Sukses

Minum Kopi Ternyata Bisa Usir Migrain

Siapa sangka, minum kopi ternyata dapat mengurangi gejala migrain.

Klikdokter.com, Jakarta Kopi memang favorit banyak orang, biasanya menemani saat sarapan atau waktu senggang. Tak hanya itu, sebagian orang percaya minum kopi dapat meredakan sakit kepala seperti migrain. Bagaimana faktanya?

Kopi mengandung zat aktif kafein yang bersifat stimulan bagi tubuh. Kafein ini dapat meningkatkan stamina dan daya kerja tubuh. Itulah sebabnya mereka yang meminum kopi akan merasa lebih bersemangat, fokus, dan tidak mengantuk lagi.

Namun, rupanya ada efek lain dari kafein dalam tubuh. Kafein juga bersifat vasokonstriktor atau dapat menyempitkan pembuluh darah. Saat migrain, pembuluh darah di otak akan cenderung melebar. Efek vasokonstriktor dari kafein tadi akan memperkecil pembuluh darah sehingga gejala sakit kepala pun berkurang.

Bukan hal mengherankan bila kopi dianggap dapat membantu menenangkan migrain. Bila dikonsumsi bersama parasetamol, efek tersebut akan semakin meningkat.

Meski demikian, Anda tak lantas dapat minum kopi setiap kali sakit kepala. Pasalnya, bila dikonsumsi harian, dosis kafein yang dibutuhkan untuk mengurangi gejala akan semakin besar hingga akhirnya menimbulkan efek ‘ketergantungan’.

Ketika Anda tak lagi mengonsumsi kafein, maka akan muncul gejala ketergantungan, seperti lemas, mual, sakit kepala, bahkan dada berdebar. Selain itu, konsumsi kopi terus-menerus pun tak baik bagi kesehatan pencernaan, terutama bagi Anda yang memiliki mag.

Karena itu, para praktisi medis menyarankan dosis kafein yang aman per hari adalah 200–300 mg. Jumlah ini setara dengan 2–3 cangkir kopi per hari.

Bila serangan migrain datang, jangan andalkan kopi untuk peredanya. Istirahat cukup, konsumsi air putih, makan makanan bergizi, dan melakukan aktivitas fisik akan membantu mengurangi keluhan sakit kepala Anda.

Seperti dua sisi mata uang, ada manfaat sekaligus efek samping dari minum kopi sebagai pereda migrain. Oleh sebab itu, melakukan pola hidup sehat tetap yang utama dan bila Anda penggemar kopi, Anda dapat minum kopi sesuai dosis yang dianjurkan.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar