Sukses

Ini Cara agar si Kecil Mau Berbagi dengan Orang Lain

Dorong si Kecil untuk mau berbagi dengan orang lain. Berikut kiat-kiatnya.

Klikdokter.com, Jakarta  Ucapan “Ini punyaku” sering kali keluar dari mulut si Kecil, terutama di usia balita. Pada usia tersebut, si Kecil memang masih memiliki fase egosentris yang tinggi. Ia merasa bahwa semua hal yang merupakan miliknya tidak boleh diberikan atau dipinjamkan kepada orang lain.

Meskipun hal ini normal sebagai proses perkembangan, Bunda tetap perlu mengajarkan pentingnya berbagi pada si Kecil sejak usia dini. Berikut beberapa kiatnya:

  • Berikan contoh

Si Kecil akan meniru hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang di sekelilingnya, terutama Ayah dan Bunda. Oleh karena itu, berikanlah contoh kepada si Kecil dengan cara berbagi kepada orang lain.

Misalnya, Bunda memberikan kertas kerja yang sedang dipakai untuk si Kecil menggambar, atau mengajak si Kecil menyiapkan baju bekas yang masih layak untuk diberikan ke panti asuhan atau tempat sosial lainnya.

  • Bermain dengan menggunakan timer

Awalnya Bunda dapat memberikan pengertian kepada si Kecil bahwa meminjamkan barang, misalnya mainan, bukan berarti ia akan kehilangan mainan tersebut. Agar lebih dipahami si Kecil, Bunda dapat menggunakan konsep bermain secara bergiliran.

Caranya, gunakan timer dan pasang dalam waktu beberapa menit. Saat timer berbunyi, si Kecil harus memberikan mainan kepada Bunda dengan jumlah waktu yang sama. Ia akan mendapatkannya lagi ketika timer kembali berbunyi dan begitu seterusnya.

  • Hindari memaksa si Kecil

Si Kecil sedang bermain dengan temannya, dan Bunda melihat bahwa ia belum mau berbagi mainan atau makanannya. Jika itu terjadi, jangan memaksa apalagi menghukumnya. Tetapi coba tanyakan kepada si Kecil mengapa ia belum mau berbagi.

Apabila si Kecil belum merasa aman untuk berbagi kepda temannya, berikan ia waktu. Pemaksaan akan membuatnya semakin sulit berbagi pada kemudian hari.

  • Sampaikan lewat dongeng

Selain dengan cara-cara tersebut, Bunda juga dapat memberikan pengertian kepada si Kecil melalui cerita dongeng. Misalnya, dongeng “Sesama Saudara Harus Berbagi” yang menceritakan tentang kerukunan antar saudara yang selalu berbagi.

Kemudian pada akhir dongeng, selipkan pesan bahwa bahwa orang yang suka berbagi akan banyak temannya dan semua orang akan senang bermain dengannya.

  • Tak ada salahnya memuji

Jika si Kecil sudah mau berbagi sesuatu kepada temannya, tak ada salahnya untuk memuji. Katakan kepada dirinya, “Lihat, dia senang sekali waktu kamu pinjamkan mainan.” Hal ini akan memberikannya gambaran secara halus bahwa memberikan sesuatu dapat membuat orang lain senang.

Terapkan sejak dini kepada si Kecil mengenai pentingnya berbagi. Namun, jangan berharap si Kecil dapat langsung mengerti dan melakukan apa yang Bunda inginkan. Berikanlah ia waktu dan contoh terus-menerus. Selain itu, penting juga untuk mengajarkan barang apa yang tak boleh dibagi kepada orang lain; misalnya, handuk, sikat gigi, dan sebagainya. Semoga membantu!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar