Sukses

Kiat Memilih Tas Sekolah yang Baik untuk si Kecil

Untuk menghindari gangguan pada tulang dan pertumbuhan tinggi badan si Kecil, Bunda perlu memilih tas sekolah anak dengan tepat.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak sedikit anak yang memakai tas sekolah dengan beban buku terlalu berat. Padahal beban normal yang mampu diangkat oleh si Kecil adalah 15 persen dari berat tubuhnya.

Pemakaian tas dengan beban yang berat tentu akan memengaruhi kesehatan tulang si Kecil. Bahkan, pertumbuhan tulang akan terhenti pada saat anak berusia 18 tahun.

Menurut William Hennrikus MD, dari American Academy of Pediatrics bagian ortopedi, beban tas anak yang terlalu berat bukan hanya menimbulkan kelainan kifosis dan skoliosis pada tulangnya, tetapi juga memengaruhi pertumbuhan tinggi badannya.

Kifosis adalah kelainan pada tulang punggung yang terlalu membengkok ke belakang. Sedangkan skoliosis adalah kelainan pada ruas-ruas tulang belakang yang membengkok ke samping.

Ciri-ciri si Kecil yang memikul beban berat saat memakai tas sekolah yaitu terlihat kesulitan saat meletakkan atau melepaskan tas dan mengeluh  rasa nyeri ketika memakai tas. Di samping itu, ada perubahan pada postur tubuh si Kecil ketika memakai tas punggung, serta terdapat tanda kemerahan di bagian punggungnya.

Sebelum tanda-tanda tersebut muncul, Bunda perlu mengganti tas si Kecil dengan ransel. Jenis tas ini dapat membuat beban di pundak kiri dan kanan menjadi seimbang. Berikut ini berat tas punggung yang disarankan sesuai dengan berat badan anak.

Berat Badan (kg)

Maksimum Berat Tas Punggung (kg)

30

2,5

37,5

5

50

7,5

 

9

75

10

100

 

Jika sudah memilih tas ransel untuk si Kecil, Bunda dapat mengajarkan cara memakai tas yang benar.

  1. Selalu menggunakan kedua tali bahu jika memakai ransel di punggung. Tali bahu tersebut harus turun sekitar 2,5–5 cm dari bagian atas bahu.
  2. Tempatkan benda terberat di bagian ransel yang berada paling dekat dengan punggung si Kecil.
  3. Isi seluruh bagian, supaya beban merata di seluruh ransel dan barang-barang tidak bergeser selama ada gerakan.
  4. Sesuaikan panjang tali ransel untuk tubuh si Kecil, hindari bagian tas yang menggantung di bawah pinggang.
  5. Gunakan tali pinggang untuk mengurangi beban pada bahu si Kecil.
  6. Angkat ransel bukan dengan cara membungkuk.

Jika sudah menfasilitasi dan memberi pengarahan pada si Kecil mengenai cara memakai tas sekolah yang benar, Bunda perlu mengawasi dan mencegahnya membawa barang yang tidak diperlukan ke sekolah. Pencegahan sejak dini akan membantu si Kecil terhindar dari gangguan tulang dan pertumbuhan tinggi badan.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar