Sukses

4 Ide Bermain yang Seru Bersama si Kecil di Rumah

Bermain merupakan salah satu bagian dari kehidupan anak yang tidak dapat dipisahkan. Berikut ini adalah ide permainan yang bisa Bunda coba dengan si Kecil di rumah.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu hak anak adalah bermain. Sembari bermain, Bunda sekaligus bisa mengasah kecerdasan majemuk si Kecil. Beberapa tipe kecerdasan tersebut adalah  kecerdasan bahasa, kecerdasan logika matematika, kecerdasan gambar dan ruang, kecerdasan gerak tubuh, kecerdasan musikal, kecerdasan sosial, kecerdasan memahami diri, kecerdasan naturalis, serta kecerdasan moral.

Berbagai tipe kecerdasan tersebut bisa diasah melalui permainan. Tentunya, Bunda membutuhkan berbagai ide yang tentunya harus seru agar si Kecil tak mudah bosan. Bunda bisa mencari inspirasi permainan di morinagamiplayplan.com.

Selain membuat hati senang, ternyata bermain juga memiliki segudang manfaat bagi si Kecil, lho!

Manfaat bermain bagi tumbuh kembang anak

Berikut ini beberapa manfaat saat bermain, sehingga membuat aktivitas bermain menjadi penting dan diperlukan dalam mendukung tumbuh kembang anak:

  • Merangsang panca indra si Kecil

Misalnya, mainan yang memiliki suara untuk merangsang indra pendengaran, mainan yang bewarna–warni untuk merangsang indra penglihatan, serta mainan dengan tekstur kasar dan halus untuk merangsang indra peraba.

  • Meningkatkan kecerdasan berbahasa

Permainan dapat meningkatkan kecerdasan Bahasa. Karena saat bermain, anak akan mendengar teman bermainnya berbicara mengenai apa yang sedang dimainkannya.

  • Mengasah kemampuan motorik si Kecil

Saat bermain, banyak sekali permainan yang dapat merangsang dan mengasah kemampuan motorik kasar dan halus Si Kecil.

  • Mengasah kreativitas dan imajinasi si Kecil

Salah satu manfaat yang pasti telah Anda ketahui adalah anak lebih bebas berkreasi sesuai dengan imajinasi yang ada di dalam pikiran anak.

  • Anak bisa belajar bersosialisasi

Saat bermain di lingkungan luar rumah, anak akan bertemu dengan anak yang lainnya. Di sini kemampuan sosialisasi anak akan terasah saat bermain.

  • Mengasah rasa percaya diri anak

Saat bermain, anak bebas berekspresi dan memutuskan bermain dengan apa yang mereka inginkan. Hal ini mampu meningkatkan rasa percaya diri anak.

  • Mengasah kemampuan berpikir si Kecil

Saat bermain biasanya akan muncul masalah yang perlu dicari jalan keluarnya. Kondisi ini akan mengasah kemampuan berpikir anak sehingga anak mampu menganalisis persoalan yang mereka hadapi saat bermain.

1 dari 2 halaman

Ide permainan  seru di rumah

Begitu banyaknya manfaat bermain bagi anak dapat Anda fasilitasi saat anak bermain di rumah sekaligus mampu mempererat ikatan (bonding) antara Bunda dan si Kecil.

Jika Bunda mulai kehabisan akal, berikut ide permainan seru lainnya yang bisa Bunda lakukan bersama si Kecil di rumah:

Untuk usia anak 1–3 tahun

  • Bermain mengelompokkan warna

Permainan ini mampu meningkatkan kemampuan visual anak lewat pengenalan berbagai variasi warna dan bentuk. Bunda perlu menyiapkan bahan seperti kertas origami dengan warna yang bervariasi, lalu art foam warna-warni dan wadah seperti gelas plastik yang transparan.

Cara membuatnya: gunting art foam, lalu tempelkan di dasar wadah dengan masing–masing warna yang ada. Potong kertas origami dengan ukuran sesuai ukuran wadah yang ada.

Setelah semua alat permainan siap, Bunda dapat mengajak si Kecil untuk mengelompokkan warna sesuai dengan wadahnya dan menanyakan kepada anak masing–masing warna tersebut.

  • Bermain membuat pelangi dari busa krim

Permainan ini dapat menstimulasi kecerdasan kinestetik anak sekaligus mengasah kreativitas dan kemampuan visual serta imajinasi anak. Alat dan bahan yang diperlukan adalah busa untuk mencukur (shaving foam), pewarna makanan, alas bermain dan kertas HVS.

Cara membuatnya: semprotkan shaving foam ke alas bermain, lalu beri sedikit pewarna di atasnya dan campur dengan menggunakan tangan. Ajak anak mengenal tekstur busa dengan memegangnya, lalu tanyakan apa yang dirasa saat menyentuh busa tersebut. Setelah itu, Bunda juga dapat membimbing si Kecil untuk membuat pelangi dari berbagai warna dasar dan warna yang sudah dicampur.

Setelah selesai, letakkan selembar kertas HVS di atas gambar pelangi tersebut dan tunggu hasilnya setelah kering.

Untuk usia 4–6 tahun

  • Mencampurkan warna

Permainan ini dapat melatih kemampuan visual anak dalam membedakan warna dan mengenalkan percampuran warna yang dihasilkan dari warna dasar. Bunda perlu menyiapkan alat dan bahan seperti pipet, pewarna makanan dengan warna dasar (merah, biru dan kuning), wadah kecil serta air.

Cara membuatnya: siapkan wadah yang sudah berisi air yang masing–masing dicampur dengan beberapa tetes pewarna makanan. Ajak si Kecil untuk mengambil air berwarna dari wadah dengan pipet, lalu masukkan ke wadah yang kosong. Misalnya, mencampur warna biru dan kuning yang hasilnya akan menjadi warna hijau.

  • Membuat Gunung Merapi tiruan

Permainan untuk mengasah kecerdasan naturalis ini dilakukan agar anak memahami konsep aktivitas gunung berapi, mulai dari saat gunung mengeluarkan asap putih dari uap air dan abu, batu yang berjatuhan, serta lahar panas yang mengalir keluar.

Bunda dapat mengajak si Kecil mengamati proses erupsi gunung berapi melalui percobaan sederhana ini.

Sembari bermain bersama si Kecil, Bunda juga perlu memberikan asupan nutrisi lewat susu pertumbuhan. Salah satu susu pertumbuhan yang bisa Bunda berikan adalah Morinaga Chil Kid Platinum Moricare+ Prodiges. Berbagai kandungan di dalamnya mampu mendukung tumbuh kembang optimal si Kecil.

Jadi jangan larang anak untuk bermain, ya. Karena bermain merupakan hak setiap anak dan Anda dapat memfasilitasi serta menstimulasi kecerdasan majemuk si Kecil saat bermain. Yuk, ajak si Kecil bermain lebih sering lagi agar pertumbuhannya optimal.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar