudang Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 26 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kacang mete adalah salah satu kudapan yang punya banyak khasiat, khususnya untuk ibu hamil. Apa saja manfaat konsumsi kacang mete pada masa kehamilan?

Segudang Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil

Tak hanya enak dan gurih dijadikan camilan, kacang mete yang bentuknya unik ini juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kehamilan. 

Bila Anda menghindari konsumsi beberapa jenis makanan selama kehamilan, kacang-kacangan bergizi, seperti mete, justru dapat dikonsumsi dengan aman tanpa khawatir berlebihan mengenai efek sampingnya. 

Untuk perkembangan bayi yang sehat, ibu hamil perlu meningkatkan asupan kalsium, vitamin, seng, protein, karbohidrat, serat, dan zat besi. Nah, kacang mete dapat memberikan semua nutrisi penting ini bila dikonsumsi dalam porsi yang wajar.

Berikut adalah sejumlah manfaat konsumsi kacang mete untuk ibu hamil

1. Sebagai Sumber Protein dan Lemak Baik

Kacang mete merupakan sumber asam lemak omega-3 dan omega-6 yang baik untuk ibu hamil. 

Asam lemak ini dapat menjaga kesehatan pembuluh darah ibu dan janin, serta mengoptimalkan perkembangan otak janin selama di dalam kandungan.

Selain itu, segenggam kacang mete memberikan protein yang sangat dibutuhkan ibu hamil dan janin untuk membangun sel-sel baru, serta mengganti sel-sel lama yang rusak. 

Omega-3 dan omega-6 pada kacang mete akan terjaga dengan baik bila diolah dengan benar, misalnya dipanggang. Hindari menggoreng kacang karena kandungan baiknya akan terganti dengan komposisi lemak jahat dari minyak. 

Dengan pengolahan yang tepat, manfaat kacang mete bagi ibu hamil pun akan didapatkan dengan optimal. 

Artikel lainnya: Bun, Ini Manfaat Makan Kacang Tanah Saat Hamil

2. Mengandung Zat Besi

Saat hamil, ibu sangat berisiko terkena anemia akibat kekurangan zat besi. Sebab, seluruh cadangan zat besi di dalam tubuh ibu habis digunakan untuk membentuk hemoglobin.

Hemoglobin berperan dalam mengedarkan oksigen ke sel-sel tubuh ibu dan janin.

Jika tidak diimbangi dengan konsumsi zat besi yang cukup, asupan oksigen ke janin akan terganggu. Kacang mete termasuk salah satu makanan yang dapat menjawab kebutuhan zat besi ibu hamil.

3. Kaya Antioksidan

Kacang mete kaya akan antioksidan sehingga bisa membantu menangkal radikal bebas. Perlu diketahui bahwa radikal bebas ini tidak hanya berbahaya bagi kesehatan ibu, tetapi juga dapat mengancam tumbuh kembang janin. 

Beberapa kondisi yang bisa dipicu oleh adanya radikal bebas adalah preeklampsia dan eklampsia. Ini merupakan kondisi di mana tekanan darah tinggi pada ibu hamil dapat menyebabkan kejang hingga mengancam nyawa. 

4. Menurunkan Risiko Alergi pada Bayi

Penelitian menyebutkan bahwa konsumsi kacang, susu, dan gandum saat hamil bisa menurunkan risiko alergi dan asma pada janin. Salah satu jenis kacang yang dimaksud, yaitu kacang mete.

Walaupun manfaat yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut, tak ada salahnya bagi ibu hamil untuk mengonsumsi kacang mete, terutama bila orang tua memiliki kondisi alergi. 

Artikel lainnya: Pilihan Kacang yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

5. Menyimpan Kandungan Magnesium

Ternyata, konsumsi kacang mete bagus untuk kesehatan tulang ibu hamil. Itu karena kacang ini memiliki kandungan magnesium di dalamnya. 

Magnesium juga menghindarkan ibu hamil dari kejang otot, tekanan darah tinggi, kelelahan, dan migrain.

6. Sumber Vitamin K yang Baik

Satu ons kacang mete mengandung 9,8 mcg (mikrogram) vitamin K. Ibu hamil membutuhkan 90 mcg vitamin penting ini setiap hari.

Hal ini untuk memastikan bahwa ibu tidak mengalami pendarahan berlebihan pada kehamilan atau ketika proses melahirkan nanti.

Artikel lainnya: Konsumsi Kacang Hijau Saat Hamil Bikin Rambut Bayi Lebat?

7. Mencukupi Kebutuhan Tembaga

Kacang mete bermanfaat untuk ibu hamil, karena dapat membantu mencukupi kebutuhan tembaga dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa perkembangan sel darah pada janin juga bisa dipercepat bila kacang mete (sumber tembaga yang baik) dikonsumsi cukup selama kehamilan.

Satu ons kacang mete mengandung 0,6 mg tembaga, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan ibu hamil yang perlu 1 gram tembaga setiap harinya. 

8. Kaya Serat

Kandungan serat yang tinggi dalam kacang mete dapat membantu melawan sembelit atau diare

Serat juga dipercaya dapat melancarkan pencernaan, sehingga akan mengurangi risiko ambeien pada ibu hamil akibat terlalu banyak mengejan ketika buang air besar.

Itulah sejumlah manfaat kacang mete untuk ibu hamil. Meskipun banyak khasiatnya, ibu hamil tetap perlu memperhatikan jumlah kacang mete yang dikonsumsi setiap harinya. 

Pasalnya, bila berlebihan dan mengonsumsi kacang mete yang digoreng atau terlalu asin, akan menimbulkan risiko kesehatan lain seperti kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi. 

Ada baiknya pula untuk berkonsultasi dengan dokter untuk pengaturan pola makan ibu selama kehamilan.

Baca artikel lainnya mengenai kehamilan hanya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Tanya Dokter.

[RS]

Kacang MeteKehamilan

Konsultasi Dokter Terkait