Sukses

Manfaat Hebat Buah Apel untuk si Kecil

Buah apel memiliki banyak manfaat tersembunyi untuk si Kecil. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu makanan yang disarankan sebagai MPASI pertama adalah buah apel. Selain lezat, apel juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk si Kecil.

Sampai-sampai ada peribahasa dalam bahasa Inggris yang menyatakan bahwa “One apple a day keep the doctor away.” Artinya, kesehatan tubuh akan selalu terjaga dengan mengonsumsi apel secara rutin.

Kandungan dan Manfaat Apel

Apel mengandung serat larut (pektin) yang dapat menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Konsumsi apel secara rutin dapat memperlancar buang air besar dan mencegah terjadinya konstipasi. Serat dalam apel juga memberi makan bakteri “baik” dalam usus, yang kemudian dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya sampai di situ. Pektin dapat menurunkan risiko berbagai penyakit pada kemudian hari. Mulai dari kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Di samping kaya akan serat, apel juga merupakan MPASI yang bergizi karena mengandung vitamin C. Satu buah apel sedang dapat memenuhi 14% kebutuhan vitamin C harian si Kecil.

Selain bermanfaat untuk pertumbuhan, vitamin C memiliki kepentingan untuk pembentukan kolagen. Kolagen sangat penting sebagai ‘bahan pembangun’ berbagai struktur dalam tubuh si Kecil, seperti kulit, tulang, gigi, tulang rawan, ligamen, tendon, dan pembuluh darah.

Dengan kadar vitamin C yang cukup dalam tubuh, luka yang dialami si Kecil akan lebih mudah menutup dan sembuh.

Apel juga mengandung polifenol dan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit. Menurut penelitian, antioksidan dalam apel dapat membantu menurunkan risiko asma, penyakit jantung, dan kanker.

1 dari 3 halaman

Organik Lebih Baik

Jika Bunda ingin memberikan apel sebagai MPASI, akan lebih baik jika memilih apel organik. Dengan demikian, apel yang dikonsumsi si Kecil akan bebas dari pestisida dan pupuk buatan.

Namun, jika apel organik sulit didapat atau terlalu mahal, Bunda tetap dapat memberikan apel biasa kepada si Kecil.

Pastikan Bunda mencuci buah apel dengan saksama dan mengupas kulitnya. Setelah dikupas, potong dadu, lalu kukus hingga lunak. Buat menjadi pure menggunakan blender. Apel pun siap disajikan untuk si Kecil.

2 dari 3 halaman

Pure Buah untuk MPASI

Pure buah adalah salah satu menu MPASI yang nikmat dan bergizi. Bunda tentu sudah tahu, buah adalah salah satu sumber karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral yang memiliki banyak keajaiban untuk kesehatan.

Studi yang dipublikasikan melalui International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity tahun 2015 membuktikan, si Kecil yang rutin makan buah memiliki prestasi yang lebih baik di sekolah dibandingkan si Kecil yang tidak memiliki kebiasaan makan buah.

Itu tidaklah mengherankan. Mengonsumsi pure buah memang dapat membantu meningkatkan fungsi otak si Kecil, memperlancar buang air besar, dan menaikkan daya tahan tubuh (karena sebagian buah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi).

Bayangkan saja kalau buah-buahan kaya gizi seperti apel dan persik disatukan? Manfaatnya tentu akan sangat besar!

Dalam pemberian pure buah, perkenalkan setiap jenis buah kepada si Kecil selama 2–3 hari berturut-turut agar ia dapat mengenal setiap jenis buah. Apel, pisang, pir, stroberi, dan persik adalah sederet buah-buahan yang cocok untuk disajikan dalam MPASI.

Tidak semua buah boleh dikonsumsi untuk si Kecil usia 6–7 bulan. Buah yang seratnya banyak seperti sirsak harus dihindari. Begitu pula buah yang terlalu asam atau mengandung alkohol seperti durian dan nangka.

Yuk, sajikan buah-buahan kaya manfaat, termasuk buah apel, untuk si Kecil. Selamat ber-pure ria!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar