Sukses

Diet Ini Bisa Bikin Langsing dan Jantung Sehat

Metode diet yang tepat dan dilakukan secara berkelanjutan bisa bikin jantung sehat, juga berat badan berkurang.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar orang menginginkan bentuk tubuh yang langsing dan enak dipandang. Namun, apa jadinya bila hal tersebut tidak diiringi dengan kondisi jantung yang sehat? Tentu sia-sia belaka, bukan?

Lantas, harus bagaimana? Apa yang mesti dilakukan agar bisa memiliki tubuh langsing dan jantung yang sehat secara bersamaan? Jawabannya adalah diet DASH!

Apa itu diet DASH?

DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension adalah salah satu jenis diet yang terbukti ampuh menurunkan berat badan, juga membuat jantung lebih sehat. Diet jenis ini seringkali diterapkan pada penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, yang merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung.

Pada diet DASH, rekomendasi yang diberikan berdasarkan dari kebutuhan diet 2.000 kalori. Namun, Anda bisa saja membutuhkan kalori lebih atau kurang dari itu, tergantung dari aktivitas fisik yang dijalani.

Pada prinsipnya, DASH mewajibkan pelakunya untuk mengonsumsi:

  • Lebih banyak sayuran, misalnya bayam, kale, brokoli, kol, dan wortel,
  • Buah-buahan seperti apel, pisang, jeruk, pir, prune, dan anggur dalam bentuk utuh (tidak diolah).
  • Produk susu, seperti keju atau yoghurt rendah lemak.
  • Ikan dan daging unggas tanpa lemak
  • Makanan jenis biji-bijian utuh dan gandum, khususnya yang mengandung plant stanol ester.

Sebagai gantinya, pelaku diet DASH wajib menghindari konsumsi asupan berikut ini:

  1. Garam

Dewasa dan anak-anak di atas usia 14 tahun direkomendasikan untuk mengonsumsi garam kurang dari 2.300 mg per hari. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, jumlah garam yang dikonsumsi harus lebih dibatasi lagi.

Baca label kemasan sebelum memutuskan untuk membeli produk makanan. Batasi pula konsumsi makanan instan yang banyak mengandung garam.

  1. Lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh dan lemak trans merupakan senyawa jahat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan terbentuknya plak aterosklerosis yang menyumbat pembuluh darah.

American heart association merekomendasikan, konsumsi lemak jenuh tidak lebih dari 5-6 persen total kalori harian atau sekiranya 11-13 gram per hari. Makanan yang mengandung lemak seperti daging merah berlemak dan jeroan sebaiknya dibatasi.

  1. Gula

Anda wajib membatasi asupan kalori yang berasal dari gula. Perlu Anda ketahui, gula tambahan tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, melainkan hanya menambah kadar kalori.

Beberapa contoh gula tambahan adalah brown sugar, sirup jagung, dekstrosa, fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Minuman bersoda, minuman berperisa, minuman energi, dan alkohol juga termasuk di dalamnya.

  1. Alkohol

Hentikan konsumsi alkohol. Jika tidak bisa berhenti sepenuhnya, batasi konsumsinya agar tidak berlebihan.

Pria disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman alkohol lebih dari 2 drink per hari. Sedangkan wanita tidak lebih dari 1 drink per hari.

1 drink setara dengan:

  • 12 ons bir reguler (alkohol 5%)
  • 5 ons wine (alkohol 12%)
  • 11/2 ons liquor (alkohol 40%)

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, diet DASH sangat perlu dikombinasikan dengan olahraga paling tidak selama 30 menit setiap hari. Di samping itu, pastikan pula Anda melakukan diet DASH secara berkelanjutan agar khasiatnya dalam membuat tubuh langsing dan jantung sehat bisa bertahan seumur hidup!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar