Sukses

Aturan Makan untuk Pasien Kemoterapi

Agar prosesnya berjalan lancar, pasien kemoterapi harus mematuhi aturan makan yang sudah ditetapkan. Berikut selengkapnya.

Klikdokter.com, Jakarta Kemoterapi adalah jenis pengobatan yang bertujuan untuk mematikan sel ganas pada penderita kanker. Meski efektif, terapi ini memiliki banyak aturan yang harus dipatuhi. Salah satunya adalah aturan makan sehari-hari.

Berikut aturan makan yang baik dan benar untuk pasien kemoterapi:

  1. Dilarang mengonsumsi makanan yang tidak dicuci

    Bagi pasien kemoterapi, mencuci makanan sebelum dikonsumsi adalah tindakan yang sangat penting. Pasalnya, mereka –yang menjalani program kemoterapi– lebih rentan terhadap infeksi kuman.

  2. Hindari makanan yang belum matang sempurna

    Makanan yang belum matang sempurna berpotensi besar mengandung kuman atau parasit penyebab penyakit. Maka dari itu, proses memasak yang benar sangat diperlukan untuk menjamin keamanan makanan pasien kemoterapi.

  3. Jangan lupakan makanan tinggi protein

    Pasien kemoterapi memerlukan energi yang lebih besar dibandingkan orang yang sehat. Karenanya, mereka membutuhkan asupan tinggi protein –seperti daging, ikan dan telur.

  4. Air putih dan makanan berserat tinggi itu penting

    Pasien kemoterapi biasanya akan mengalami kesulitan buang air besar. Karena itu, mereka membutuhkan air putih dan makanan berserat tinggi –seperti sayur dan buah. Ingat, jangan lupa untuk mencuci sayur atau buah favorit Anda sebelum dikonsumsi, ya.

  5. Makanan kaya rasa

    Pasien kemoterapi biasanya memiliki selera makan yang menurun drastis. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan menu makanan yang bervariasi, dengan rasa yang berbeda-beda. Selain meningkatkan selera makan, menu yang seperti ini juga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

Dengan aturan di atas, diharapkan kebutuhan gizi harian pasien kemoterapi dapat terus terpenuhi. Dengan begitu, program kemoterapi dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar