Sukses

Lagu Anak Indonesia Terbaik untuk si Kecil

Ingin kecerdasan intelektual dan emosional si Kecil lebih baik? Perdengarkan ia dengan lagu anak yang sesuai usianya.

Klikdokter.com, Jakarta Lagu merupakan salah satu media yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan intelektual dan emosional si Kecil. Lagu seperti apa yang dapat bermanfaat demikian?

Sebelum mengetahui lagu yang tepat untuk si Kecil, Bunda perlu tahu apa yang dimaksud dengan kecerdasan intelektual dan emosional.

  • Kecerdasan intelektual

Kecerdasan intelektual adalah kemampuan yang berhubungan dengan pola pikir si Kecil. Termasuk di dalamnya adalah kemampuan untuk menganalisis dan ‘memainkan’ logikanya.

  • Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional terdiri dari kemampuan intrapersonal dan interpersonal. Intrapersonal adalah kemampuan untuk memahami diri, mengendalikan emosi dan suasana hati, termasuk bertanggung jawab atas diri sendiri. Sedangkan interpersonal merupakan kemampuan untuk berinteraksi, berperilaku sosial dengan orang lain maupun lingkungan di sekitarnya.

Lagu Anak yang Baik untuk si Kecil

Lagu atau musik yang dapat digunakan untuk merangsang kecerdasan si Kecil adalah yang mempunyai keseimbangan unsur melodi, ritme, dan warna suara. Sedangkan alat musik yang direkomendasikan dalam hal itu adalah organ dan piano.

Berikut beberapa lagu anak Indonesia yang mencakup unsur-unsur tersebut:

1. Pelangi

Lirik lagu ini memberikan pengetahuan pada si Kecil tentang keindahan pelangi dan alam sekitar. Ini membuat si Kecil dapat membayangkan tentang keindahan alam semesta, serta segala sesuatu yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

2. Kebunku

Lagu ini mengajarkan si Kecil untuk mengenal nama-nama tumbuhan, dan warna. Selain itu, lagu ini juga dapat menumbuhkan keinginan si Kecil untuk merawat tumbuhan, sehingga saat besar nanti dirinya akan terus berkeinginan untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

3. Bintang kecil

Lagu ini mengajarkan si Kecil tentang keindahan di malam hari, dengan gambaran kelap-kelip bintang di langit. Hal ini dapat membuat si Kecil ingin belajar mengenai sistem tata surya.

4. Kasih ibu

Lagi ini sangat baik dinyanyikan dan diperdengarkan pada si Kecil, karena mengajarkan akan kasih ibu yang tidak terbatas. Hal ini tentunya dapat mempererat hubungan antara Bunda dan si Kecil.

5. Bangun tidur

Di balik liriknya yang sederhana, lagu ini sebenarnya mengajarkan tata cara hidup disiplin. Karena liriknya memberikan instruksi untuk selalu memerhatikan kerapian kamar, guna meringankan pekerjaan yang Bunda lakukan sehari-hari.

Cara Menstimulasi

Agar si Kecil memiliki keinginan untuk mendengarkan lagu anak Indonesia, Bunda dapat menstimulasinya dengan cara berikut:

• Bernyanyi untuk si Kecil sambil mengerjakan kegiatan sehari-hari

• Bernyanyi bersama sambil menari.

• Bermain tebak suara.

• Membuat alat music dari benda-benda sekitar.

• Menirukan berbagai macam bunyi.

Jangan biarkan si Kecil mendengarkan lagu yang tidak sesuai dengan usianya. Lagu yang bukan ditujukan untuk si Kecil cenderung tidak efektif untuk menunjang perkembangan emosional serta intelektualnya. Jadi, siap menyanyikan lagu anak bersama si Kecil, Bunda?

(NB/ RH) 

0 Komentar

Belum ada komentar