Sukses

Susu Hamil dan Suplemen, Bolehkah Dikonsumsi Bersamaan?

Susu hamil dan suplemen sama-sama bermanfaat untuk ibu hamil. Untuk cara konsumsi, berikut penjelasannya.

Nutrisi untuk ibu hamil perlu diperhatikan dengan sangat baik. Karena, hal ini memengaruhi kesehatan ibu dan janin. Untuk memenuhi nutrisi, susu hamil dan suplemen bisa dipertimbangkan.

Sebenarnya, makanan merupakan kunci utama pemenuhan nutrisi ibu hamil. Akan tetapi, tidak ada yang bisa menjamin makanan sepenuhnya mampu memenuhi nilai nutrisi harian bumil.

Oleh karena itu, biasanya dokter akan menyarankan ibu hamil untuk minum susu hamil dan suplemen. Dua-duanya bagus untuk kehamilan, tapi apa boleh dikonsumsi berbarengan?

Suplemen Kehamilan

Suplemen untuk ibu hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan selama kehamilan. Akan tetapi, konsumsi suplemen untuk bumil tidak bisa dipukul rata.

Beberapa ibu yang sedang hamil biasanya membutuhkan suplemen dengan berbagai alasan.

Misalnya, karena kekurangan vitamin dan mineral, hiperemesis gravidarum, vegetarian, kehamilan kembar, dan sebagainya.

Suplemen yang sering disarankan untuk ibu hamil adalah yang mengandung asam folat.

Kandungan ini bermanfaat untuk menurunkan risiko preeklamsia. Namun, sebenarnya banyak kandungan suplemen lainnya yang juga dibutuhkan bumil.

Suplemen kehamilan biasanya diminum untuk mencegah kesenjangan nutrisi dengan menyediakan ekstra mikronutrien selama kehamilan. Ibu hamil dapat mengonsumsinya sebelum konsepsi serta selama kehamilan dan menyusui.

Artikel Lainnya: Susu Hamil vs Suplemen, Mana Lebih Baik untuk Kehamilan?

1 dari 3 halaman

Peran Susu Hamil

Bagaimana dengan susu hamil? Asupan ini pun penting untuk bumil demi menunjang pemenuhan nutrisi ibu dan janin.

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan nutrisi makro maupun mikro. Nutrisi makro meliputi karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan, nutrisi mikro adalah vitamin dan mineral.

Ibu hamil sebenarnya dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan bergizi lengkap dengan unsur-unsur tersebut.

Jika bumil mengalami mual muntah atau gangguan kesehatan lainnya, maka tentunya akan sulit mendapatkan vitamin dan mineral yang diperlukan janin. Pada saat inilah, susu hamil bisa berperan!

Untuk mencukupi kebutuhan kalsium selama kehamilan, ibu hamil dianjurkan minum dua gelas susu sehari atau mengonsumsi makanan kaya kalsium. Contohnya, yoghurt, keju, sayuran hijau (bayam, kale), kacang almond, dan lain-lain.

Dengan meminum susu hamil secara rutin, nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu dan calon buah hati pun dapat terpenuhi dengan mudah.

Artikel Lainnya: 4 Alasan Mengapa Susu Hamil Penting bagi Ibu Hamil

Penting bagi ibu hamil untuk memilih produk susu hamil yang tepat dan bergizi lengkap. PRENAGEN mommy bisa jadi pilihan tepat dengan keunggulan formula Prenapro yang bernutrisi lengkap, yaitu nutrisi makro dan mikro.

Penyerapan nutrisi mikro membutuhkan nutrisi makro yang tepat dan seimbang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memenuhi keduanya agar kesehatan kehamilan semakin baik.

Susu PRENAGEN mommy dapat menyediakan asupan protein untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Lalu, pembentukan tulang bayi dan kepadatan tulang ibu dapat didukung dengan kandungan kalsiumnya yang tinggi.

Kandungan asam folat dan zat besi yang tinggi di dalam susu hamil ini mampu membantu mencegah cacat tabung saraf janin dan pendarahan saat melahirkan.

PRENAGEN mommy juga diperkaya dengan DHA dan omega-3 yang penting untuk menunjang perkembangan otak janin.

Ibu hamil disarankan mengonsumsi susu hamil sejak awal kehamilan. Akan tetapi, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan.

Artikel Lainnya: Ini Bedanya Kandungan Gizi Susu Hamil dan Suplemen Kehamilan

2 dari 3 halaman

Bolehkah Keduanya Dikonsumsi Berbarengan?

Lalu, apakah setelah mengonsumsi susu hamil secara teratur, ibu hamil masih butuh suplemen kehamilan?

Kandungan nutrisi pada susu hamil dan suplemen kehamilan sangat bervariasi. Keduanya biasanya dapat saling melengkapi satu sama lain.

Ibu hamil disarankan untuk tetap mengombinasikan keduanya agar kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi. Untuk aturan konsumsinya, konsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan.

Susu hamil dan suplemen kehamilan memang penting, namun hanya sebagai pelengkap dan bukan pengganti makanan. Usahakan tetap penuhi nutrisi dengan makanan sehat bergizi seimbang.

Selain itu, jangan mengonsumsi susu hamil atau suplemen melebihi dosis anjuran. Dikhawatirkan malah akan berdampak buruk pada kehamilan.

Bila ingin konsultasi seputar kehamilan dengan dokter, pakai LiveChat dari Klikdokter! Anda juga bisa memantau perkembangan janin dengan Kalender Kehamilan.

(FR/AYU)

3 Komentar