Tips Parenting

5 Permainan Sederhana untuk Tingkatkan Kecerdasan si Kecil

dr. Reza Fahlevi, 22 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin kecerdasan si Kecil lebih terasah? Isi liburannya dengan permainan-permainan sederhana ini.

5 Permainan Sederhana untuk Tingkatkan Kecerdasan si Kecil

Apakah tahun ini Bunda berhalangan untuk mengajak si Kecil liburan ke luar kota? Jika ya, tak perlu panik. Bunda masih dapat mengisi liburan si Kecil dengan kegiatan menyenangkan, sekaligus mengasah kecerdasan.

Beberapa permainan sederhana berikut dapat Bunda coba untuk meningkatkan kecerdasan anak selama liburan:

  1. Bermain catur

Catur dapat melatih kecerdasan si Kecil. Permainan ini dapat memicu si Kecil untuk berpikir kritis, sehingga daya analisis dan kemampuan dalam mengambil keputusan terasah dengan baik. Kedua kemampuan ini sangat penting, tentunya sebagai bekal si Kecil di masa depan.

  1. Bermain monopoli

Meski cukup kompleks, monopoli merupakan salah satu permainan yang sangat menyenangkan. Permainan ini menuntut strategi dan kemampuan berhitung, sehingga sangat baik untuk mengasah kecerdasan otak si Kecil.

  1. Scrabble

Permainan lain yang tak kalah seru adalah scrabble. Meski tampak sederhana, permainan ini juga dapat meningkatkan kecerdasan si Kecil. Scrabble dapat memperkaya kosakata serta membantu si Kecil belajar bahasa asing.  

  1. Permainan sudoku

Ingin melatih keterampilan berhitung si Kecil? Sudoku merupakan salah satu permainan yang tepat untuk Bunda coba bersama si Kecil. Pilihlah sudoku tahap pemula bagi si Kecil yang baru pertama kali mencobanya. Secara bertahap, naikkan tingkatan kesulitannya.

  1. Menyusun puzzle tiga dimensi

Menyusun puzzle juga merupakan permainan yang menyenangkan, sekaligus dapat meningkatkan kecerdasan si Kecil. Permainan ini, terutama versi tiga dimensi, dapat meningkatkan kemampuan abstraksi ruang anak.

Kombinasikan permainan-permainan sederhana di atas untuk mengisi liburan, sekaligus melatih semua area kecerdasan si Kecil. Selamat mencoba!

(NB/ RH)

Si kecilKecerdasan AnakPermainan Sederhana

Konsultasi Dokter Terkait