Tips Parenting

10 Cara Menstimulasi Kecerdasan Visual Spasial si Kecil

dr. Dyah Novita Anggraini, 24 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Stimulasi kecerdasan visual spasial si Kecil dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

10 Cara Menstimulasi Kecerdasan Visual Spasial si Kecil

Bunda pernah mendengar tentang kecerdasan visual spasial? Ya, kecerdasan visual spasial adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan memahami apa yang ada di depan mata dan mewujudkannya ke dalam hasil karya nyata atau di kertas.

Orang tua perlu mengasah kecerdasan visual spasial pada si Kecil, agar tumbuh kembangnya berjalan optimal. Secara lebih spesifik, kecerdasan visual spasial pada si Kecil berkaitan dengan kemampuannya menangkap dan memahami sesuatu melalui panca indera, mengenal warna dan ruang, dan mentransformasikan bentuk yang ditangkap mata ke dalam wujud lain.

Anak yang memiliki kemampuan visual spasial juga akan peka terhadap bentuk dan peristiwa. Dia pun mampu merekam bentuk-bentuk tersebut ke dalam memori, lalu menggambarnya atau menyatakannya ke dalam wujud kata-kata.

Berikut ini beberapa cara untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial si Kecil:

  • Mengenalkan permainan yang bersifat konstruksi kepada si Kecil

Jenis permainan konstruksi dapat melatih kreativitas si Kecil dalam membangun suatu bangunan, atau membentuk benda tertentu. Bunda dapat mengajak si Kecil menyusun puzzle, menyusun balok, atau lego.

  • Mengenalkan kegiatan coret-coret

Aktivitas ini dapat melatih koordinasi mata dan tangan si Kecil. Selain itu, kegiatan ini dapat melatih si Kecil untuk mengekspresikan diri.

  • Mengenalkan kegiatan menggambar dan melukis

Kegiatan ini dapat melatih imajinasi dan kreativitas si Kecil. Bunda dapat mengajak si Kecil melakukannya di mana saja. Jangan lupa untuk menyiapkan alat-alat seperti pensil warna, krayon dan kertas terlebih dahulu.

  • Mengajak si Kecil berkunjung ke tempat-tempat wisata

Rekreasi ke tempat wisata dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial si Kecil. Tempat wisata yang dapat Bunda kunjungi seperti kebun binatang, museum, atau tempat wisata yang memberikan manfaat edukasi untuk si Kecil.

  • Mengajak si Kecil membuat kerajinan tangan

Kegiatan ini dapat melatih kreativitas dan imajinasi si Kecil. Rasa percaya diri si Kecil juga akan meningkat melalui kegiatan ini. Bunda dapat menggunakan media lilin atau playdough. Setelah itu, rangsang si Kecil untuk membentuk benda-benda menggunakan playdough.

Selanjutnya

  • Mengajak si Kecil mengenali ruangan yang ada di sekelilingnya

Bunda dapat mengajak si Kecil mengenali kondisi sebuah ruang, mulai dari warna dinding sampai benda-benda yang ada di dalam ruangan. Setelah itu, Bunda dapat meminta pendapat si Kecil untuk mengatur ruangan menurut imajinasinya. Tak hanya dapat meningkatkan imajinasi, hal ini juga merangsang rasa percaya diri si Kecil.  

  • Mengenalkan permainan maze

Permainan maze adalah permainan dengan hambatan jalan sempit, berliku, ataupun jalan buntu. Permainan ini dapat melatih kesadaran spasial si Kecil dengan mengetahui ruang dan jalur yang dilewati. Permainan ini juga dapat merangsang imajinasi si Kecil, serta melatih koordinasi mata dan tangan.

  • Membacakan dongeng secara rutin

Saat membacakan dongeng, Bunda dapat menggunakan intonasi suara sesuai tokoh di dalam cerita. Setelah itu, Bunda dapat meminta pendapat si Kecil mengenai cerita tersebut. Kemudian, Bunda dapat mengajukan pertanyaan tentang apa yang si Kecil bayangkan dari cerita tersebut.

  • Mengenalkan arah pada si Kecil

Memasuki usia dua tahun, si Kecil sudah dapat diajarkan mengenai arah, seperti perbedaan kiri dan kanan. Bunda dapat melakukannya saat berjalan-jalan, atau ketika bermain dengan si Kecil.

  • Mengenalkan si Kecil mengenai informasi visual

Pengenalan ini dapat menambah wawasan si Kecil akan pengetahuan visual yang dituangkan dalam bentuk diagram atau grafik.

Menurut teori perkembangan anak, setiap anak diyakini lahir dengan lebih dari satu bakat. Orang tua perlu membantu anak merangsang bakat tersebut dengan memberikan pendidikan yang baik, sesuai dengan perkembangannya.

Jika diterapkan secara rutin, rangkaian stimulasi kecerdasan visual spasial di atas dapat meningatkan kemampuan daya ingat si Kecil, sehingga proses belajar anak akan menjadi lebih mudah. Selain itu, si Kecil dapat dengan mudah menyelesaikan masalah di hadapannya kelak.

[BA/ RH]

AnakKecerdasan AnakKecerdasan Visual Spasial

Konsultasi Dokter Terkait