HomeIbu Dan anakKehamilan7 Gangguan Gigi & Mulut pada Ibu Hamil
Kehamilan

7 Gangguan Gigi & Mulut pada Ibu Hamil

Tim Redaksi KlikDokter, 05 Mar 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kehamilan merupakan suatu kedaan yang melibatkan berbagai macam perubahan pada tubuh wanita, hal ini juga terjadi didalam rongga mulut

7 Gangguan Gigi & Mulut pada Ibu Hamil

Klikdokter.com - Kehamilan merupakan suatu kedaan yang melibatkan berbagai macam perubahan pada tubuh wanita, hal ini juga terjadi didalam rongga mulut. perubahan hormon pada ibu hamil diikuti oleh perubahan dan kelainan yang terjadi disekitar rongga mulut, keadaan tersebut antara lain:

  1. Radang GusiKelainan yang paling banyak ditemukan pada ibu hamil dalam rongga mulut menyangkut kehamilan adalah keradangan gusi. Ciri-cirinya adalah gusi berwarna Fiery red, bengkak dengan permukaan lembut serta mengkilap. Gusi yang meradang ini juga mudah berdarah.
  2. Gigi GoyangKondisi mudah goyangnya gigi pada ibu hamil merupakan kondisi lanjutan akibat dari keadaan radang gusi.
  3. Mulut Kering (xerostomia)Salah satu keluhan yang dialami oleh ibu hamil adalah mulut yang terasa kering, dan hal ini dapat di kaitkan juga dengan perubahan hormon yang terjadi. Hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi hal ini adalah dengan perbanyak konsumsi air terutama air putih dan mengunyah permen karet guna merangsang keluarnya air liur.
  4. Sialorrhea atau PtyalismProduksi air liur yang berlebihan ini jarang ditemui pada wanita hamil dan biasanya dimulai pada minggu kedua atau ketiga lalu mereda pada akhir trimester pertama. Keadaan ini bukan merupakan sesuatu yang serius.
  5. Kelainan jaringan pendukung gigiKondisi ini juga kebanyakan terjadi karena kondisi lanjutan dari radang gusi yang dialami. 
  6. Tumor kehamilan
  7. Tumor disini bukan berarti kanker dan ini merupakan suatu reaksi yang berlebihan terhadap infeksi lokal seperti plak dan sisa makanan. Lokasi munculnya tumor ini adalah pada gusi yang terletak diantara gigi dan pada gusi yang sering terkena iritasi lokal. Biasanya tumor kehamilan ini muncul pada trimester kedua dan biasanya akan hilang setelah melahirkan.
  8. Erosi pada gigiIbu hamil sering mengalami muntah terutama pada pagi hari, dimana asam yang terkandung dalam muntahan ini dapat merusak lapisan terluar dari gigi (email). Kerusakan atau erosi gigi ini dapat dicegah dengan cara berkumur setelah muntah agar dapat menetralisir.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter.

(AM/DA

Info Kebidanan & KandunganHamil Sakit Gigi

Konsultasi Dokter Terkait