Sukses

Kiat Agar Resolusi Kesehatan di Tahun Ini Tak Gagal

Ingin sukses menjalankan resolusi kesehatan yang sudah Anda buat di awal tahun? Ini kiat yang perlu dilakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Memasuki bulan kedua, bagaimana dengan resolusi kesehatan yang sudah Anda susun sebelumnya? Apakah Anda sudah berada di jalur yang tepat, atau justru belum memulainya sama sekali?

Hati-hati, jangan sampai resolusi kesehatan tahun ini tertunda lagi. Lakukan kiat ini, agar Anda tetap konsisten menjalani resolusi kesehatan yang sudah disusun sebelumnya:

1.    Pampang resolusi Anda

Tuliskan resolusi kesehatan Anda dengan tulisan tangan yang jelas. Taruh tulisan tersebut di depan cermin kamar mandi, di depan pintu kamar, atau mungkin di langit-langit atas tempat tidur. Dengan begini, Anda akan melihat dan teringat resolusi tersebut, dan terus termotivasi untuk melakukannya.

2.    Deskripsikan

Buatlah rincian mengenai resolusi kesehatan Anda. Daripada sekadar menuliskan “Ingin hidup sehat”, lebih baik Anda menulis “Olahraga satu jam sebanyak tiga kali dalam seminggu,”atau “Makan sayur setengah piring setiap kali makan berat”. Ini membuat resolusi kesehatan sudah Anda buat lebih mudah untuk dilakukan.

3.    Bersikap realistis

Hindari ekspektasi[EW1]  terlalu tinggi. Anda harus benar-benar melihat situasi dan kondisi, lalu memulai dengan target yang relatif terjangkau terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa meningkatkan target setiap tiga bulan sekali.

4.    Lakukan secara konsisten

Melakukan suatu tindakan hingga menjadi kebiasaan merupakan cara yang baik untuk mencegah kegagalan dalam melakukan resolusi kesehatan yang sudah disusun sebelumnya.

Contohnya, Anda ingin mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh. Maka untuk hal ini, tindakan yang wajib Anda lakukan adalah teratur periksa kolesterol, awasi asupan dan pola makan, nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol, giat berolahraga, kendalikan berat badan dan hindari stres, awasi tekanan darah, dan lengkapi dengan konsumsi plant stanol ester setiap hari.

5.    Target yang jelas

Tetapkan target dengan jelas dan lakukanlah evaluasi usaha Anda dalam periode tertentu. Misalnya, di akhir tahun Anda ingin mampu lari keliling lapangan bola 5 kali tanpa istirahat, atau Anda ingin mencapai berat badan ideal sesuai indeks massa tubuh dalam 6 bulan.

Target yang jelas membuat Anda termotivasi dan dapat meningkatkan upaya bila dirasa belum mencukupi.

Itulah lima tindakan yang bisa membantu Anda mewujudkan resolusi kesehatan di tahun ini. Tetaplah ingat bahwa apa yang Anda lakukan akan berdampak langsung pada diri sendiri. Salam sehat!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar