Sukses

Manfaat Kesehatan dari Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah salah satu bentuk aktivitas fisik yang tidak mungkin tidak kita lakukan setiap hari, entah itu saat kita bangun pagi dan berjalan kaki ke kamar mandi atau berjalan kaki saat menyeberang jalan. Lalu mengapa memilih untuk berjalan kaki?

Oleh: dr. Sophia B. Hage

KLIKDOKTER.COM - Berjalan kaki adalah salah satu bentuk aktivitas fisik yang tidak mungkin tidak kita lakukan setiap hari, entah itu saat kita bangun pagi dan berjalan kaki ke kamar mandi atau berjalan kaki saat menyeberang jalan. Berjalan kaki sebenarnya dapat menjadi salah satu pilihan bentuk olahraga intensitas rendah hingga sedang yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

American College of Sports Medicine menyebutkan bahwa untuk mencapai gaya hidup yang aktif, maka setiap minggu kita harus melakukan olahraga aerobik intensitas sedang paling sedikit sebanyak 150 menit. Hal ini dapat kita capai dari hal yang paling sederhana dan paling mudah yaitu berjalan kaki setiap hari selama minimal 30 menit. Berdasarkan hal ini, beberapa ahli akhirnya menganjurkan kita berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari.

Lalu mengapa memilih untuk berjalan kaki?

 

  1. Apabila Anda termasuk orang yang belum pernah melakukan olahraga, maka berjalan kaki adalah bentuk olahraga paling mudah dan paling aman yang dapat Anda lakukan. Seperti disebutkan di atas, secara umum berjalan kaki merupakan olahraga intensitas rendah hingga sedang. Oleh karena itu, berjalan kaki dapat dilakukan oleh hampir semua orang dengan risiko kesehatan rendah hingga berat. Untuk lebih dalam mengetahui tentang status kesehatan Anda, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum berolahraga.

  2. Berjalan kaki tidak membutuhkan biaya mahal, Anda bahkan dapat melakukannya tanpa biaya. Contohnya Anda dapat memulai dengan berjalan kaki di daerah rumah Anda.

  3. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga berjalan kaki ini termasuk jenis olahraga yang memiliki angka dropout yang paling kecil. Jumlah orang yang berhenti melakukan olahraga ini sesudah memulainya jauh lebih sedikit daripada jenis olahraga lain.

Meskipun berjalan kaki terlihat sederhana dan seringkali kita sepelekan, akan tetapi manfaat dari aktivitas fisik ini justru tidak dapat disepelekan sama sekali. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari berjalan kaki adalah:

  1. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setiap kali kita berjalan kaki selam 1 jam, usia harapan hidup kita bertambah 2 jam.

  2. Berjalan kaki hanya sebanyak 30 menit setiap hari sudah memberikan manfaat kesehatan.

  3. Berjalan kaki merupakan bentuk olahraga aerobik sehingga bermanfaat meningkatkan kebugaran khususnya ketahanan jantung paru.

Selain memulai berjalan kaki sebagai bentuk olahraga, cobalah juga untuk mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan melakukan kegiatan yang inaktif atau tidak aktif. Kurangi waktu Anda duduk di depan layar atau hindari tidur-tiduran sambil menonton televisi. Beri jeda setiap 2-3 jam saat Anda duduk dan cobalah berdiri dan melakukan peregangan sederhana atau berjalan kaki ke kamar mandi.  Tentunya, berjalan kaki bukan satu-satunya pilihan berolahraga bagi Anda. Apabila Anda lebih menyukai bentuk olahraga lainnya, jangan segan-segan untuk segera memulainya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](SH)

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar