Sukses

Manfaat Hebat Buah Apel untuk si Kecil

Buah apel memiliki banyak manfaat tersembunyi untuk si Kecil, mulai dari untuk meredakan batuk hingga melancarkan pencernaan. Simak selengkapnya di sini.

Salah satu makanan yang disarankan sebagai MPASI (makanan pendamping ASI) pertama adalah buah apel. Hal ini karena selain lezat, apel memiliki banyak manfaat kesehatan untuk bayi. 

Sampai-sampai ada peribahasa dalam bahasa Inggris yang menyatakan bahwa “An apple a day keeps the doctor away.” Artinya, kesehatan tubuh akan selalu terjaga dengan mengonsumsi apel secara rutin.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan apel untuk bayi Anda: 

1 dari 5 halaman

1. Melancarkan Pencernaan

Jika si Kecil sering mengalami konstipasi atau sulit buang air besar, Anda dapat menjadikan apel sebagai menu MPASI bayi. Ini berkat kandungan serat pada buah apel, yang sangat baik untuk meringankan kerja usus dan melancarkan pencernaan. 

Pilihlah buah apel yang memiliki rasa manis dan daging buah yang segar. Agar bayi mudah menikmati apel dan mendapatkan manfaat buah tersebut, kupas apel, kukus, dan haluskan sebelum diberikan.  

Artikel lainnya: Apel Merah dan Apel Hijau, Mana yang Lebih Baik?

2 dari 5 halaman

2. Mengobati Disentri

Salah satu manfaat apel untuk MPASI bayi berhubungan dengan disentri. Disentri merupakan penyakit yang lebih sering ditemukan pada bayi dibanding orang dewasa. 

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi usus besar yang membuat tinja menjadi sangat encer dan berlendir. Alih-alih langsung memberikan obat untuk mengatasi disentri, lebih baik manfaatkanlah buah apel sebagai pengobatan pertama. 

Sama seperti sebelumnya, pilih apel yang manis dan matang, lalu kukus dan haluskan hingga lunak. 

Penggunaan apel sebagai MPASI untuk mengobati disentri ini telah dianjurkan oleh American Medical Association (AMA). Namun, tetap pastikan bayi Anda mendapatkan perawatan medis jika terkena disentri.

3 dari 5 halaman

3. Meredakan Batuk

Buah apel juga baik untuk meredakan batuk bayi. Batuk yang dialami bayi dapat membuat mereka kesulitan beristirahat di malam hari. 

Nah, untuk membantu menangani batuk tersebut, rebuslah apel yang manis dan ambil sarinya untuk diberikan kepada bayi. Anda juga dapat membuat jus apel yang disaring untuk mendapatkan airnya. Sajikan dingin lebih baik.

Artikel lainnya: Manfaat Konsumsi Apel, Bisa Usir Penyakit Ini

4 dari 5 halaman

4. Menyehatkan Tubuh

Apel adalah buah yang mengandung beragam jenis vitamin dan mineral. Sebut saja vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, magnesium, dan fosfor. Karena itulah, manfaat apel untuk MPASI bayi tidak main-main.

Anda dapat mengolah apel dengan cara dipanggang hingga lunak, dibuat jus, diolah menjadi es atau kue, atau dijadikan puree agar bayi dapat memperoleh manfaatnya sekaligus menikmati rasanya. 

Untuk hasil lebih optimal, gunakanlah apel organik yang jauh lebih sehat karena bebas pestisida dan pupuk buatan. Namun, jika apel organik sulit didapat atau terlalu mahal, Anda tetap dapat memberikan apel biasa kepada anak.

Artikel lainnya: Manfaat Buah Apel untuk Mencegah Kanker

Pastikan untuk mencuci buah apel dengan saksama dan mengupas kulitnya. Setelah dikupas, potong dadu, lalu kukus hingga lunak. Buat menjadi puree menggunakan blender. Apel pun siap disajikan untuk bayi. 

Studi dalam International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity tahun 2015 membuktikan bahwa anak yang rutin mengonsumsi buah memiliki prestasi yang lebih baik di sekolah, dibanding anak yang tidak memiliki kebiasaan mengonsumsi buah.

Karena itu, perkenalkanlah setiap jenis buah kepada anak selama 2-3 hari berturut-turut agar ia dapat mengenal setiap jenis buah. Selain apel, pisang, pir, stroberi, dan persik adalah sederet buah-buahan yang cocok untuk dijadikan MPASI. 

Tidak semua buah boleh dikonsumsi bayi usia 6-7 bulan. Buah yang terlalu asam atau mengandung alkohol seperti durian dan nangka sebaiknya dihindari.

Demikian manfaat buah apel untuk MPASI bayi. Selain dapat melancarkan pencernaan, buah ini juga bisa meredakan batuk dan masalah kesehatan lainnya. 

Dapatkan informasi lainnya mengenai kesehatan anak di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter via fitur Live Chat

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar