Sukses

Bolehkah si Kecil Makan Es Krim?

Jangan berikan es krim pada si Kecil sampai Bunda membaca tulisan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Es krim merupakan salah satu makanan favorit si Kecil. Namun tak sedikit Bunda yang melarang si Kecil untuk mengonsumsinya. Alasan yang sering dikemukakan adalah karena es krim kurang baik bagi kesehatan. Seperti apa fakta yang sebenarnya?

Pencuci mulut ini merupakan makanan dibuat dari bahan dasar susu sapi, lemak, dan gula. Bahan dasar tersebut sebenarnya belum sepenuhnya aman bagi si Kecil yang berusia di bawah satu tahun. Untuk itu, jika Bunda ingin memberikan es krim pada si Kecil, sebaiknya tunggu hingga usianya menginjak 1 tahun atau lebih.

Pada si Kecil yang berusia 1 tahun ke atas, enzim dan daya tahan saluran cernanya sudah lebih kuat. Ini membuatnya mampu mencerna susu sapi dan berbagai bahan dasar yang ada pada es krim dengan lebih baik.

Hal yang Harus Diperhatikan

Selain usia, Bunda juga wajib memperhatikan frekuensi pemberian es krim pada si Kecil. Es krim sebaiknya tidak diberikan pada si Kecil lebih dari 1 atau 2 kali dalam seminggu. Mengapa demikian? Alasannya karena mengandung kalori tinggi, yang mampu membuat si Kecil mengalami obesitas di kemudian hari.

Jika si Kecil sudah terlanjur obesitas, sebaiknya Bunda menghindari pemberian es krim psama sekali. Sedangkan jika si Kecil tergolong memiliki berat badan kurang dan sulit makan, es krim dapat diberikan lebih sering.

Bunda juga perlu tahu, es krim sebaiknya tidak diberikan pada si Kecil sebelum jam makan tiba. Hal ini untuk mencegah si Kecil kekenyangan sebelum waktunya, sehingga ia enggan makan. Jika ini terjadi, kebutuhan gizi lain seperti protein, vitamin, dan mineral tidak akan terpenuhi.

Menyiasati Kegemaran si Kecil pada Es Krim

Jika si Kecil sangat gemar makan es krim, Bunda dapat menyiasatinya dengan membuat es krim atau smoothies yang terbuat dari buah-buahan. Pastikan racikan yang Bunda buat rendah kandungan gula dan dapat memenuhi kebutuhan serat, vitamin serta mineral si Kecil.

Jadi, si Kecil boleh saja diberikan es krim. Tapi jangan lupa, Bunda harus benar-benar memperhatikan hal-hal yang sudah disampaikan di atas. Selamat menikmati es krim bersama si Kecil!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar